Mbak Koizumi Doyan Ramen

Seri Ramen Daisuki Koizumi-san pernah diadaptasi menjadi live action drama pada 2015. Kini manga karya Naru Narumi menyambangi media anime diproduksi oleh studio Gokumi bekerja sama dengan AXisZ. Seperti apakah nikmatnya makan ramen bersama Koizumi?

Ramen adalah makanan dengan bahan dasar mie yang sangat populer di Jepang. Ramen ada bermacam-macam tergantung isi dan kuah yang digunakan. Namun yang paling umum digunakan adalah kuah kaldu dan daging babi. Baru disusul sapi, ikan dan ayam. Bila diibaratkan persamaan yang paling mendekati di Indonesia adalah mie ayam.

Tokoh utama seri ini adalah Koizumi yang baru saja pindah sekolah. Gadis berparas cantik ini terlihat pendiam dan tidak memiliki teman. Karena kecantikannya, membuat Yuu tertarik untuk berbincang dengannya. Hanya saja dia tidak tahu topik apa yang harus dibicarakan agar Koizumi mau berbincang dengannya.

Koizumi-san versi drama live action.

Saat perjalanan pulang, Yuu tak sengaja melihat Koizumi yang antri di kedai ramen. Tanpa pikir panjang dia ikut antri dan memesan menu yang sama. Dari sini Yuu melihat sisi sebenarnya Koizumi. Gadis berambut pirang tersebut melahap ramen porsi besar dalam waktu sekejap. Koizumi juga diketahui memiliki pengetahuan yang cukup dalam tentang ramen.

Berkat ini Yuu menjadi tahu apa kesukaan Koizumi dan mulai mengejar agar mau berteman. Meski usahanya membuat dia mirip penguntit. Yuu berusaha membuka topik pembicaraan dengan ramen.

Perlahan tapi pasti Koizumi juga mulai berteman dengan sahabat Yuu, Jun dan Misa. Mereka awalnya tidak begitu tertarik berbincang dengan Koizumi. Begitu tahu Koizumi juga banyak bicara meski hanya seputar ramen, mereka mulai gampang berkomunikasi. Dimulailah petualangan mereka mencoba berbagai ramen di seluruh Jepang.

First Impression Ramen Daisuki Koizumi-san

Premis cerita yang diberikan pada seri Ramen Daisuki Koizumi-san bukanlah hal baru. Kisah makan bersama teman sudah bisa dijumpai pada beberapa judul lain salah satunya adalah Koufuku Grafitti. Pembeda utamanya di Koizumi-san fokus pada berbagai ramen yang umumnya bisa ditemui di Jepang.

Meski judul seri ini menggunakan nama tokoh utama, tetapi yang menjadi bintang utama adalah ramen. Bila penonton suka makan mie, meskipun instant, dan suatu saat ingin mencoba ramen maka seri ini perlu ditonton.

Pengetahuan Koizumi tentang ramen memberikan sedikit gambaran tentang berbagai varian ramen di Jepang. Misalnya ramen di wilayah Hokkaido menggunakan kuah yang berbeda dengan Tokyo dan Okinawa. Juga ada ramen yang diproduksi di kota atau musim tertentu. Memang hampir varian mie ayam bila di Indonesia. Namun di Jepang karena masing-masing kedai harus kreatif agar bisnis tetap jalan, jumlahnya menjadi lebih gila.

Pada episode kedua disebutkan ada ramen dengan isi buah dan cokelat. Mungkin untuk orang Indonesia sulit membayangkan mie yang identik dengan rasa kaldu apakah cocok ditabrakkan dengan isi yang aneh-aneh. Tapi ramen di anime ini nyatanya memang ada.

 

Ramen Daisuki Koizumi-san berusaha menampilkan berbagai menu ramen serta lokasi kedai seasli mungkin. Ramen dengan berbagai taburan topping beserta kuahnya tampil menggoda lidah. Menulis ini pun sambil menahan air liur.

Animasinya mulai bersinar saat mereka makan ramen. Lengkap pula dengan suara sluurp yang wajib bila rasa ramen enak. Suara sluuurp membuat pemilik kedai bangga bahwa ramen buatannya benar-benar enak karena pengunjung bersemangat menyedot sampai habis. Ekspresi karakter yang puas serasa di surga bisa membuat penonton makin penasaran dengan ramen yang disajikan.

Penonton juga masih bisa terhibur dengan tingkah antik para karakter. Jika penonton berusaha melihat seri ini demi karakter imut, mungkin ada baiknya direlakan saja. Koizumi yang terlalu obsesi dengan ramen membuatnya sedikit menyebalkan. Yuu juga seperti lesbian horny tukang stalker. Misa terlalu percaya diri dengan kecantikannya. Sedangkan Jun terlalu pemalu dan tidak ingin menjadi pusat perhatian. Mereka semua punya kelemahan dan sisi imutnya hanya ditampilkan saat makan ramen.

Seri ini tampak lebih bagus bila dibandingkan Koufuku Grafitti. Karena sang manga-ka, Naru Narumi dari awal sudah berusaha fokus menyajikan informasi ramen. Tidak terlihat tanda-tanda akan dibumbui drama masalah persahabatan. Dalam satu episode terdiri atas dua hingga tiga segmen dengan ramen yang berbeda. Penonton bisa kenyang dengan informasi ramen yang diberikan.

Fun Fact

Desain visual bagian penutup menggunakan referensi berbagai iklan ramen di Jepang.

Karakter Ramen Daisuki Koizumi-san

Penggila RamenLesboPenggila PedasKetua Kelas
Koizumi
Ayana Taketatsu
Gadis pindahan penyuka ramen. Gemar mencari ramen yang unik. Tidak terlalu suka bersosialisasi kecuali bila berkaitan dengan ramen. Dia mulai cerewet bila topiknya tentang ramen.
Yū Ōsawa
Ayane Sakura
Lesbo yang suka gadis cantik. Berusaha akrab dengan Koizumi menggunakan topik ramen. Sayangnya dia agak sinting.
Misa Nakamura
Akari Kitō
Gadis paling populer di sekolah. Sayangnya karena terlalu populer dan imut banyak yang menyangka dia sudah punya pacar. Penyuka makanan pedas dan akrab dengan Koizumi setelah makan ramen super pedas.
Jun Takahashi
Yumi Hara
Gadis pemalu yang tidak suka menjadi pusat perhatian. Namun menjadi ketua kelas karena terpaksa. Suka ramen tapi berusaha tidak makan di tempat umum karena masalah kacamatanya.