Pensil untuk Kreasi Anime Berhenti Diproduksi

Siapa sangka pensil untuk membuat key animasi membutuhkan produk yang spesifik. Mitsubishi Pencil hanya akan memproduksi seri 7700 warna merah mulai Juni 2021.

Animator yang belum berpindah ke sistem menggambar digital bakal kesulitan setelah Juni tahun ini. Alasan Mitsubishi Pencil menghentikan produksi 7700 warna lain menyatakan kesulitan mendapat bahan baku. Tapi dari pihak toko yang biasa menjual peralatan kantor ada yang mengaku penjualan seret akibat para arsitek bangunan sudah berpindah ke digital misalnya menggunakan CAD. Praktis yang membeli sekarang hanya mereka yang terkait dengan industri anime.

Sebetulnya seri 7700 dulu terdiri dari 12 varian warna hingga menyisakan beberapa yang paling laku. Pihak Mitsubishi Pencil sudah berusaha menghentikan produksi seri 7700 warna oranye, kuning kehijauan dan biru muda pada tahun 2015. Tapi karena kebutuhan dan desakan dari industri animasi, mereka menunda.

Kini hanya akan ada warna merah yang tersedia di seri 7700. Pensil ini menjadi pilihan karena mampu membuat garis halus yang sesuai untuk kebutuhan gambar cetak biru gedung dan animasi.

Bagi kalian yang tidak paham animasi tradisional, produksi anime di Jepang mayoritas masih menggunakan proses menggambar manual tiap frame. Yang sudah dibantu secara digital adalah proses pewarnaan dan komposisi. Inilah beberapa contoh lineart sebelum diwarnai. Bisa dilihat ada sejumlah warna yang digunakan antara lain biru, merah, dan oranye agar memudahkan pewarna digital. Kalian bisa menonton anime SHIROBAKO untuk proses yang lebih detail.

KLIK UNTUK MELIHAT GAMBAR

Sauce amhmagz.com