Touhou Kanjuden ~ Legacy of Lunatic Kingdom

Gensokyo kedatangan makhluk dari luar angkasa! Mereka ingin mengusir seluruh penduduk Gensokyo. Mampukah empat jagoan kita menghalau invasi makhluk luar angkasa ini?

Insiden yang melibatkan para Lunarian sudah dituntaskan oleh bantuan manusia dan youkai pada game Touhou ke-8, Imperishable Night. Dilanjutkan dengan invasi Bulan kedua yang diprakarsai oleh Yukari dkk dalam Touhou Bougetsushou dan berhasil “memenangkan” invasi kali ini. Tapi urusan dengan para Lunarian masih belum selesai, karena mereka berulah kembali di Gensokyo.

null

Touhou Kanjuden (東方紺珠伝) ~ Legacy of Lunatic Kingdom adalah game Touhou Project ke-15 yang dirilis pada 14 Agustus 2015 di Comiket 88. Game ini kembali membawakan tema Bulan untuk ketiga kalinya setelah Touhou Eiyashou (東方永夜抄) ~ Imperishable Night dan Touhou Bougetsushou (東方儚月抄). Tapi kali ini yang berulah bukan dari Gensokyo, melainkan dari luar angkasa. Para Lunarian tiba-tiba datang ke Bumi dan mensterilkannya agar bisa ditinggali oleh mereka.

Tentunya para jagoan kita tak tinggal diam. Kali ini para jagoan kita dapat bantuan dari pihak Eientei yang nampaknya tahu siapa orang yang bertanggungjawab di balik insiden ini. Yagokoro Eirin menyuruh Reisen Udongein Inaba untuk membantu mereka dan menyerahkan obat spesial yang berguna dalam perjalanan mereka. Lantas, apakah obat spesial ini?

Gameplay

null
null
null
null

Legacy of Lunatic Kingdom (selanjutnya disebut LoLK) memiliki gameplay yang berbeda dengan pendahulunya karena ada penambahan banyak sistem unik. Intinya, game ini memaksimalkan penggunaan Graze (menyerempet peluru). Mari kita bahas satu persatu.

Game Mode

null

LoLK memiliki dua mode, Legacy Mode dan Pointdevice Mode. Legacy Mode adalah mode permainan biasa seperti game Touhou sebelumnya. Sementara Pointdevice Mode memiliki fitur checkpoint yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan data permainan. Jadi kalian bisa melanjutkan permainan kembali setelah selesai dengan urusan di dunia nyata, beristirahat, atau ketika kalian kalah dalam permainan.

Baik Legacy Mode maupun Pointdevice Mode, keduanya memiliki fitur checkpoint yang disebut Chapter. Di setiap Chapter, kemampuan bermain kalian akan dinilai dan sebagai hadiahnya kalian bisa mendapatkan Life Pieces atau Bomb Pieces. Perlu diingat bahwa sistem Chapter di kedua mode ini sangat berbeda dan memiliki banyak karakteristik. Untuk itu penulis akan menjelaskan keunikan Chapter ini di dua mode yang berbeda.

Legacy Mode

null

Chapter dalam mode ini hanya berguna sebagai penilai kemampuan bermain, dengan hadiah berupa Life Pieces jika kalian bermain dengan bagus. Bomb Pieces hanya didapat ketika kalian bermain dengan baik ketika melawan Boss Stage. Tapi tingkat kesusahan permainan akan bertambah sulit dan hadiah Life Pieces tergantung pada bagusnya permainan kalian, sehingga bagi yang tidak biasa dan kurang bagus refleks-nya akan kesulitan untuk bisa selamat pada mode ini. Mode ini tidak disarankan untuk pemula.

Pointdevice Mode

Chapter dalam mode ini berguna sebagai checkpoint kalian, mengingat mode ini menggunakan fitur save game. Sepanjang progress permainan, kalian bisa menyimpan progress permainan jika sudah mencapai Chapter. Tapi mode ini mengharuskan kalian untuk bisa menamatkan game secara perfect (No Miss Clear). Artinya jika kalian mati sebelum sampai Chapter berikutnya, secara otomatis kalian akan kembali ke checkpoint sebelumnya. Ini sangat berguna untuk menghapal pola serangan musuh dan juga sangat merepotkan karena setiap kali mati, Power tembakan berkurang sebanyak 0.01 poin (jika sebelum mati Power-nya 4.00, maka ketika kembali bermain akan menjadi 3.99).

null

Lalu hadiah yang akan didapat ketika sampai di Chapter berikutnya adalah Bomb Pieces, beda dengan Legacy Mode yang hadiahnya adalah Life Pieces. By the way, karena di mode ini hanya dikasih Bomb Pieces kalian harus pintar mengatur pemakaian Bomb. Ketika memasuki Chapter berikutnya, status kalian (Power, Point, Bomb) akan tersimpan jadi usahakan untuk irit karena semakin jauh progress permainan stage akan bertambah sulit. Untuk itu gunakan kelebihan “mati berulang kali” di mode ini supaya bisa menghapal peluru musuh sambil mengirit penggunaan Bomb. Mungkin kalian tidak menyadari bahwa sebenarnya mode inilah wujud asli obat spesial dari Yagokoro Eirin.

How to get best result in every Chapters?

LoLK punya sistem Chapter yang bagus namun agak ‘keras’. Sebagai hadiah jerih payah kalian akan diberikan Life Pieces atau Bomb Pieces tergantung mode yang dimainkan. Pertanyaannya, bagaimana kita mendapat hasil yang baik di setiap Chapter?

