Bofuri – Saat Game Berubah Menjadi Player vs Developer

Game baru tipe sandbox pastinya menyenangkan karena banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Namun bila seorang player VRMMO sandbox tanpa sengaja membuat karakter dengan kumpulan skill yang bersinergi hingga tampak broken, pengembang game mana yang tidak panik. Inilah kisah Maple dan sejumlah karakter lain yang merusak keseimbangan game NewWorld Online.

Kaede diperkenalkan game VRMMO NewWorld Online oleh sahabat terbaiknya Risa. Penuh semangat, Risa meyakinkan Kaede untuk mencoba game tersebut. Gadis berambut hitam ini pun tak kuasa menolak saat sahabatnya berapi-api memberikan penjelasan.

Meski Kaede mengaku tidak pernah bermain game, dia cukup sering melihat sahabatnya yang sudah juara di beberapa turnamen game. Jadi setidaknya Kaede tahu garis besar untuk memainkan game. Tapi tetap saja untuk hal-hal detail lainnya dia tidak tahu.

Pada bagian awal misalnya saat memilih menyebarkan poin status. Dia dengan polos menaruh semua nilai pada VIT. Sesuai dengan perlengkapan awal yang dipilih, great shield untuk memaksimalkan kekuatan pertahanan. Ini karena Kaede tidak suka merasakan sakit.

Di area grinding untuk pemula, Kaede yang kini menggunakan handle name Maple dengan VIT 100 + 28 dari tameng justru bermain-main dengan monster kelinci lemah yang tidak bisa melukai sama sekali. Biasanya pemain normal akan segera membunuh monster dan berburu lainnya untuk menaikkan level. Namun Maple betah membiarkan si kelinci menyerang selama satu jam, membuka skill yang melipat gandakan nilai VIT. Hal ini terus berlanjut saat Maple bertempur melawan monster lain yang memberikan ketahanan racun. Berhasil membunuh dengan titik vital memberikannya skill tambahan yang kembali melipat gandakan status. Sehingga VIT yang dimiliki kali ini adalah empat kali nilai normal.

Esok hari berkat saran pemain lain yang ditemuinya, Kuromu dan Iz, Maple menjelajah dungeon yang cocok untuk pemula. Setelah menjelajah cukup dalam, dia akhirnya berhadapan dengan boss Hydra dragon. Maple sempat kerepotan karena ketahanan racunnya tidak cukup untuk melawan hembusan beracun Hydra yang jauh lebih kuat. Entah dari mana dia mendapat ide untuk terus bertahan menggunakan stok obat yang dimiliki. Akhirnya dia berhasil kebal sepenuhnya dari racun setelah 10 obatnya habis.

Karena senjata Maple rusak akibat racun Hydra, dia harus menemukan cara membunuh boss tanpa senjata. Dia juga tidak bisa kabur dan log out selama boss belum kalah. Lagi-lagi Maple menemukan cara yang tak biasa digunakan pemain lain. Yaitu memakan sang monster. Di anime memang berlangsung cukup singkat namun di versi LN dijelaskan Maple membutuhkan waktu kurang lebih lima jam. Suatu cara yang tidak efisien. Tetapi berkat ini Kaede berhasil mendapat skill baru yang sangat penting untuk kemampuannya menyerang yaitu menggunakan sihir Hydra.

Boss yang dikalahkan secara solo ini juga menjatuhkan perlengkapan unik yang tidak bisa rusak. Seandainya rusak, akan otomatis memperbaiki dan menggandakan nilai kekuatan perlengkapan. Total nilai VIT usai pertempuran ini dengan skill aktif adalah 864 poin. Jauh lebih banyak dibandingkan pemain level 70 yang hanya bisa mengalokasikan sebesar 200 poin. Ini baru awal petualangan Maple. Ke depan akan banyak lagi kejadian unik yang memusingkan pengembang game.

Maple Terlalu Kuat, Mohon di-Nerf

Pada bagian awal anime memang kurang dijelaskan bahwa NewWorld Online adalah sebuah game baru. Layaknya game baru tipe MMO pada umumnya, tidak banyak informasi yang tersedia. Bahkan detail-detail penting seperti cara memperoleh skill tertentu belum ada panduannya. Pengembang game sengaja tidak memberikan banyak informasi agar pemain melakukan eksplorasi sendiri. Beberapa pemain juga memilih tidak sembarangan menyebarkan informasi di forum agar skill kuat tidak dimiliki semua pemain secara umum.

Karena ini game jenis sandbox, banyak hal yang bisa dilakukan pemain. Juga banyak cara mendapatkan skill dari berbagai kegiatan yang sifatnya acak. Maple adalah contoh langka sebab dia sebetulnya bukan gamer yang terbiasa dengan permainan MMO. Pengalaman bermain hanya dari mengamati Risa yang dari awal memang sudah menjuarai berbagai turnamen game. Dia pun melakukan berbagai hal tak biasa yang tidak dipikirkan pemain pada umumnya. Skill yang didapatkan sangat bersinergi dengan jenis build yang Maple inginkan.

