Amuro Membantu Kampanye Melawan Penyalahgunaan Antibiotik

Kementerian Kesehatan Jepang menggunakan pahlawan dari MS Gundam untuk melawan penyalahgunaan  antibiotik. Amuro dipilih karena namanya mirip antimicrobial resistance (AMR).

Amuro

Salah satu kalimatnya yang terkenal, “Amuro ikimasu” diganti dengan AMR taisaku ikimasu!” pada poster kampanye. Kalimat pada poster berarti tindakan balasan AMR dilakukan.

Singkatnya AMR adalah kondisi bakteri berbahaya yang menjadi kebal dengan antibiotik. Penyebabnya adalah penggunaan antibiotik yang tidak tepat dosis dan anjuran pemakaian. Biasanya ada pasien yang merasa sudah sehat berhenti meminum antibiotik. Hal ini tidak terjadi di Jepang saja. Sudah ada beberapa kejadian di negara lain yang ditemukan kasus sebuah penyakit akibat bakteri tidak bisa disembuhkan dengan antibiotik biasa.

Bila pengobatan tidak dilakukan sesuai anjuran, bisa tersisa sejumlah bakteri. Sisa-sisa ini akan mempelajari zat dalam antibiotik dan membuatnya lebih siap untuk bertahan di masa mendatang. Membuat bakteri lebih susah dikalahkan dengan antibiotik pasaran.
Sauce

Mungkin Anda juga menyukai