Ekspresi Menggemaskan si Peko-chan

Bila kalian menonton anime produksi 2007-2014, mungkin sering melihat ekspresi karakter mengeluarkan lidah sambil memalingkan muka. Ingin tahu ekspresi siapa yang menjadi referensi?

Ekspresi yang tampak imut di atas merupakan referensi dari Peko-chan. Dia adalah maskot perusahaan Fujiya berdiri sejak 1910. Perusahaan ini dikenal melalui produk permen dan gula-gula. Menurut informasi, Peko-chan lahir atau diperkenalkan pada tahun 1950. Dia selalu berumur 6 tahun dengan tinggi badan 100 cm. Peko-chan memiliki hobi bermain baseball dan pogo stick jumping.

Maskot ini selain menempel di berbagai produk Fujiya, patungnya juga digunakan untuk menarik pelanggan ke toko. Oleh karena ini Peko-chan sangat terkenal di Jepang. Berbagai produk mulai dari boneka hingga nendoroid pernah diproduksi.

Wajah Peko-chan yang ikonik juga sering muncul dalam anime sebagai ekspresi malu karena telah melakukan kesalahan tapi enggan mengakui. Meski pada beberapa konteks cerita ada yang digunakan hanya sebagai bentuk candaan.

Nyaruko

K-ON

Bakemonogatari

Gabriel Dropout

Akaneiro ni Somaru Saka

Clannad

Oregairu

K-ON

Kill Me Baby

Peko-chan juga mempunyai teman bernama Poko. Namun karena desain maupun ekspresinya relatif biasa, dia nyaris tidak pernah dijadikan referensi di anime.