Grazing (menyerempet peluru) berperan penting dalam perhitungan bonus Life/Bomb Pieces di setiap chapter. Minimal kalian harus melakukan Graze lebih dari 200 kali. Dengan terus menerus melakukan Graze, counter graze akan terus menghitung jumlah graze dimana semakin lama melakukan graze akan semakin banyak dan cepat terhitung. Game ini memungkinkan kalian bisa graze ke peluru yang sama berulang kali.

Namun kalau graze masih belum cukup karena saking banyaknya peluru yang berkeliaran, kalian harus bisa menyapu bersih semua musuh yang berkeliaran di setiap Chapter. Shooting Down yang ditampilkan dalam jumlah persentase ini adalah seberapa mampukah kalian bisa menembak jatuh musuh di setiap Chapter. Semakin banyak musuh yang dikalahkan semakin besar pula persentase Shooting Down.

Usahakan jangan melakukan continue/retry apabila kalian bermain dalam Legacy Mode, karena ini akan memengaruhi Retry Count dalam penghitungan akhir Chapter. Retry Point bersifat pengurang yang akan mengurangi penghitungan Chapter. Jadi usahakan untuk bermain dengan hati-hati.

Characters

ReimuMarisaSanaeReisen
Hakurei Reimu (博麗霊夢)
Miko kuil Hakurei. Hitbox miliknya kecil dan Homing Shot yang berguna mengincar musuh. Rentetan jarum ketika dalam mode Focused punya damage yang tinggi.
null
Kirisame Marisa (霧雨魔理沙)
Penyihir yang tinggal di Forest of Magic. Seperti biasa, ia memiliki Power serangan yang besar dengan range yang sempit serta memiliki kecepatan gerakan yang tinggi.
null
Kochiya Sanae (東風谷早苗)
Miko kuil Moriya. Sama seperti Reimu yang memiliki Homing Shot, tapi kontrolnya agak bermasalah. Meski begitu Homing Shot miliknya bagus untuk menyerang musuh yang berkumpul sambil diam di tempat.
null

Reisen Udongein Inaba (鈴仙・優曇華院・イナバ)
Kelinci Bulan yang kini tinggal di Eientei. Bomb miliknya punya kelebihan, karena bisa mengaktifkan 3 “shield” yang sangat berguna buat hemat Bomb dan tanpa khawatir harus mati. Power serangan mirip Mrisa tapi range-nya lebih lebar.
null

Boss Stages

Stage 1Stage 2Stage 3Stage 4Stage 5Stage 6Extra Stage
*Stage 1*
Seiran (清蘭)
Kelinci Bulan. Ia merupakan anggota pasukan pengintai “Eagle Ravi” yang bertugas mengintai dan menyelidiki Gensokyo agar bisa dihuni oleh para Lunarian. Sayangnya, ia tidak dibantu sama sekali oleh anggota pasukan lain sehingga mudah dikalahkan. Ia juga mengenal Reisen.
null*/tab*
Ringo (鈴瑚)
Kelinci Bulan (lagi). Sama dengan Seiran, ia juga anggota pasukan pengintai “Eagle Ravi”. Dalam pasukan ini ia bertugas sebagai intelijen. Tapi nampaknya ia tidak menjalankan tugas dengan baik, malah bersantai-santai di Bumi.
null
Doremy Sweet (ドレミー・スイート)
Penguasa dunia mimpi. Ia merupakan youkai yang mampu menciptakan mimpi dan memakan mimpi. Moefikasi dari Baku, youkai pemakan mimpi. Atas perintah Sagume, ia menyediakan tempat evakuasi bagi para Lunarian. Ia agak terkejut ketika ia bisa melihat manusia dalam wujud asli dalam dunia mimpi saat melihat para jagoan kita.
null
Kishin Sagume (稀神サグメ)
Ia merupakan penghuni Ibukota Bulan, dan juga salah satu orang penting di sana. Ia adalah salah satu dari orang-orang penting Ibukota Bulan yang ‘mendinginkan’ Bulan dan mengevakuasi para Lunarian ke dunia mimpi. Memiliki kekuatan yang mampu membalikkan keadaan hanya dengan ucapan mulutnya. Karena kemampuan ini ia menjadi sosok pendiam. Belakangan diketahui ia juga seorang Amanojaku seperti Kijin Seija.
null
Clownpiece (クラウンピース)
Peri dari Neraka. Dia adalah bawahannya Hecatia Lapislazuli. Atas perintah Junko dan Hecatia, ia membawa seluruh teman perinya dari Neraka menyerang Ibukota Bulan dan juga sisi gelap Bulan, termasuk Laut Ketenangan. Meski dia berwujud peri tapi kekuatannya lumayan kuat, terbukti kekuatannya menyusahkan kita para jagoan dan pemain dengan Spellcard miliknya yang gila. Kostum dan aksesoris yang ia pakai penuh dengan elemen Amerika Serikat.
null
Junko (純狐)
Salah satu mastermind dalam insiden ini. Tujuan utama dia adalah untuk membalaskan dendamnya kepada Chang’e (嫦娥, dalam bahasa Jepang dibaca Jouga). Dialah yang menyerang Ibukota Bulan sehingga para Lunarian kabur untuk mencari tempat tinggal baru. Dalam insiden ini ia bersekutu dengan Hecatia Lapislazuli dan Clownpiece. Dia kembali lagi sebagai Extra Boss bersama Hecatia Lapislazuli.
null
Hecatia Lapislazuli (ヘカーティア・ラピスラズリ)
Bersama Junko, ia merupakan salah satu mastermind di insiden ini. Dia merupakan dewi Neraka. Meski punya tujuan yang sama dengan Junko, namun dia bersekutu dengan Junko karena ada maksud tersendiri. Ia bisa berubah wujud dengan menukar posisi planet yang ia pegang.
null

scopedog0097

Touhou dan SRW fan yang suka baca literatur berbahasa Jepang

Mungkin Anda juga menyukai