Gedung Kyoto Animation Kebakaran [Update 19.21 | Semua Korban Jiwa Ditemukan]

Saat berita ini ditulis, setidaknya tujuh hingga delapan orang terluka. Namun belum ada rilis nama-nama korban.

Gedung ini merupakan bangunan pertama sekaligus salah satu studio Kyoto Animation. Mereka juga telah memiliki gedung di lokasi lain.

https://twitter.com/mipyong1/status/1151673532973064192

Menurut berita yang dirilis NHK, kebakaran terjadi pukul 10.30 JST. Kepolisian setempat sudah mengamankan salah satu orang mencurigakan yang diduga menuangkan bahan bakar dan menyulut api. Hingga saat pukul 11.00 JST, proses pemadaman masih terus dilakukan.

Informasi kerugian material belum diketahui. Selain itu besar kemungkinan bakal berdampak pada jadwal rilis anime movie yang akan tayang pada tahun 2020. Foto gedung sebelum terbakar.

Update 11.00

Atau pukul 13.00 JST, situs NHK meneruskan informasi dari kepolisian sudah ada beberapa korban jiwa. Sumber The Mainichi Shimbun menyampaikan 38 orang terluka, 10 orang perlu mendapat perawatan serius. Nama-nama korban belum dirilis. Pelaku yang diamankan berumur 40an tahun.

Update 13.15

Atau pukul 15.15 JST, situs Mainichi menuliskan ada 20 orang yang belum dipastikan keberadaannya. Dalam artian bisa jadi korban yang terjebak dalam gedung atau memang sedang tidak ada di kantor dan belum melapor. Melalui cuitan produser musik Suguru Yamaguchi, sutradara Naoko Yamada (sutradara untuk K-ON, Koe no Katachi, Tamako Market) dipastikan selamat. Kejadian ini juga membuat kantor berita Reuters ikut mewartakan.

Update 13.50

Situs The Guardian melaporkan setidaknya 12 orang meninggal. Ini dikonfirmasi oleh humas damkar Kyoto, Satoshi Fujiwara. Sebelum dibakar, menurut penuturan saksi kurang lebih ada 70 orang sedang berada di dalam gedung.

Update 17:58

Atau pukul 19.58 JST, api sudah berhasil dipadamkan. Polisi juga telah memastikan korban jiwa sebanyak 25 orang. Nama korban atau posisi staff belum diumumkan.

Petugas damkar menemukan satu orang di lantai pertama. Lalu ada 11 orang terperangkap di lantai kedua. Sedangkan sisanya di lantai ketiga dan atap diduga tewas akibat asap tebal. Jumlah ini masih bisa bertambah karena sebelumnya diberitakan 10 orang menderita luka kritis. Meski tidak dijelaskan mereka menderita luka bakar tingkat berapa.

Presdir Hideaki Hatta menyatakan kantornya telah mendapatkan berbagai jenis ancaman pembunuhan sejak tahun lalu. Tapi sepertinya Hideaki tidak terlalu ambil pusing ataupun memperketat penjagaan.

Hal yang paling mencengangkan, si pelaku diberitakan berhasil membawa bahan bakar diperkirakan 40 liter atau setara dua galon besar air mineral di sekitar gedung. Bagian dalam kantor Kyoto Animation dilahap habis dan menyisakan asap jelaga dari bahan bakar tersebut.

Update 19.21

Atau pukul 21.21 JST, pihak damkar kota Kyoto memberikan keterangan pada NHK total ada 33 korban jiwa. Terdapat 12 jenazah laki-laki, 20 perempuan dan satu belum bisa diidentifikasi jenis kelaminnya sebelum otopsi lebih lanjut. Perlu diketahui, Kyoto Animation adalah studio animasi yang banyak yang memperkerjakan animator perempuan. Pihak damkar telah menyelesaikan proses pencarian dan juga telah mengkonfirmasi di dalam gedung sudah tidak ditemukan siapapun lagi.

 

Kyoto Animation atau juga disebut oleh fans dengan KyoAni, telah memproduksi sejumlah anime. Awalnya sempat membantu Sunrise memproduksi Inuyasha. Kemudian Full Metal Panic menambah pengalaman mereka. Akhirnya adaptasi Suzumiya Haruhi no Yuutsu melambungkan nama studio ini.

Sejak anime renang original Free! rilis pada 2013, KyoAni makin rajin membuat adaptasi tanpa tergantung kontrak dari pihak lain semisal Kadokawa. Inilah beberapa karakter utama produksi Kyoto Animation yang tidak terikat pihak lain.

Sauce

2 Respon

  1. Arie Prasetya berkata:

    anime movie 2020 apa itu min yg dimaksud???