Manfaatkan Fitur PWA Amhmagz.com

PWA adalah singkatan dari Progressive Web App. Secara sederhana membuat web serasa aplikasi native yang cepat. PWA menggunakan bantuan cache yang lebih agresif dan cerdas dibandingkan browser biasa. Sehingga mampu menampilkan web lebih cepat. Keuntungan lain berkat cache, halaman yang sudah di-load bisa dibaca saat offline. Bila pembaca kembali membuka aplikasi saat situs telah di-update beritanya, maka yang di-load hanya berita baru. Sedangkan yang lama mengambil dari cache.

cover pwa

Pembaca tidak perlu khawatir ukuran PWA bakal membengkak. Karena untuk saat ini menurut dokumentasi, versi iOS membatasi cache total 50 MB. Sedangkan versi Android tak akan lebih dari 100 MB. Ini bukan download keseluruhan, namun terakumulasi seiring waktu. Nantinya bila sudah melewati batas, sistem akan secara otomatis menghapus cache paling lama yang jarang diakses kembali.

PWA memberikan keuntungan terbesar bagi pembaca yang tidak suka membuka link melalui aplikasi Facebook. Seperti yang diketahui, Facebook menggunakan web viewer di dalam aplikasi agar pengguna tidak meninggalkan aplikasi. Sayangnya web viewer ini kadang tidak secepat browser asli.

Cara penggunaan PWA

PWA membutuhkan iOS Safari minimal 11.3 atau Android Chrome 57. Namun sangat dianjurkan menggunakan versi terbaru. Semua harus dilakukan pada halaman utama amhmagz.com.

Pada iOS Safari, klik tombol share lalu klik “Add to Home Screen.”

Pada Android Chrome, klik tombol opsi tiga titik di pojok kanan atas, lalu klik “Add to Home Screen.”

Semua situs bisa di “Add to Home Screen.” Namun situs tanpa fitur PWA hanya akan memfungsikan “Add to Home Screen” sebagai jalan pintas. Sedangkan situs yang aktif fitur PWA akan menjalankan mirip aplikasi biasa.

PWA masih terus dikembangkan. Saat ini memang masih jauh dari sempurna tetapi sudah cukup berguna untuk pengalaman berselancar lebih cepat.