Eiichi Kuboyama: Anime yang Direncanakan Tayang Juli Sepertinya Tidak Ada Harapan

Sebuah cuitan dari animator, Eiichi Kuboyama mengungkapkan dampak pandemi COVID-19. Berbagai judul anime yang diumumkan tayang Juli 2020 besar kemungkinan tidak selesai tepat waktu.

Eiichi Kuboyama adalah seorang key animator dan juga pernah mengurusi sebagai sutradara episode. Beberapa judul yang terlibat antara lain Noukin, Dog Days dan Gotoubun no Hanayome. Dalam cuitannya dia menyatakan, “Ada impresi proses produksi anime terhenti karena kendala dengan seiyuu. Namun hal ini tidak tepat. Bila studio utama mengalami lockdown, mungkin tidak berdampak banyak. Tapi yang jadi masalah bila studio komposisi mengalami lockdown, ini membuat proses produksi berbagai judul menjadi terhambat.”

Proses komposisi adalah salah satu langkah penting di produksi anime. Bila kalian pernah menggunakan Photoshop atau berbagai software image editing, ini adalah proses menyusun gambar karakter dan latar. Tentu saja agar menjadi animasi, gambar atau istilahnya frame yang diproses saat komposisi tidak sedikit. Pada tahap ini juga ditambahkan berbagai efek yang diperlukan.

Beberapa judul seharusnya tayang April 2020 misalnya Oregairu S3, dan SAO Alicization bagian akhir. Mereka memutuskan menunda penayangan akibat COVID-19. Tentu saja dalam keterangan resmi tidak ada penjelasan bagian produksi mana yang terdampak sehingga pekerjaan berhenti total.

Sauce