Pengembang game berusaha menambal celah agar tidak makin banyak pemain yang mengikuti desain build Maple. Tak hanya itu mereka mulai mendesain boss yang spesifik untuk mengalahkan Maple.

Bofuri atau judul lengkapnya Itai no wa Iya nano de Bougyoryoku ni Kyokufuri Shitai to Omoimasu adalah sebuah kisah komedi fantasi dengan setting VRMMO yang ditulis oleh Yuumikan. Sebelumnya Bofuri juga telah diadaptasi menjadi manga. Banyak kisah serupa yang telah rilis sebelumnya termasuk season ini bersaing dengan Infinite Dendogram yang lebih serius, Bofuri langsung menunjukkan keunggulannya pada episode perdana.

Desain karakter imut, visual konsisten stabil, pemilihan warna yang nyaman di mata dan terpenting kualitas animasi pertempuran yang bisa dibilang di atas rata-rata. Tak mengherankan karena ini adalah produksi SILVER LINK yang pernah terlibat mengurusi Prisma Illya dan Kenja no Mago. Dua anime tersebut juga memiliki banyak adegan pertempuran yang termasuk berat untuk dianimasikan.

Beberapa adegan memang masih dibantu dengan CG. Sejauh ini baru episode kedua yang kualitas CG karakternya cukup mengganggu. Namun setelah itu SILVER LINK berupaya menggunakan CG dengan pengambilan sudut kamera yang tidak terlalu kentara untuk jarak menengah. Untuk monster boss, model CG yang digunakan masih bisa diterima.

Keunggulan lain yang ditawarkan adalah kisahnya yang berjenis komedi ringan. Di sini kalian bisa melihat Maple berinteraksi dengan berbagai karakter dalam suasana yang selalu riang. Bahkan obrolan dengan sahabat terbaiknya, Sally sangat mengahangatkan suasana. Di dalam Bofuri tidak ada drama, konflik semisal upaya penyelamatan dunia maupun mengurusi PK yang bermasalah. Semua karakter bermain untuk bersenang-senang. Mereka hanya berkompetisi ketat saat ada event dalam game yang berlangsung,

Lagu tema untuk OPED maupun desain visualnya sangat pas dengan tema Bofuri yang ceria. Lagu latar yang digunakan meski tidak menonjol, masih bisa menunjang atmosfer kisah fantasi VRMMO. Kaede Hondo yang menyuarakan Maple sangat pas memerankan gadis ceria yang polos. Di sini kalian bisa melihat Maple bisa benar-benar menikmati game bahkan ekspresinya sangat meyakinkan.

Dari membaca sejumlah forum, beberapa penonton ada yang mempermasalahkan konsep game VRMMO NewWorld Online yang tidak masuk akal atau sama sekali tidak mirip dengan standar MMO masa kini. Bagi penulis hal ini tidak menjadi persoalan besar. Full dive VRMMO sah-sah saja bila menggunakan mekanik yang berbeda. Apalagi developer game ini terlihat kurang kompeten setelah baru menyadari celah yang menghasilkan Maple. Setidaknya mereka tidak sehancur Bethesda yang merilis Fallout 76 yang penuh dengan bug.

Karena adaptasi anime selalu terbatas dengan durasi waktu, tidak semua penjelasan sedetail versi LN dan manga. Untuk ini memang sebaiknya langsung membaca sumber asli bila penonton bingung atau kurang puas dengan penjelasan mekaniknya. Staff SILVER LINK sudah berupaya menjelaskan dalam keterbatasan waktu, skill penting yang mengakibatkan build Maple sangat broken.

Bila ditilik dari sudut pandang pemain, game ini mendekati Skyrim dalam mode first person dengan kebebasan yang lebih luas. Jadi bila pemain membidik organ vital seperti kepala dan jantung, bisa menghasilkan critical damage mirip saat bermain FPS. Pemain juga bisa mempengaruhi lingkungan game berkat engine yang lebih kompleks.

Bagi yang sangat butuh hiburan atau untuk mengangkat situasi yang menekan, Bofuri bisa dijadikan pilihan. Pecinta game online jadul seperti Ragnarok Online bisa kembali bernostalgia mengingat senangnya melakukan eksplorasi bersama teman. Buat kalian yang suka anime karena desain karakter, jangan khawatir. Dari yang dadanya besar, rata, gadis cilik, zettai ryouiki, paha sampai ketiak ada di sini. Penggemar adegan pertempuran juga akan ditraktir setelah Sally ikut aktif sebagai DPS. Pemain pro ini memiliki berbagai gerakan refleks yang membuat adegan pertempuran makin seru. Secara keseluruhan anime ini sangat bisa ditonton berulang kali sambil menunggu episode berikutnya tiap minggu.