Toji no Miko – Si Gadis Kuil Berpedang Rasa Strike Witches

Sejak dahulu kala, manusia di berada di tengah ancaman Aradama. Dari generasi ke generasi, para Toji bertugas untuk ‘memurnikan’ para Aradama. Dilengkapi dengan pedang khas Jepang dan Kenjutsu, mereka menumpas Aradama yang mengancam kelangsungan hidup manusia. Para Toji ini dilatih di lima sekolah yang tergabung dalam sebuah pasukan anti-Aradama yang dikepalai oleh keluarga Origami yang terafiliasi dengan pihak kepolisian Jepang.

Kisah dimulai saat lima sekolah ini mengadakan turnamen tahunan. Etou Kanami dan Yanase Mai terpilih sebagai wakil dari Minoseki Academy dalam turnamen tahunan yang diadakan di kediaman keluarga Origami. Sesampainya disana, mereka bertemu dengan seorang murid dari bernama Juujou Hiyori, namun mereka tidak saling menyapa sampai Hiyori merasakan aura pada pedangnya ketika berpapasan dengan Kanami.

Turnamen akhirnya dimulai, masing-masing perwakilan sekolah bertarung menyabet gelar juara dan Toji no.1. Pertandingannya mirip dengan pertandingan Kendo pada umumnya, dimana yang berhasil mencetak Ippon terlebih dulu dialah yang menang. Kanami dan Mai pun dengan cepat melaju ke babak semifinal begitupula dengan Hiyori yang tinggal menunggu lawannya di final nanti. Semifinal terakhir mempertemukan Kanami dan Mai. Meski berat melawan rekan setim, mereka tak ragu demi gelar Toji no 1. Semifinal yang singkat ini dimenangkan oleh Etou Kanami.

Akhirnya pertandingan final pun tiba. Etou Kanami dan Juujou Hiyori bertemu demi gelar Toji no.1. Namun saat pertandingan baru saja dimulai Hiyori tiba-tiba menghilang dan menodongkan pedangnya ke arah Origami Yukari, dan berhasil digagalkan olehnya. Seketika para Elite Guard langsung menyerbu Hiyori namun dihalang oleh Kanami. Melihat kondisi yang tidak bagus, Hiyori menyeret Kanami dan kabur dari kediaman Yukari. Elite Guards dengan sigap memberikan instruksi penangkapan dua Toji pemberontak ini. Dari sinilah pengejaran Kanami dan Hiyori bermula.

First Impression Toji no Miko

Di awal cerita anime ini terlihat serius karena diawali dengan penyerangan Aradama. Kemudian dilanjutkan dengan adanya kejuaraan tarung pedang yang dihadiri oleh beberapa sekolah mirip Gakuen Toshi Asterisk. Sampai sini adegan terlihat biasa saja. Namun ketika Hiyori tiba-tiba menyerang Origami Yukari saat pertandingan baru saja dimulai dan akhirnya kabur bersama Kanami, konflik mulai berjalan.

Selama tiga episode pertama, penonton akan disuguhkan dengan tempo cerita yang agak cepat. Fokus cerita pada tiga episode tersebut adalah usaha penangkapan Hiyori dan Kanami yang dianggap sebagai pemberontak karena telah menyerang Origami Yukari. Ditambah dengan para Toji yang siap untuk menangkap mereka, suasana akan semakin menegangkan. Meski begitu, kadang diselingi hiburan tingkah laku Kanami agar tidak selalu serius.

Anime ini sangat kental dengan istilah-istilah seni beladiri pedang, mulai dari kuda-kuda sampai aliran tarung pedang itu sendiri. Setiap karakter punya style bertarung tersendiri, berdasarkan Kenjutsu di dunia nyata. Pedang setiap karakter pun menggunakan pedang Jepang mulai dari yang legendaris hingga yang dipakai para prajurit terkenal di era Sengoku.

Adegan pertarungan di sini menggunakan animasi 3D, namun penggunaannya sangat minim yang hanya muncul ketika momen tertentu atau sedang melawan Aradama. Sebagian besar pertarungan masih menggunakan animasi 2D.

Karena ini anime original, sulit untuk ditebak kemana arah cerita dari anime ini. Dari episode pertama saja sudah membuat kaget penonton dengan tindakan Hiyori dan Kanami, ditambah dengan sosok sebenarnya dari Origami Yukari. Para karakter penting juga belum bisa unjuk gigi karena fokus cerita masih pada usaha penangkapan Hiyori dan Kanami. Masih banyak misteri yang belum terungkap dan pengembangan karakter juga masih kurang.

Meski banyak menyimpan misteri, namun untuk tiga episode pertama sudah menyajikan cerita yang cukup jelas mengenai konflik cerita hingga karakter-karakter yang hadir. Setidaknya di awal sudah dijelaskan mengenai apa saja yang terjadi serta keahlian para Toji yang memukau. Anime ini cocok untuk kalian yang suka aksi bertempo cepat dan pertarungan pedang.

Karakter Toji no Miko

Klik masing-masing (+) di setiap karakter.

Origami Yukari | Seto Asami

scopedog0097

Touhou dan SRW fan yang suka baca literatur berbahasa Jepang

Mungkin Anda juga menyukai