Hifuu Club Activity Record -Moon-

Touhou Project sudah merambah ke media anime lewat serial fan-anime buatan circle Manpuku Jinja dengan tajuk Gensou Mangekyou – The Memories of Phantasm. Sampai saat ini baru circle itu saja yang bisa mengadaptasikan Touhou ke dalam anime. Tapi kali ini muncul (circle) pesaing dari Tiongkok bernama Kyoto Fantasy Troupe yang datang dengan serial Hifuu Club Activity Record buatan mereka. Bisakah pesaing ini menyaingi Manpuku Jinja?

image host

Lunar Legends
Yukari Yakumo, youkai yang mampu mengendalikan border berencana untuk menginvasi Ibukota Bulan. Namun sebelum itu, ia harus menghilangkan border yang memisahkan Bulan dengan Ibukota Bulan yang dilindungi oleh barrier. Akhirnya ia berhasil menghilangkannya dan berhasil membuat akses ke Ibukota Bulan.

image host

Di lain tempat, Usami Renko tengah berbincang dengan Maribel Hearn, ia ingin pergi ke Bulan setelah mendengar berita pembukaan tur ke Bulan. Mendengar hal ini Maribel juga ingin ikut tur tersebut, namun ia lebih tertarik pergi ke Ibukota Bulan dengan menghilangkan border. Hal ini juga disetujui oleh Renko karena ia juga ingin menyelidiki negeri fantasi di Bulan setelah membaca legenda mengenai Ibukota Bulan yang katanya memiliki peradaban yang maju. Mereka sepakat untuk pergi ke Ibukota Bulan.

image host

Sementara di Ibukota Bulan, Houraisan Kaguya ingin sekali pergi ke Bumi setelah mendengar cerita tentang keindahan Bumi. Namun ia ditangkap oleh seseorang dan dibawa ke hadapan kaisar. Pangeran Tsuku menuduh Kaguya bahwa ia telah membuat obat keabadian dan mengajukan hukuman kepada Kaguya. Tapi pernyataan ini dibantah oleh Yagokoro Eirin karena Kaguya tidak ada sangkut pautnya dengan pembuatan obat keabadian dan mengaku bahwa ialah yang membuatnya. Testimoni Pangeran Sasarae juga menguatkan tuduhan Pangeran Tsuku terhadap Kaguya. Setelah mendengar beberapa testimoni tersebut, kaisar membuat keputusan bahwa Yagokoro Eirin dan Putri Kaguya bersalah. Namun Yagokoro Eirin tidak mendapat hukuman, sementara Putri Kaguya mendapat hukuman berupa perubahan statusnya sebagai “yang tidak murni” dan diusir dari Ibukota Bulan.

image host

Tak lama kemudian, Watatsuki no Yorihime dan Watatsuki no Toyohime membawa kabar buruk, Ibukota Bulan diserang oleh makhluk Bumi. Pangeran Tsuku menunjuk Pangeran Sasarae untuk memimpin pasukan untuk menangkal invasi ini. Pasukan invasi Ibukota Bulan yang didalangi Yakumo Yukari, berhasil sampai di Ibukota Bulan. Ibuki Suika sebagai pemimpin pasukan maju menyerbu pasukan Bulan yang dipimpin Pangeran Sasarae dan Watatsuki no Yorihime. Pertarungan kedua kubu berlangsung sengit, namun kubu Bumi mengalami kerugian yang sangat signifikan. Yakumo Yukari memerintahkan semua pasukan untuk mundur, namun dihalang oleh Watatsuki no Yorihime. Pasukan Bumi mengalami kekalahan.

image host

Dalam perjalanan pulang, Renko dan Maribel bercerita tentang kisah putri Kaguya dan obat keabadian. Percakapan mereka berlangsung intensif sampai larut malam. Kemudian, Maribel memutuskan untuk pergi ke Ibukota Bulan sekarang dan ia berhasil menghilangkan border ilusi dalam sebuah air mancur dan merekea berhasil pergi ke Bulan. Sesampainya disana, mereka menikmati suasana Bulan (dimensi yang berbeda) yang ternyata memiliki laut dan banyak pohon persik.

Untold Story of Lunar Legends
Satu lagi fan-anime Touhou Project buatan circle, dan kali ini dibuat oleh circle dari negeri tirai bambu bernama Kyoto Fantasy Troupe. Bercerita tentang kisah masa lalu Eirin dan Kaguya, Renko dan Maribel yang ingin pergi ke Bulan, dan perang pertama invasi Bulan.

