Rokuaka

Instruktur sebuah akademi sihir di kerajaan Alzano tiba-tiba dikabarkan mengundurkan diri. Karena mendadak, pihak sekolah tidak siap. Namun professor Celica Arfonia menganjurkan untuk menjadikan Glenn sebagai instruktur sementara sampai mendapat pengganti yang tepat.

Celica sendiri adalah salah satu penyihir berpengaruh sehingga kepala sekolah menyetujui saja. Hari pertama bertugas, Glenn sudah terlambat datang. Salah satu penyebabnya dia nyaris bertabrakan dengan Sisti dan Rumia, siswi di akademi tersebut. Namun setelah masuk kelas pun, Glenn tidak nampak seperti instruktur yang diharapkan. Padahal mendapat rekomendasi dari Celica, penyihir terkuat di kerajaan Alzano.

Sejak hari pertama Glenn hanya menyuruh para siswanya belajar sendiri. Tingkahnya yang brengsek membuat Sisti naik pitam. Dia mengancam Glennn dikeluarkan sebagai instruktur dengan menggunakan wewenang ayahnya yang punya pengaruh di sekolah. Namun Glenn malah dengan senang hati dan berharap dipecat. Dari awal Glenn memang sudah terpaksa menjadi instruktur karena ancaman ibu angkatnya, Celica. Sisti yang tidak terima malah menantang berduel. Dia berharap dari duel ini, Glenn bisa lebih serius dengan pekerjaannya.

Meski begitu Sisti sempat ragu dengan kemampuannya. Apalagi instruktur pemalas ini adalah rekomendasi Celica. Dia tidak tahu kemampuan Glenn saat serius. Mampukah Sisti menaklukan Glenn? Lagi-lagi Glenn berharap dengan duel yang sengaja kalah dia akan dikeluarkan. Tapi dalam kisah ini tidak hanya menceritakan lika-liku Glenn sebagai instrukur.

Sebuah organisasi penyihir berupaya menculik Rumia. Saudara angkat Sisti ini diketahui memiliki kemampuan sihir yang tidak biasa. Dia bisa menggandakan sirkut mana seseorang untuk waktu yang singkat. Organisasi Divine Wisdom sangat ingin meneliti lebih lanjut. Glenn pun harus melindungi para anak didiknya.

Si Bajingan Glenn

Cukup menyegarkan bisa melihat karakter yang brengsek dan tidak malu melihat tubuh wanita tapi masih bisa diandalkan. Glenn seorang instruktur pemalas yang sangat ingin mengurung diri di kamar saja. Dia menjadi seperti ini karena cita-citanya sebagai pahlawan penyihir tidak kesampaian.

Layaknya Shirou (FSN), kemampuannya bukannya digunakan untuk menolong orang secara langsung. Tapi mengenyahkan ancaman kerajaan secara rahasia. Akibat kejadian pada salah satu misi, dia menderita trauma dan memilih mundur dari aktivitas kerajaan.

Bila dilihat dari kemampuannya sihirnya, Glenn termasuk standar dan tidak ada yang istimewa. Kapasitas mana yang dimiliki juga biasa. Namun sebuah magic item buatannya saat masih sekolah membuatnya sedikit spesial. The Fool’s World adalah magic item yang membuat orang-orang disekitar area aktif tidak bisa menggunakan sihir. Sedikit mirip dengan Touma (Index) yang memiliki anti-ability. Saat magic item ini aktif, Glenn juga tidak bisa menggunakan sihir.

Untungnya dia cukup mahir bela diri. Sebagian besar penyihir hanya murni menggunakan sihir. Saat sudah disegel, mereka menjadi tak berdaya dihadapan pukulan dan pedang. Penulis LN Rokuaka, Taro Hitsuji tidak membuat magic item ini kelewat kuat. Peraturan paling jelas, The Fool tidak bisa digunakan untuk membatalkan sihir yang sudah terlanjur aktif. Glennn juga bukanlah onii-sama (Mahouka) yang dengan entengnya membabat puluhan musuh tanpa berkeringat.

