Sugoi! Insiden Kemono Friends Diceritakan Ulang Melalui Last Period

Anime Last Period sebetulnya diproduksi untuk mempromosikan mobage dengan judul yang sama. Namun anime ini justru banyak menggunakan meta joke. Salah satunya Kemono Friends dalam episode ketujuh.

Bagi yang tidak mengikuti berita Kemono Friends, versi singkatnya adalah:

Kadokawa yang memberikan pendanaan produksi Kemono Friends, awalnya tidak menuntut terlalu banyak karena menganggap seri ini bakal gagal. Namun setelah kesuksesan luar biasa ditambah ada masalah dengan episode ekstra, Kadokawa berusaha bernegosiasi ulang dengan Tatsuki. Negosiasi ini dikabarkan gagal dan membuat kedua pihak kesal. Ujungnya sutradara Tatsuki dikeluarkan Kadokawa untuk keterlibatan proyek Kemono Friends berikutnya. Kabar ini tersebar di dunia maya dan membuat penggemar Kemono Friends tidak terima.

Sugoiii!!! Tanoshii!!!

Last Period episode ketujuh menceritakan Haru dkk mengujungi kampung halaman Gajeru di Animal Real. Mari dipercepat saat mereka dipandu berjalan-jalan oleh Yumiru (simbolisasi Tatsuki). Dia adalah pemandu paling berpengalaman dan dipercaya di kota tersebut. Mereka melakukan sejumlah perjalanan yang mengingatkan seri Kemono Friends.

Masalah muncul saat walikota (Kadokawa) tersebut berusaha memberhentikan Yumiru. Meskipun Yumiru suka dengan pekerjaannya, dia tampak pasrah. Namun Haru tidak menyerah dan mengajak ratusan penduduk kota (penggemar Kemono Friends) untuk memprotes keputusan walikota.

Pada bagian ini adalah tentang ajakan petisi di change.org.

Raja dari Animal Realm pun akhirnya campur tangan untuk mengingatkan walikota bahwa perlu mendengar permintaan warga. Walikota pun mengakui kesalahannya dan memperjelas maksud dia mengambil keputusan tersebut. Semuanya berakhir dengan bahagia.

Choco pun menimpali andai kenyataan seindah cerita. Ini terkait dengan Tatsuki dan Kadokawa mendapatkan akhir yang buruk.

Kisah dalam Last Period episode tujuh ini termasuk beresiko tinggi. Sebab J.C. Staff juga masih tergantung dengan Kadokawa terutama untuk pendanaan Toaru Majutsu no Index season 3. Namun staf produksi tampaknya ingin menyentil, mengingatkan sedikit Kadokawa. Intinya mereka jangan terlalu mengekang atau mengambil banyak dari para kreator bila tidak ingin ditinggal lari.

Review singkat Last Period

Bagi kalian yang suka komedi memanfaatkan meta jokes, cobalah Last Period. Komedinya sering mengambil referensi dari judul lain. Untuk penggemar anime baru dengan pengalaman kurang dari dua tahun bakalan susah mencerna. Namun bila sudah mengincip anime rutin ditambah game selama 10 tahun, akan banyak momen “Aha!”