Comic Frontier Kembali Hadirkan Semarak Kreativitas dalam Comifuro X

“Dalam penyelenggaraan yang ke-10 ini, Comic Frontier menghadirkan semarak kreativitas yang lebih meriah dibanding sebelumnya.”

Industri kreatif Indonesia kini semakin menunjukkan jati dirinya dengan hadirnya berbagai kreator dan karya kreatif yang sudah mampu bersaing di kancah internasional. Mulai dari komik, game, hingga animasi karya kreator lokal kini sudah bisa menunjukkan eksistensinya di negeri sendiri dan hadir dengan kualitas yang patut dibanggakan. Beragam komunitas kreatif pun terus bermunculan seraya menyambut gayung semangat berkarya dari para kreator di dalam negeri ini.

Sejak kali pertama diselenggarakan pada tahun 2012, Comic Frontier (Comifuro) telah menjadi bagian penting dalam pergerakan industri kreatif di Indonesia. Setiap tahunnya acara ini selalu menghimpun ratusan kreator dan komunitas kreatif, baik yang sudah berada di bawah naungan penerbit besar maupun mereka yang berkarya secara independen untuk menampilkan berbagai karya kreatifnya kepada publik. Semangat untuk terus mendukung pergerakan industri kreatif di Indonesia ini yang menjadi penggerak bagi pihak Comic Frontier untuk kembali mengadakan event tahunan ini di tahun 2018.

Acara pasar karya kreatif terbesar di Indonesia ini kembali hadir pada tanggal 3-4 Maret 2018 bertempat di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta Selatan. Pada tahun ini, Comic Frontier telah mencapai penyelenggaraan yang ke-10 kali. Untuk merayakan semangat berkarya selama 10 tahun dan juga geliat kolaborasi yang terus digalakkan oleh para kreator dalam membangun industri kreatif dalam negeri, kali ini pihak Panitia Penyelenggara Comic Frontier mengusung acara ini dengan nama Comic Frontier X, di mana X bisa diartikan sebagai angka 10 dan juga simbol dari kolaborasi yang selama ini terus dijalin.

Sudah menjadi ciri khas bagi Comic Frontier untuk menghadirkan ilustrasi yang baru dan berbeda dalam setiap penyelenggaraannya. Pada acara kali ini, Comic Frontier X berkolaborasi dengan salah satu talenta berbakat dalam negeri, Controlling Time untuk membuat ilustrasi utama di acara ini.

Comic Frontier X akan menghadirkan semarak kreativitas yang lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dalam Comic Frontier X, jumlah kreator dan komunitas kreatif yang ikut serta dalam pameran kali ini berjumlah jauh lebih banyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Banyaknya jumlah kreator dan komunitas kreatif yang terhimpun dalam acara kali ini membuat pengunjung bisa menemukan lebih banyak ragam karya kreatif dalam acara ini.

Selain itu semarak kreativitas juga dihadirkan dalam konten acara di panggung utama yang tidak boleh dilewatkan oleh pengunjung yang hadir di Comic Frontier X. Berbagai talkshow kreatif kembali dihadirkan dalam panggung utama di Comic Frontier X dengan bintang tamu yang beragam. Seperti halnya lingkar kreatif Doujin Dalam Botol dan Character Cross yang akan menghadirkan kolaborasi kreatif terbaru dalam sebuah produk boardgame.

Tidak hanya itu saja, talkshow kreatif dalam acara Comic Frontier X ini juga akan menghadiri pembicara ternama dalam bidang komik. Salah satunya adalah penerbit komik digital dengan format webcomic Ciayo Comics yang akan mengisi talkshow kreatif di panggung utama Comic Frontier X. Selain itu Re:ON Comics, penerbitan majalah komik ternama di Indonesia yang akan merilis komik terbarunya dalam talkshow kreatif di acara ini. Comico juga tidak ketinggalan untuk menghadirkan perbincangan kreatif yang menarik untuk diikuti di panggung utama.

Selain dari dunia komik, semarak kreativitas juga ditampilkan dalam rangkaian acara lain yang tidak boleh dilewatkan di panggung utama. Pada Comic Frontier X kali ini, panitia kembali menghadirkan Utattemita Session, sebuah sesi di mana para pengunjung bisa menunjukkan eksistensi dan bakat dalam sebuah karaoke gratis di panggung utama. Seluruh pengunjung bisa mengikuti sesi ini tanpa dikenakan biaya tambahan.
Untuk pertama kalinya, Comic Frontier X kali ini akan menghadirkan sebuah Portofolio Review. Dalam Portofolio Review ini, para kreator bisa menunjukkan berbagai hasil karya kreatifnya kepada sejumlah penerbit yang hadir di acara ini. Berbagai penerbit yang akan hadir mengisi sesi Portofolio Review ini adalah Well+Done Group, Penerbit Haru, CIAYO Comics, Re:ON Comics, dan Comico.