Fan-anime ini mengulas lebih dalam masa lalu Kaguya dan Eirin saat masih tinggal di Bulan, alasan mereka diusir dari sana, dan perang invasi Bulan yang pertama sekaligus memperjelas kisah legenda Bulan yang tidak diungkap di game Touhou dan buku-buku Touhou-related yang menceritakan kisah Bulan. Karena membahas Bulan, circle ini juga menghadirkan kisah Usami Renko dan Maribel Hearn yang ingin pergi Bulan, dimana kisah mereka dibahas dalam catatan-catatan album soundtrack buatan ZUN berjudul Magical Astronomy (大空魔術).

Artwork dan animasi yang ditampilkan cukup bagus untuk ukuran circle, bahkan hampir sama dengan buatan studio. Karya bagus inilah yang menunjukkan bahwa dedikasi para fans Touhou Project sangat tinggi. Perang invasi Bulan juga digambarkan dengan detail dan seru untuk diikuti. Untuk bagian musik, mereka memakai BGM original ditambah dengan aransemen ulang soundtrack album Magical Astronomy, Kemudian ada 2 karakter original di fan-anime ini, mereka adalah Pangeran Tsuku dan Pangeran Sasarae. Pembuatan karakter original ini tidak asal-asalan karena bersumber dari buku Touhou seri Bougetsushou (Silent Sinner in Blue, Cage in Lunatic Runagate) dan game Imperishable Night. Kehadiran mereka disini untuk menjelaskan dan meluruskan kejadian di Ibukota Bulan yang memicu terjadinya pemberontakan Yagokoro Eirin dan perang invasi Bulan yang pertama. Watatsuki bersaudari juga hadir disini.

Meski awalnya dirilis sebagai anime bisu, untuk versi Blu-ray memiliki suara karakter. Tak tanggung-tanggung, suara karakter semuanya diisi oleh seiyuu terkenal. Sebuah langkah besar dan berani bagi circle untuk bisa menggaet para seiyuu tersebut, mengingat fee yang harus dibayar tentunya bukan main. Dari segi cerita, secara umum tidak masalah. Hanya saja karena lebih banyak bercerita, penonton mungkin akan berpikir anime ini lebih banyak “tell” daripada “show”. Terkadang apa yang diceritakan oleh Renko kepada Merry (dan juga penonton) terkait kisah putri Kaguya dan Hourai Elixir tidak relevan saat adegan mengenai Ibukota Bulan tampil.

Penonton yang belum pernah mengetahui dan mengenal Touhou Project bisa menonton fan-anime ini, karena fan-anime ini bersifat newbie-friendly bagi yang belum pernah mengenal Touhou Project. Namun apabila ingin mendalami fan-anime ini, disarankan untuk membaca buku Touhou seri Bougetsushou (Silent Sinner in Blue, Cage in Lunatic Runagate) dan memainkan game Touhou Eiyashou ~ Imperishable Night.

