Shoujo☆Kageki Revue Starlight – Perjuangan Gadis Theater Menjadi Bintang Teratas3 min read

mainvisual

Intro

ShoujoKageki Revue Starlight adalah anime yang berkisahkan tentang kehidupan sembilan gadis di Seisho Music Academy, sebuah sekolah theater khusus perempuan. Namun anime ini menambah twist pada setting ini dengan adanya audisi drama musikal bawah tanah (Revue), untuk menentukan siapa yang menjadi bintang teratas.

Cerita dan Karakter

Starlight adalah sebuah cerita drama musikal yang sangat terkenal dan disukai di dunia. Karen dan Hikari pertama kali menonton Starlight saat mereka masih anak – anak dan berjanji suatu hari nanti mereka akan menjadi bintang dan memerankan Starlight. Suatu hari takdir pun mempertemukan Karen dan Hikari di Seisho Music Academy, dan mereka berdua pun harus bertarung dengan peserta lainnya untuk menjadi bintang teratas.

Awalnya saya mengira tidak akan banyak terjadi pengembangan karakter, dikarenakan Revue Starlight ini hanya mendapat 12 episode, namun anggapan saya dipatahkan dengan banyaknya terjadi pengembangan karakter di anime ini. Setiap karakter paling tidak mendapat satu episode untuk backstory masing – masing karakter.

Di sisi penceritaan Revue Starlight seringkali menggunakan metafor antara karakternya dengan cerita starlight itu sendiri, sehingga membuat tontonan yang cukup menarik. Fakta menarik lainnya anime ini dibuat berdasarkan Takarazuka Revue yaitu pertunjukan teater musikal di jepang yang semua pemerannya diperankan oleh wanita, dan memiliki sistem ranking yang mirip dengan top star yang ada di anime.

Art & Animation

Dalam sisi Artstyle & Animation , Kinema Citrus, studio yang memproduksi Revue Starlight ini patut diacungi jempol. Animasinya bergerak dengan sangat natural terutama pada action scene yang bisa dibilang sangat bagus melebihi beberapa action anime yang pernah saya tonton pada musim ini.

Music

Revue Starlight sendiri adalah Anime tentang drama musikal, maka sudah sewajarnya musik disini akan sangat diperhatikan. Setiap fight scenes memiliki lagu yang berbeda – beda tergantung kepada siapa yang sedang bertarung. Dan OP dari Revue Starlight ini cukup catchy. Tetapi ED nya sendiri cukup menarik karena di setiap episode yang menyanyikan ED ini sendiri selalu berbeda – beda berdasarkan siapa yang jadi fokusnya di episode tersebut.

Kesimpulan

Keunggulan Revue Starlight sendiri berada pada fight scene dan animasi yang bagus dan topik yang jarang diangakat dalam anime yaitu drama musikal theater.

Pengkarakteran yang bagus pun juga menjadi keunggulan Revue Starlight ini karena tidak ada karakter yang story-arc nya dibiarkan menggantung pada akhir cerita. Setiap karakter memiliki latar dan tujuan masing – masing di cerita sehingga menambah poin plus kepada sisi naratif anime ini sendiri. Dan anime ini juga menjurus ke kategori psychological karena kita mendalami perasaan, isi pikiran karakter, dan motif dari tindakan setiap karakter di anime ini, meski tidak ada adegan sadis, anime ini tidak selighthearted kelihatannya.

Namun Anime ini pun bukan untuk semua orang, jika anda tipe orang yang tidak menyukai anime dengan karakter yang semuanya perempuan, cerita yang lebih edgy maka anime ini tidak cocok untuk anda.

Jadi, untuk siapa Revue Starlight ini? Bagi kalian yang menyukai musik yang bagus, fight scenes yang menegangkan, character-driven drama, dan plot yang cukup bagus dengan banyak metaforanya anime ini cocok untuk anda.