Dia sebetulnya sangat tidak cocok bertarung satu lawan satu secara langsung. Kekuatan utama Glenn adalah otaknya yang cemerlang. The Fool yang merupakan sihir original karyanya saat sekolah menjadi bukti. Glenn paling memahami struktur sihir sehingga dengan mudah memberikan pelajaran pada siswanya. Selain itu pengalaman sebagai penyihir kerajaan membuat dia tenang menyusun strategi di pertempuran sesungguhnya.

SistineRumiaGlenn RadarsCelicaAlbertRi-el

Fanservice Berjalan

Sudah menjadi rahasia umum setiap LN harus bersaing untuk mendapat perhatian dari calon pembaca agar bersedia membeli. Cara yang digunakan di seri Rokuaka adalah kombinasi jenius dan bodoh pada saat yang bersamaan. Yaitu desain pakaian siswi yang menampilkan area sekitar perut. Sebetulnya sejak dulu tiap franchise selalu ada ide nyeleneh. Lihat saja Strike Witches, para penyihirnya cuma terbang mengenakan kancut.

Siswa di Rokukaka masih menggunakan seragam yang normal bahkan serasa militer. Berbanding terbalik dengan para siswinya yang tidak keberatan menampilkan area sekitar pusar. Ini sudah menjadi perbincangan di sejumlah forum. Ilustrator seri ini, Kurone Mishima sepertinya juga hanya menerima tugas agar desainnya mendorong kemungkinan laku. Jadilah fanservice berjalan yang hadir setiap waktu. Dia juga yang mengerjakan KonoSuba. Seandainya KonoSuba diadaptasi dengan benar dengan desainer karakter anime yang lebih rapi, kurang lebih hasilnya akan seperti Rokuaka ini.

Dari segi cerita cukup standar dan tidak ada yang beda dengan kebanyakan seri aksi. Antagonis di sini adalah organisasi yang disebut Divine Wisdom. Mereka berusaha mendapatkan Akashic Records, yang merupakan sumber pengetahuan berbagai hal. Namun untuk mencapai tujuan itu, mereka membutuhkan kemampuan sihir yang hanya dimiliki Rumia.

Glenn awalnya tidak tahu apa-apa selain organisasi ini memang musuh kerajaan. Tapi karena tindakan mereka sudah mulai mengancam keselamatan siswinya, mau tidak mau dia harus ikut bergerak. Nantinya dia juga akan dibantu rekan-rekannya saat aktif di Imperial Mage. Animasinya yang diproduksi oleh Liden Films juga termasuk oke untuk tema fantasi.

Tidak ada sesuatu yang mencolok untuk bisa dibanggakan namun juga belum terlihat ada kekurangan yang mengganjal. Karena ada sedikit bumbu komedi, ekspresi karakter yang dilebaykan bisa membantu penonton untuk tersenyum melihat tingkah mereka.

Jadi apakah seri ini layak tonton? Jika kalian tidak terganggu dengan pusar yang selalu nampak setidaknya 15 menit per episode, tak ada salahnya untuk dicoba. Kisahnya bukan tipikal Infinite Stratos dimana semua karakter perempuan mengejar karakter laki-laki. Meski Sisti tampak dere-dere, tapi permasalahan utama di seri ini adalah bagaimana melindungi Rumia. Glenn juga bukan orang yang malu-malu kucing. Bagi yang berharap ada romance, mungkin tidak akan terjadi pada adaptasi kali ini.

Tentu saja anime ini adalah bagian dari promosi LN. Tergantung hasil penjualan nanti, penonton harus bersiap kalau season kedua tidak akan pernah ada. Tapi kemungkinan adaptasinya akan memberikan cut-off yang memuaskan. Pada key visual sudah ditampilkan rekan Glenn, Albert dan Re-L. Mungkin tabir tentang Akashic Records tidak akan terbuka semuanya. Tapi kisah dua rekan Glenn ini bisa menjadi penutup yang bagus.