Noukin – Hati-Hati dengan Permintaanmu

Watashi, Noryoku wa Heikinchi dette Ittayone! disingkat sebagai Noukin, mengkisahkan petualangan Mile atau nama bangsawan dia adalah Adele von Ascham. Saat berumur 10 tahun, Adele von Ascham menderita sakit kepala dan mulai mengigat kehidupan sebelumnya. Ternyata dia adalah reinkarnasi dari gadis Jepang bernama Kurihara Misato. Dia meninggal karena berusaha menyelamatkan anak kecil.

Sudah memohon kepada dewa seandainya reinkarnasi, kemampuan yang dimiliki biasa-biasa saja. Namun dewa tampaknya menginterprestasikan rata-rata secara berbeda. Untuk ukuran anak 10 tahun, Adele memiliki kemampuan yang bisa dibilang luar biasa.

Penyebabnya sangat jelas di anime, Misato memohon kepada dewa diberikan kemampuan rata-rata sesuai penghuni dunia baru yang akan dituju. Sayangnya dia tidak menyebut secara spesifik rata-rata sesuai dengan ras manusia. Padahal di dunia baru juga ada ras yang ribuan kali lebih kuat dari manusia. Dewa menerjemahkan keinginan Misato rata-rata dari semua jenis ras di dunia baru. Untuk mempermudah anggap saja kekuatan bakteri = 0 ditambahkan Elder Dragon = 10.000. Sehingga Mile mendapat kekuatan setara (0 + 10000)/2 atau separuh Elder dragon. Ini tidak hanya kekuatan sihir tapi kemampuan fisiknya juga di atas rata-rata.

Adaptasi anime langsung loncat saat Mile sudah berumur 12 tahun. Karena suatu hal, dia melarikan diri dari keluarganya dan menggunakan nama alias yang gabungan dari Misato + Adele. Mile menuju kerajaan tetangga untuk menjadi hunter. Di sekolah hunter dia bertemu teman-teman baru yaitu Reina, Pauline dan Mavis.

Mile sempat kesusahan menjelaskan kekuatan yang dimiliki karena ketiga temannya pernah melihat sihir yang digunakan. Meski sempat banyak beralasan, akhirnya tiga teman baru Mile tidak berusaha mengungkit sebelum mengenal lebih dekat.

Tak hanya sekedar berteman, Mile juga membantu Reina dan Pauline melatih sihir mereka menjadi lebih kuat. Selain itu dia melatih kemampuan berpedang Mavis. Walau secara teknik Mile tidak bisa dibilang cakap dan hanya sekedar mengayun pedang, kekuatan fisiknya yang berlebih menutupi kekurangan tersebut. Mile juga memiliki berbagai pengetahuan dari kehidupan sebelumnya yang berguna selama menjalankan tugas.

Perjalanan Mile untuk kehidupan yang biasa masih panjang. Teman-temannya yang sekarang memang sudah menerima apa adanya. Namun Mile masih mendambakan kehidupan yang normal bersama orang-orang biasa.

LN Watashi, Noryoku wa Heikinchi dette Ittayone! karya FUNA adalah anime pertama dari penerbit kecil Earth Star. Musim ini mereka harus bersaing dengan penerbit lain yang sudah veteran mempromosikan LN melalui anime seperti Dengeki Bunko dan Fujimi Fantasia Bunko. Tentunya ini menjadi taruhan bila adaptasi anime gagal mendongkrak penjualan LN maupun mengangkat reputasi penerbit.

Produksi Noukin dipercayakan kepada sutradara Masahiko Ohta yang pernah mengurusi YuruYuri, Gabriel Dropout, Sabagebu, Umaru-chan, Love Lab dan masih banyak lagi. Dengan kata lain sutradara ini memang pas untuk mengarahkan kisah Noukin yang dari awal memang berjenis komedi fantasi.

Bagi pembaca LN maupun manga mungkin kaget karena kisah langsung loncat saat Mile berumur 12 tahun. Padahal di bagian penutup dimunculkan trio teman Adele saat masih berumur 10 tahun, sebelum kabur ke kerajaan tetangga. Versi anime juga mengubah sebagian besar cerita. Sehingga pembaca LN maupun adaptasi manga bisa mendapatkan pengalaman baru. Meski untuk beberapa hal sejumlah detail yang dirasa penting justru dibuang dari anime.

Penonton anime tidak akan menemui kendala karena disejumlah adegan akan disisipi penjelasan. Sayangnya penyisipan ini ada yang memutus tempo cerita dan membuat janggal.

Adaptasi anime banyak mengandalkan parodi dari seri lain. Hingga episode keempat lebih sering muncul parodi dari seri Dragon Ball ditambah berbagai judul mecha dan tokusatsu. Namun sebenarnya banyak juga parodi yang mengambil dari acara TV dan potongan iklan. Contohnya iklan ini yang digunakan saat Mile sedang curhat pada nendo Marcelina.

Salah satu mecha referensi yang digunakan pun sangat jadul. Yaitu Steel Jeeg yang tayang pada 1975. Penonton di luar Jepang tentunya bakal bingung seandainya penggemar di Jepang tidak memberikan informasi ini.

Karena dari LN memang berupa komedi fantasi, penonton bisa duduk santai melihat kekonyolan empat sekawan ini. Masing-masing karakter memang masalah pribadi terkait dengan keluarga. Bahkan ada yang tampak serius. Untungnya upaya penyelesaian tidak akan membuat penonton sedih berlarut-larut.

Pada seri ini juga tidak nampak antagonis utama yang selalu mengganggu protagonis dari awal hingga akhir. Musuh yang diperkenalkan di awal anime pun sebetulnya kisah original. Nantinya mereka akan menjalankan sejumlah tugas hunter yang tiap arc memiliki musuh utama.

Untuk urusan animasi dan visual cukup standar. Tidak bisa dibilang memanjakan mata namun masih cukup untuk bisa ditonton tanpa menimbulkan kerutan di dahi. Koreografi saat pertempuran pun biasa. Tapi yang paling penting dari semua ini, pergerakan animasi tiap frame masih mulus dan minim QUALITY.

Ekspresi lebay menjadi aset paling penting dalam genre komedi. Pengalaman sutradara Masahiko Ohta dalam beberapa judul komedi sebelumnya juga membantu seri Noukin untuk membuat penonton tersenyum. Meski demikian ekspresi konyol mereka masih bisa tampak imut menggemaskan.

Secara keseluruhan, Noukin sangat menyenangkan bagi penonton yang suka hiburan ringan. Banyaknya parodi dalam seri ini juga bisa memberikan kesibukan untuk berburu referensi asli. Sebagian jelas diambil dari judul-judul ternama. Tetapi ada juga parodi yang hanya diketahui oleh penonton asli Jepang karena memang judul tertentu yang hanya tayang di dalam negeri.

Ada sedikit drama tetapi bisa segera terselesaikan. Noukin juga mampu mengisi kekosongan CGDCT pada musim ini. Bagi yang ingin pengalaman lebih detail dan berbeda, sangat dianjurkan untuk mencoba LN dan manga.