Hideaki Anno Menjelaskan Mengapa Dia Keluar Dari Gainax

56V3atj

Sutradara seri NGE, Hideaki Anno angkat bicara saat plt direktur Gainax Tomohiro Maki ditangkap karena tindakan amoral kepada calon seiyuu. Dia menjelaskan pada majalah bisnis Diamond berbagai masalah yang menerpa Gainax sehingga dia memutuskan keluar pada 2007.

Hideaki Anno bergabung dengan Gainax tahun 1984. Saat itu studio kecil ini didirikan bersama sekelompok teman. Mereka adalah Hiroyuki Yamaga, Toshio Okada, Yoshiyuki Sadamoto, Shinji Higuchi, Yasuhiro Takeda, dan Takami Akai. Dibentuk untuk memproduksi Space Force – The Wings of HonnĂȘamise. Anno saat itu lebih fokus untuk membuat anime ketimbang mengurusi manajemen.

Neon Genesis Evangelion ditayangkan pada 1995. Meski mengalami kendala biaya dan keterbatasan staff, seri ini ternyata sukses besar. Mereka mendapat keuntungan dari berbagai merchandise setelah bernegosiasi dengan King Records yang ikut menanam investasi produksi dalam seri NGE untuk bagi hasil. Sayangnya pihak manajemen Gainax kurang cakap mengatur pendapatan berlebih ini. Bahkan animator tidak mendapat rezeki tambahan yang sangat disesalkan Anno. Gaji mereka tetap rendah dan tidak mendapat banyak informasi tentang arus keuangan perusahaan.

Puncaknya pada tahun 1999 saat terungkap penggelapan pajak oleh Takeshi Sawamura. Anno mengaku baru mendengar setelah kejadian penahanan. Sayangnya nama Anno saat itu sangat dikenal berkat NGE,  Posisinya membuat dia terpaksa menyatakan permintaan ma’af.

Setelah kejadin itu, Yamaga meminta Anno menaruh namanya sebagai perwakilan kepala agar Gainax kembali dipercaya investor. Saat itu dia menerima meski sedikit ragu-ragu. Anno yang awalnya fokus memproduksi anime, jadi sedikit terlibat dengan urusan manajemen perusahaan. Dia mulai menyadari ada pembayaran gaji kepada karyawan yang tidak memberikan kontribusi apapun kepada perusahaan.

Sekitar tahun 2003-2004 dia mulai memikirkan untuk memproduksi Rebuild of Evangelion. Namun dia tidak ingin membuat bersama dengan Gainax. Ada sejumlah alasan yang disampaikan. Pada saat itu Gainax sedang memproduksi seri TV. Sulit membuat nuansa baru jika staff muda tidak mengekspresikan karena senioritas Anno. Namun yang terpenting Anno ingin mengendalikan semua budget dan sumber daya untuk memastikan semua staff bisa menikmati hasil kerja keras mereka.

Atas dasar itu studio Khara dibentuk dan Anno resmi meninggalkan Gainax pada 2007. Dia sempat bertahan meski sebatas nama karyawan sebagai usaha menghormati temannya Yamaga. Pada saat itu pun Khara masih menjalin hubungan baik dengan Gainax. Karena hak merchandise Evangelion masih dipegang Gainax. Anno berhasil mendapatkan sebagian hak royalti untuk berbagai film Evangelion yang diproduksi Khara.

Pelan tapi pasti akibat berbagai keputusan salah meperburuk kondisi Gainax pada 2012. Di tahun 2014 Gainax melalui teman lama Anno, Yasuhiro Takeda memohon untuk meminjamkan uang sebesar 100 juta yen. Anno memberikan syarat untuk menyerahkan hak merchandise Evangelion. Pinjaman pun diberikan tanpa bunga.

Namun setelah itu kondisi Gainax tak kunjung membaik. Mereka tidak membayar hutang bahkan menjual hak cipta Gunbuster, Diebuster, dan FLCL tanpa sepengetahuan Khara. Staff lama Gainax yang mengerjakan seri tersebut memang sebagian besar sudah pindah di studio Khara.

Gainax pun mulai menjalankan bisnis mencurigakan diawali dengan membuat anak perusahaan Fukushima Gainax dan Gainax West. Yamaga juga makin sulit dihubungi. Akhirnya Anno mengetahui produksi materlal seperti storyboard dan key animation dijual secara diam-diam. Tentu saja Anno tidak tinggal diam dan menuntut Gainax. Sebab materi yang dijual adalah hasil kerja keras staff saat masih berada di Gainax. Berbagai anak perusahaan yang dibentuk pun sebagai usaha menyembunyikan hak cipta berbagai anime yang pernah diproduksi Gainax.

Tomohiro Maki diketahui menjadi plt direktur pada Oktober ini. Anno mengaku tidak kenal dan belum pernah bertemu langsung. Kejadian amoral yang dilakukan Maki menyeret Gainax yang sayangnya media menggunakan headline studio yang memproduksi Evangelion. Anno sampai perlu meluruskan dan meminta media berhenti menghubungkan dengan Evangelion. Karena Gainax yang sekarang sudah tidak ada hubungan sama sekali dengan Evangelion. Pemberitaan media yang kurang tepat memperburuk citra Evangelion.

Anno menyesalkan tidak sebagai manajer perusahaan yang meminjamkan uang. Namun sebagai teman semasa kuliah. Dia merasa tidak bisa mempercayai lagi hubungan dengan orang-orang Gainax yang sekarang.

Sauce