Kepolisian Inggris Mengembangkan AI untuk Mencegah Kriminalitas Sebelum Terjadi

Pengembangan AI saat ini sedang menjadi trend. Tidak ketinggalan, Kepolisian Inggris juga berusaha membuat AI untuk mencegah kejahatan sebelum terjadi. Mengingatkan dengan sistem di Psycho-Pass.

Ini memang bukan berita terkait animanga, tetapi akan sangat menarik bila mereka berhasil melakukannya. AI yang dimaksud memang masih berupa proposal dengan nama National Data Analytics Solution (NDAS).

Singkatnya mereka menggunakan AI bersama data statistik untuk menilai kemungkinan seseorang menjadi korban maupun pelaku kejahatan. Detail cara kerjanya belum diungkapkan. Dari berita yang dilaporkan New Scientist, Kepolisian wilayah West Midlands akan memimpin pengembangan. Harapannya pada Maret 2019 sudah ada purwarupa yang bisa digunakan.

Target mereka juga sangat berbeda dengan Psycho-Pass dan Minority Report. Polisi tidak akan langsung menangkap orang yang terindikasi bakal melakukan kejahatan. Sebaliknya dalam proposal menyatakan akan melakukan berbagai upaya pendekatan agar kejahatan tidak terjadi.

Buat kamu yang suka Psycho-Pass, tiga trilogi movie akan dirilis. Tidak sabar menunggu? Tonton juga Minority Report yang merupakan sumber inspirasi Psycho-Pass. Perbedaan utama, Minority Report menggunakan kekuatan indra keenam sehingga kental dengan unsur supranatural.

Sauce