Tidak Ingin Ambil Resiko, Seiyuu [New Life+] Mundur

Nasi sudah keluar dari dubur. Toshiki Masuda, Megumi Nakajima, dan Kiyono Yasuno dipastikan tidak ikut terlibat produksi yang bermasalah dengan rasisme.

Agensi 81 Produce yang menaungi Nanami Yamashita juga menyatakan mundur dari keterlibatan produksi adaptasi anime [New Life+] Young Again in Another World. Awalnya seiyuu yang disebutkan di atas akan berperan sebagai Renya Kunugi, Rona Chevalier, Shion Femme Fatale, dan Creator (god?).

Masalah ini timbul di permukaan setelah salah satu pengguna Twitter mengkritisi tulisan LN [New Life+] yang terkesan merendahkan warga Tiongkok. Hal ini makin diperparah seusai ditelusuri postingan Twitter penulis, MINE yang rasis dan diskriminasi ke bangsa Tiongkok dan Korea Selatan.

Akibat kontroversi ini, MINE menyesal dan menyatakan minta ma’af. Meskipun dia tahu tidak mudah mema’afkan terkait dengan pernyataan rasis. Dia akan menghapus akun Twitter-nya begitu ma’af-nya telah tersebar.

Mundurnya para seiyuu ini tentunya sebagai upaya menyelamatkan muka dan karir masing-masing. Mereka tidak ingin dituduh mendukung produksi yang jelas-jelas dari penulis bersikap diskriminasi dan rasis.

Situs resmi yang sudah dibuka sekitar minggu lalu saat ini tidak bisa diakses. Masih belum ada kejelasan langkah apalagi yang akan diambil produksi komite untuk mengatasi permasalahan ini.

Sauce