Manga Time Kirara – Dahulu hingga Sekarang

Manga Time Kirara adalah produk majalah manga bulanan yang diterbitkan Houbunsha. Inilah judul-judul yang sudah diadaptasi ke dalam layar kaca.

Awalnya hanya ada satu majalah utama yaitu Manga Time Kirara. Manga yang terbit di majalah ini adalah jenis 4koma atau empat kotak panel. Pada awal-awal rilis lebih sering menerbitkan manga genre komedi ringan. Namun belakangan ini Manga Time Kirara dikenal sebagai rumah untuk manga dengan genre slice of life.

Houbunsha lalu membuat majalah turunan yang masih dalam brand Manga Time Kirara yaitu Carat, Forward , Max dan Miracle. Pada Carat dan Max lebih sering digunakan untuk 4koma komedi dan slice of life. Sedangkan Forward dan Miracle untuk genre lainnya seperti romansa atau aksi. Sayangnya Miracle baru saja dihentikan akhir Desember 2017 akibat penjualan kurang memuaskan. Sejumlah manga yang masih berlanjut dipindah ke Forward.

Walau ada empat majalah berbeda, ciri khas yang dipertahankan adalah menggunakan karakter utama gadis remaja. Bila mereka memiliki grup, jumlahnya mulai tiga hingga lima orang.

Inilah judul-judul dari Manga Time Kirara yang telah menuju layar kaca hingga awal Januari 2018. Tidak semuanya bagus. Ada yang sukses besar, ada pula yang langsung dilupakan setelah usai.

Bila ada judul yang terlewatkan, silahkan tinggalkan komentar.