10 Anime Masa Kini yang Menampilkan Keluarga Inti Lengkap

Penonton anime pastinya sering melihat tokoh utama yang sering hidup sendirian meskipun masih siswa remaja. Untungnya tidak semua seri membuang orang tua dari kisah. Inilah beberapa judul masa kini yang setidaknya memperlihatkan keluarga inti.

Artikel ini dibatasi masa kini karena tidak membawa seri jadul semisal Doraemon, Chibi Maruko-chan maupun Shin-chan. Mungkin juga ada banyak lagi judul-judul lain yang tidak pernah saya tonton. Juga diutamakan keluarga inti yang menurut kisah masih hidup. Bukan muncul dalam flashback maupun hasil dari perjalanan waktu yang bersifat sementara. Keluarga inti minimal terdiri dari ayah, ibu dan anak.

Clannad

Keluarga Furukawa selalu membawa senyum karena tingkah mereka yang berlebihan. Kelakuan orang tua Nagisa ada sebabnya. Saat masih bayi Nagisa pernah sakit hingga diperkirakan tidak akan selamat. Karena suatu keajaiban, dia sembuh dan tumbuh menjadi gadis remaja meski masih sedikit rapuh. Sejak saat itu Akio dan Sanae, orang tua Nagisa berusaha membuat setiap hari penuh kebahagian agar putri mereka terhibur.

Yurucamp

Nadeshiko diberkahi keluarga yang hangat. Tidak cuma kakaknya yang sayang dan perhatian dengan caranya sendiri. Keluarga Kagamihara pun ditampilkan harmonis. Ini tampak pada episode 9 anime Yurucamp ketika Nadeshiko sakit. Saat dimasakkan makanan oleh Chiaki, para keluarga justru ikutan berkumpul. Memaksa Chiaki memasak houtou untuk porsi satu keluarga.

Lucky Star

Keluarga Hiiragi adalah salah satu yang cukup ramai. Selain si kembar Tsukasa dan Kagami, mereka juga memiliki dua kakak perempuan. Ini karena ayah mereka sangat mendambakan anak laki-laki. Tapi tampaknya sudah menyerah setelah si kembar lahir. Wajar karena biaya menghidupi keluarga tidak murah. Keluarga Hiiragi cukup harmonis dan normal. Pernah ada konflik kecil antara si kakak tapi bisa selesai dalam sehari.

Knight’s and Magic

Ernesti adalah hasil reinkarnasi dari seorang karyawan penggemar robot. Cukup beruntung lahir di keluarga Echevarria yang berpengaruh. Meski tidak pernah dinyatakan secara gamblang dari keluarga bangsawan, kakeknya adalah kepala sekolah prestisius. Ayahnya adalah Knight Runner yang kompeten dan ibunya mampu menggunakan sihir dengan kemampuan di atas rata-rata. Dikelilingi oleh orang-orang berilmu dan kondisi yang optimal ditambah penggemar robot, Ernesti tumbuh menjadi remaja yang memiliki kemampuan jenius. Ayahnya sempat kaget saat Eru yang masih muda diangkat menjadi komandan unit Silver Phoenix Knight oleh raja.

Honzuki no Gekokujou

Maine adalah hasil reinkarnasi seorang gadis penggemar buku. Hidupnya terbilang malang. Selain karena dunianya yang sekarang tidak memiliki buku untuk kalangan umum, dia terlahir di keluarga rakyat jelata dengan ekonomi pas-pasan. Meski begitu ayah, ibu dan kakaknya sangat menyayangi Maine yang kesehatannya rapuh. Kondisi ekonomi mereka tidak memungkinan untuk membeli buku yang bahkan membuat bangsawan berpikir dua kali. Maine kini memiliki tujuan untuk membuat produksi buku sebanyak-banyaknya dengan biaya produksi rendah.

Joukamachi no Dandelion

Inilah keluarga paling ramai dengan anak mencapai sembilan. Empat di antaranya adalah pasangan kembar. Ada alasan kenapa sang raja, Soichiro memiliki banyak anak. Soichiro adalah anak tunggal. Saat remaja sudah yatim piatu meski belum resmi naik tahta. Pertemuannya dengan Satsuki ditambah kunjungan ke rumahnya yang mulai mengubah diri Soichiro. Sebab Satsuki memiliki banyak adik sehingga Soichiro mulai mengerti asyiknya keluarga yang ramai. Setelah menikah, bisa dibilang ini adalah upaya “balas dendam” menciptakan keluarga besar. Mungkin dia juga tidak ingin anak-anaknya merasakan kesepian.

Maou Gakuin no Futekigousha

Anos Voldigoad adalah Maou yang sangat kuat. Bosan dengan kondisi perang dia memilih untuk bereinkarnasi. Dia terlahir kembali dari pasangan Izabella dan Gusta yang merupakan ayah dan ibunya di kehidupan 2.000 tahun yang lalu. Tetapi orang tua Anos tidak memiliki ingatan dari kehidupan sebelumnya. Anos yang masih bayi langsung memberi nama dirinya sendiri. Meskipun awalnya kaget, Izabella dan Gusta tidak begitu ambil pusing. Terlebih hanya dalam satu bulan dengan kekuatan sihir, Anos sudah berwujud remaja. Mereka adalah keluarga yang ceria. Anos yang tidak pernah merasakan kehangatan keluarga di kehidupan sebelumnya karena kondisi perang menekankan pentingnya keluarga.

Oreimo

Keluarga Kousaka dikepalai oleh Daisuke yang tegas. Berbanding terbalik dengan istrinya yang bebas memberi dukungan apapun kepada kedua anaknya Kyousuke dan Kirino. Karena kepribadian Daisuke, ditambah perawakan dan kesibukan masing-masing, antar anggota keluarga hanya berbincang seperlunya saat makan malam. Mereka tidak pernah diperlihatkan misalnya santai bersama di ruang keluarga sambil menonton TV. Dengan kata lain tidak terlalu harmonis. Mungkin inilah gambaran paling dekat keluarga di perkotaan Jepang yang dijejali berbagai kesibukan. Tentunya minus kondisi brocon-siscon.

Non Non Biyori

Ichijou Hotaru adalah siswi pindahan dari Tokyo. Keluarga Ichijou pindah ke desa Asahigaoka terkait pekerjaan ayah Hotaru. Mengindikasikan si ayah adalah pegawai untuk pemerintah. Gadis berambut hitam ini digambarkan lebih dekat dan manja kepada ibunya. Si ayah sering pulang larut sehingga nyaris tidak pernah muncul kecuali di episode 12 season pertama. Saat warga sekampung mengadakan kerja bakti untuk membersihkan desa. Dilihat dari perilaku Hotaru yang manis dan sedikit manja, keluarga Ichijou membesarkannya dalam lingkungan yang harmonis.

Houkago Teibou Nisshi

Diantara judul-judul di atas, keluarga Hina Tsurugi adalah yang paling biasa. Ini memang karena kisah Houkago Teibou Nisshi adalah tentang hobi memancing. Sehingga sebisa mungkin kondisi keluarga menampilkan hal-hal yang relatif biasa, cocok dengan kisah slice of life.

Pastinya ada judul-judul yang terlewat. Bila ada yang kalian tahu bisa ikut menambahkan melalui komentar.