Dalam acara ini, semarak kreativitas turut serta dihadirkan dalam sebuah workshop cosplay yang akan dihadiri oleh cosplayer dalam negeri yang berbakat, yakni Yukitora Keiji. Cosplayer yang berada di bawah naungan Yggdra Project ini akan berbagai tips mengenai pembuatan desain kostum cosplay.

Comic Frontier selalu tumbuh bersama para komunitas kreatif yang ada di seluruh pelosok negeri dengan berbagai macam kreativitas tersendiri. Dalam acara kali ini, Comic Frontier X menghadirkan sejumlah komunitas kreatif untuk menunjukkan kreativitasnya di panggung utama. Salah satu komunitas kreatif yang hadir mengisi kemeriahan kreatif di acara ini adalah grup dance cover Juice. Tidak hanya itu saja, Ellie dari Yggdra Project bersama dengan Roulette akan membuat suasana semakin meriah di panggung utama Comifuro X.

Bintang tamu lainnya yang akan meramaikan panggung utama Comifuro X adalah NIA dari Yggdra Project yang akan mengajak pengunjung untuk bernyanyi bersama di panggung utama. Selain itu talenta penyanyi yang juga ikut serta hadir dalam acara kali ini adalah Angelyn yang senantiasa membawakan berbagai cover lagu anime dengan suaranya yang khas yang mampu menggerakkan seluruh pengunjung untuk ikut larut dalam kemeriahan bersama. Komunitas vokal Nanairo Symphony juga tidak akan ketinggalan untuk ikut serta meramaikan panggung utama Comifuro X.

Komunitas kreatif lainnya yang ikut serta dalam semarak kreativitas di Comic Frontier X ini adalah OtaGroove. Otagroove merupakan komunitas pertama di Indonesia yang terinspirasi dari budaya Anisong Club Event (atau biasa dikenal dengan istilah Anikura) di Jepang yang merupakan paduan dari Club Culture dan Japanese Pop Culture. Berawal dari sebuah DJ event bertema Japanese Pop Culture yang di laksanakan pada bulan Maret 2016, kini OtaGroove menjadi wadah bagi pecinta Japanase Pop Culture untuk mengenal Club Culture maupun sebaliknya melalui berbagai aktivitas seperti pelaksanaan event, DJ performance, dan juga aktivitas pada media sosial. Setiap materi audio maupun video yang dimainkan oleh DJ dan VJ Otagroove bertemakan Japanese Pop Culture seperti anime, idol, game atau konten-konten lainnya. Pengunjung event OtaGroove diperbolehkan untuk menikmati acara dengan mengenakan costum karakter favorit mereka atau biasa disebut cosplay. Otagroove, the only geek DJ community in Indonesia!

“Comic Frontier selalu tumbuh bersama komunitas dan para kreator yang tidak hentinya terus menghadirkan berbagai karya terbaik mereka. Kami harap dengan banyaknya kreator dan komunitas yang telah dihimpun dalam acara ini, kami bisa terus konsisten memberi dukungan kepada pertumbuhan industri kreatif di Indonesia.” Ujar salah satu perwakilan dari Pihak Panitia Penyelenggara Comic Frontier.

Sekilas tentang Comic Frontier

Comic Frontier merupakan acara ekshibisi kreatif yang telah rutin diselenggarakan setiap tahun. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012. Saat pertama kali diselenggarakan Comic Frontier hanya menampung 35 lingkar kreatif untuk bergabung. Seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, Comic Frontier telah menjadi sebuah gerakan kreatif yang mampu menghimpun ratusan kreator dalam satu event.

Acara ini diselenggarakan dengan harapan agar Comic Frontier bisa menjadi sebuah event yang memberikan ruang baru kebebasan berekspresi dalam industri kreatif tanpa adanya batasan stigma dari masyarakat. Event ini juga diharapkan mampu menjadi penggerak industri kreatif Indonesia dengan menghimpun berbagai kalangan mulai dari kreator independen, komunitas, hingga kreator professional. Memberikan yang terbaik bagi seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini tanpa harus meninggalkan siapapun adalah hal yang diperjuangkan dalam event ini.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:

Website: www.comifuro.net
Facebook: facebook.com/comifuro
Twitter: twitter.com/comifuro
Email: [email protected]