5 Anime dengan Jumlah Penayangan Terlama

Dari judul, mungkin beberapa pembaca menduga Doraemon adalah salah satu anime yang terus tayang. Namun ini kurang tepat. Karena Doraemon sempat hiatus dan mendapat produksi remake. Artinya cerita tetap sama dengan kualitas produksi lebih baik. Sedangkan lima judul di bawah ini belum putus terlalu lama.

Tentu saja anime macam ini ditargetkan untuk penonton keluarga. Animasinya tidak ada yang spesial. Maka dari itu jangan berharap ada membuat subtitle. Sebab penonton di luar Jepang umumnya tidak akan berminat dengan judul seperti ini.

SAZAE-SAN

Kali pertama tayang:  5 Oktober 1969

Jumlah episode: lebih dari 7.540

Berdasarkan manga karya Machiko Hasegawa terbitan tahun 1946. Dia adalah salah satu manga-ka perempuan pertama. Membuat karakter Sazae-san yang progresif  dan mendobrak sterotip ibu-ibu. Kurang lebih mirip Kartini. Secara keseluruhan kisah komedi tentang keluarga Sazae-san sambil menyentil isu-isu yang sedang hangat di Jepang.

Anime yang jumlahnya mencapai 7000 episode lebih, hanya berdurasi sekitar 8 menit setiap minggu. Juga memegang rekor dunia Guinness World Record sebagai seri animasi yang tayang di TV paling lama sekaligus naskah paling panjang.

NINTAMA RANTARŌ

Kali pertama tayang: 10 April 1993

Jumlah episode: 2.017

Mengisahkan Rantarou Inadera yang berambisi menjadi ninja terbaik. Tapi dia sulit konsentrasi belajar dan sering bermain dengan teman-temannya. Tidak tanggung-tanggung, sudah 25 season berlalu tapi masih belum lulus sekolah ninja.

OJARUMARU

Kali pertama tayang: 5 October 5, 1998

Jumlah episode: 1.677

Diangkat dari manga terbitan tahun 1993 yang berhenti pada 2006. Anehnya anime masih tayang hingga sekarang. Menceritakan pangeran berusia lima tahun dari masa Heian yang tidak sengaja berpindah masa ke Jepang modern setelah mencuri sebuah tongkat misterius.

SOREIKE! ANPANMAN

Kali pertama tayang: 3 Oktober 1988

Jumlah episode: 1.399

Bermula dari buku cerita karya Takashi Yanase terbitan 1973. Superhero berwujud roti anpan berperang melawan bakteri jahat, Baikinman. Anpanman tidak butuh makan dan minum. Bahkan di sejumlah cerita, dia membagikan sebagian kepalanya yang terbuat dari anpan untuk dimakan. Kepalanya hanya akan diganti Uncle Jam dengan roti anpan baru. Sekarang penonton yang tua lebih memilih menonton One Punch Man.

CHIBI MARUKO-CHAN

Kali pertama tayang: 7 Januari 1990

Jumlah episode: 1.143

Berdasarkan manga shoujo karya Momoka Sakura menceritakan gadis bernama Momoko Sakura. Ya, tidak salah baca karena nama karakter utama di seri ini berdasarkan nama pengarang. Meski akhirnya dia lebih sering dipanggil dengan nama panggilan Maruko-chan. Menceritakan kehidupan sehari-hari Maruko bersama keluarganya. Penayangan pertama pada tahun 1990 harus berakhir pada tahun 1992 dengan total 142 episode. Dibuat ulang pada 1995 yang episodenya mencapai 1000 lebih dan masih berlanjut.