Characters

Usami RenkoMaribel HearnYagokoro EirinHouraisan KaguyaPangeran TsukuPangeran Sasarae
image host
Usami Renko (宇佐見 蓮子)
VA: Kitamura Eri
Gadis penganut nihilisme dan menyukai hal-hal berbau okultisme. Karena hobi ini ia dan Maribel Hearn mendirikan sebuah klub bernama Secret Sealing Club (秘封倶楽部 Hifuu Kurabu). Mendengar berita bahwa tur ke Bulan diadakan, ia sangat antusias untuk pergi ke sana. Namun Maribel mengajak Renko untuk pergi ke Bulan dengan memecahkan border. Akhirnya ia dan Maribel berhasil pergi ke Bulan.
image host
Maribel Hearn (マエリベリー・ハーン)
VA: Hanazawa Kana
Teman dekat Usami Renko yang mampu memecahkan boundary. Melihat antusiasme Renko yang ingin pergi ke Bulan, ia memutuskan untuk pergi bersama ke Bulan dengan memecahkan border yang memisahkan ilusi Bulan dan Bulan asli sekaligus menyelidiki misteri dibalik legenda Bulan. Akhirnya ia berhasil memecahkan border dan pergi ke Bulan bersama Renko.
image host
Yagokoro Eirin (八意永琳)
VA: Shimamoto Sumi
Cendekiawan Bulan yang mampu membuat segala jenis obat. Karena ia telah membuat obat keabadian dan memberikannya kepada Kaguya, ia diusir dari Ibukota Bulan dan dicap “tidak murni” oleh Kaisar Tsukuyomi. Dialah yang membawa kabur Kaguya ke Bumi (Gensokyo) dan kini mereka berdua tinggal di Eientei.
image host
Houraisan Kaguya (蓬来山輝夜)
VA: Noto Mamiko
Putri Bulan yang meminum obat keabadian. Sama seperti Yagokoro Eirin, ia juga diusir dari Ibukota Bulan. Sebelum kabur, ia dijatuhi hukuman berupa perubahan status menjadi “yang tidak murni” dan harus menjalani pengampunan dosa dengan mengadakan Reigetsusai. Dia dan Eirin berhasil kabur dari Ibukota Bulan, dan kini tinggal bersama Yagokoro Eirin di Eientei.
image host
Pangeran Tsuku (都久親王)
VA: Inoue Kazuhiko
Cendikiawan Bulan yang merupakan rival dari Yagokoro Eirin. Ia menuduh Yagokoro Eirin dan Houraisan Kaguya telah membuat obat keabadian yang dapat mencoreng nama baik Kaisar Tsukuyomi dan Ibukota Bulan.
image host
Pangeran Sasarae (細愛親王)
VA: Koyama Rikiya
Panglima tertinggi sekaligus prajurit terkuat di Ibukota Bulan. Pangeran yang merupakan sekutu Pangeran Tsuku ini memimpin pasukan Ibukota Bulan ketika pasukan dari Bumi datang menginvasi Ibukota Bulan. Terlibat perang intensif dengan Ibuki Suika dan berhasil mengusir pasukan Bumi dari Ibukota Bulan.
Yakumo YukariSaigyouji YuyukoIbuki SuikaWatatsuki no ToyohimeWatatsuki no Yorihime
image host
Yakumo Yukari (八雲紫)
VA: Inoue Kikuko
Youkai yang mampu memanipulasi boundary. Melihat Ibukota Bulan yang maju dan memiliki teknologi yang tinggi, ia berniat untuk menginvasi Ibukota Bulan demi pembaharuan dan modernisasi Gensokyo. Bersama Ibuki Suika dan Saigyouji Yuyuko, ia berhasil ke Bulan dan memicu perang invasi Bulan yang pertama. Tapi pasukan yang dibawanya mengalami kekalahan dan mundur dari Ibukota Bulan. Ia kembali lagi menginvasi Ibukota Bulan di manga Silent Sinner in Blue sebagai dalang dan menyusup ke Ibukota Bulan, namun digagalkan oleh Watatsuki no Toyohime.
image host
Saigyouji Yuyuko (西行寺幽々子)
VA : Kayano Ai
Yuurei (Hantu) yang tinggal di Hakugyokurou. Pada perang invasi Bulan yang pertama, ia bertindak sebagai penyusup. Namun melihat kekalahan pasukan Bumi, ia mengurungkan niatnya. Pada perang invasi Bulan yang kedua (Silent Sinner in Blue), ia berhasil menyusup ke kediaman Watatsuki bersaudari dan mencuri sebuah barang antik dari tempat itu.
image host
Ibuki Suika (伊吹萃香)
VA : Shimizu Ai
Oni yang suka minum sake dan agak temperamen. Ia memimpin pasukan Bumi dalam perang invasi Bulan yang pertama. Sempat terjadi pertarungan sengit dengan Pangeran Sasarae, namun ia mengalami luka parah dan menyuruh Yukari untuk mundur.
image host
Watatsuki no Toyohime (綿月豊姫)
VA: Tomatsu Haruka
Cendikiawan Bulan yang merupakan murid dari Yagokoro Eirin ini mampu mengendalikan boundary serta aliran air dan daratan. Pada perang invasi Bulan yang pertama ia berhasil menggagalkan pasukan Bumi untuk mundur. Ia juga berhasil menggagalkan rencana Yukari yang ingin menyusup ke Ibukota Bulan pada perang invasi Bulan yang kedua. Namun ia kehilangan barang antik yang dicuri oleh Yuyuko.
image host
Watatsuki no Yorihime (綿月依姫)
VA: Kawasumi Ayako
Adik dari Watatsuki no Toyohime yang mampu memanggil roh dan dewa. Bersama Pangeran Sasarae, ia berhasil menumpas pasukan Bumi di Ibukota Bulan. Pada perang invasi Bulan yang kedua, ia berhasil menggagalkan rencana invasi Reimu dkk di Laut Tenang (Laut di Bulan). Berbeda dengan kakaknya yang santai dan periang, ia sangat serius dalam segala sesuatu.

Fun Fact

image host

Kok, ada Reimu dan Marisa? Padahal mereka kan tinggal di Gensokyo yang dilindungi Great Hakurei Barrier dan terpisah dari dunia luar. Cosplayer kah? atau emang beneran mereka pergi ke dunia luar (dunia yang kita tinggali sekarang)?

scopedog0097

Touhou dan SRW fan yang suka baca literatur berbahasa Jepang

Mungkin Anda juga menyukai