Mom, Please Do Not Come for Adventure – Saat Ibu yang Terlalu Kuat Ikut Berpetualang

Apa jadinya bila kamu ingin menjadi petualang dan mandiri tapi dihalangi ibu yang terlalu melindungi? Inilah suka duka Ryuuji dalam kisah Mom, Please Do Not Come for Adventure.

Ryuuji adalah anak yatim piatu yang ditemukan oleh Karma Abyss di hutan. Entah bagaimana naga iblis paling kuat di dunia dan sedang bosan tiba-tiba ingin mengasuh anak manusia. Dengan bantuan Chiquita, Karma Abyss berhasil mengasuh Ryuuji di pelosok gunung selama 15 tahun.

Di dunia fantasi ini, seseorang dianggap dewasa setelah berumur 15 tahun. Ryuuji yang mendapat berbagai pendidikan dari Chiquita juga merasa perlu mandiri dan melihat dunia luar. Namun dia kesulitan mengutarakan keinginan karena ibunya yang terlalu melindungi.

Saat Ryuuji menyampaikan keinginannya, Karma Abyss menjadi bingung dan khawatir. Bahkan dia kembali ke wujud naga aslinya dan mengharuskan Ryuuji mengalahkan dulu bila ingin direstui. Masalahnya naga iblis ini memiliki kekuatan setara dewa. Dunia fantasi dengan mekanik game menginformasikan level Karma abyss adalah 999. Ryuuji yang cuma manusia biasa pada level 3 jelas tidak akan bisa menang dengan cara biasa. Tak disangka hanya dengan ancaman Ryuuji akan membenci ibunya bila tidak direstui pergi ke dunia luar, Karma Abyss langsung shock.

Hari berikutnya setelah menenangkan ibunya, Ryuuji berusaha mengendap keluar dan kabur. Tetapi ibunya memergoki. Kali ini memilih ikut berpetualang sambil berusaha melindungi anaknya. Untuk ini Ryuuji tidak mampu membantah. Setidaknya diperbolehkan menjadi petualang pun sudah bagus. Berbagai kejadian lucu dan mengesalkan menanti Ryuuji akibat intervensi ibunya. Apa saja yang dilakukan Karma Abyss agar Ryuuji tetap selamat? Baca kelanjutannya pada manga Mom, Please Do Not Come for Adventure.

Ibu Maha Dahsyat

Mom, Please Do Not Come for Adventure atau ada yang menerjemahkan Mom, Please Don’t Come Adventuring with Me! ~The Boy Who Was Raised by the Ultimate Overprotective Dragon, Becomes an Adventurer with His Mother~ adalah hasil adaptasi WN yang ditulis Ibarakino. Gambar manga digarap oleh Shishimaruzilla yang lebih dikenal dengan pseudonym Gustav. Oleh karena itu jangan heran bila dalam manga ini bertabur fanservice.

Kisahnya tidak terlalu unik dan tampaknya mengambil kesempatan dari kepopuleran Okaa-san Online. Sejumlah pembeda, dunia latar adalah fantasi dengan mekanik game. Jadi bukan dunia alternatif setelah ditabrak truk. Ibu adalah naga iblis yang sudah sakti mandraguna tanpa tanding. Semua usaha yang dilakukan adalah upaya melindungi Ryuuji.

Seri komedi fantasi ini berhasil digambarkan dengan menarik oleh Gustav. Goresan lingkungan dan karakter rapi. Saat adegan lucu pun gambar super deform-nya juga sangat imut. Bisa dibilang manga ini diangkut oleh kemampuan menggambar Gustav.

Karakter utama seri ini adalah Karma Abyss dengan berbagai kelakuan antiknya. Awalnya dia adalah naga besar biasa. Suatu hari dia menelan raja iblis Belial yang saat itu berambisi menghancurkan dunia. Berkat itu Karma Abyss mendapatkan kekuatan yang maha dahsyat dan pengetahuan maha luas.

Kekuatannya mampu menghancurkan planet dengan sangat mudah. Hembusan saat hanya menghela nafas dalam wujud naga mampu mencuil sebagian bulan. Dia bahkan menggunakan kekuatannya untuk mendorong orbit planet sedikit lebih lama.

Dengan pengetahuan maha luas, dia bisa membuat berbagai alat-alat yang bisa disetarakan dengan gadget di era modern. Beberapa contohnya item sihir sejenis drone kamera, proyektor dan komputer untuk mengedit CGI.

Dia juga mampu membagi sebagian kekuatannya melalui penambahan sihir pada senjata maupun menggunakan doping. Sayangnya Ryuuji tidak suka ide menggunakan kekuatan dari luar. Ryuuji ingin menjadi petualang dengan kekuatannya sendiri. Karma Abyss masih memiliki segudang trik lainnya agar anak kesayangannya terlindungi.

Selama berpetualang, Ryuuji ditemani partner sekaligus teman pertamanya, Sheilla Gillete. Gadis dari ras beastmen ini juga ingin menjadi petualang. Memiliki cita-cita yang mirip dengan Ryuuji yaitu menjadi kuat tanpa meminjam dari orang lain. Dia berperan sebagai penyihir. Meskipun awalnya sempat mendapat penolakan oleh Karma Abyss, dia diterima setelah interview. Kehadiran Sheilla juga membuat interaksi tiap karakter makin berwarna.

Bila kalian suka dengan kisah petualangan dan komedi ditambah karakter MILF, Mom, Please Do Not Come for Adventure bisa dijadikan bacaan selingan. Meski ada pertempuran, tidak perlu berharap berlangsung keren. Nyaris semua selesai hanya dalam 2-3 halaman karena kekuatan ibu Ryuuji sudah di luar nalar.

Hingga saat ini sudah ada 8 chapter yang sudah ditranslasi ke bahasa Inggris. Manga telah rilis hingga jilid kedua diterbitkan oleh Square Enix.