Maou Gakuin no Futekigousha – Menundukkan Lawan, Kawan Hingga Takdir

Apa jadinya bila seorang Maou yang sakti mandraguna sudah lelah berperang? Anos Voldigoad menemukan jawabannya. Dia bereinkarnasi ke masa damai. Tapi benarkah alasannya cuma itu?

Umat manusia dibantu ras spirit dan dewa memerangi ras iblis. Menurut Anos, mereka percaya dengan mengalahkan ras iblis akan membawa kedamaian dunia. Namun Anos yang juga berusaha mempertahankan wilayah dan keselamatan kaumnya memiliki pandangan lain. Maou ini pun memberikan tawaran mencengangkan kepada pahlawan Kanon. Yaitu membuat dinding sihir yang memisahkan wilayah masing-masing ras. Untuk mengaktifkan sihir ini harus dibayar dengan nyawa Maou. Tentu saja Anos juga telah mempersiapkan diri untuk bereinkarnasi tepatnya ke masa 2.000 tahun mendatang saat masa sudah damai. Dinding sihir pun akhirnya aktif setelah Kanon menghujam pedangnya ke jantung Anos.

Lahir dari pasangan Gusta dan Izabella, Anos yang masih bayi langsung menamai dirinya sendiri. Hanya dalam waktu sebulan dengan kekuatan sihir Anos sudah berwujud remaja. Dia diundang ke Demon King Academy yang memiliki tujuan untuk menemukan hasil reinkarnasi Maou. Anos pun berusaha kembali menduduki tahta Maou melalui jalur resmi. Sembari menyelidiki kenapa kaumnya menjadi lemah dan melupakan nama Maou yang sebenarnya.

Junk Food Pun Ada yang Sedap Dimakan

Apakah pembaca pernah makan junk food seperti fried chicken, french fries, maupun burger? Makanan ini disebut junk food akibat gizi tak berimbang. Biasanya terlalu banyak kandungan garam dan minyak. Walau begitu junk food banyak peminatnya karena rasanya enak. Tentu saja tidak semua enak, apalagi beberapa kaki lima yang asal goreng. Maou Gakuin no Futekigousha adalah salah satu junk food yang sedap ditonton.

Diawali dengan kisah pembuka yang cukup biasa. Ada karakter utama yang sangat kuat di luar nalar. Didampingi dua gadis (nantinya bertambah) yang sangat berpotensi menarik perhatian penggemar anime. Bagaimana gambaran kekuatan Anos? Andaikan dia bersin tak terkendali bisa menghancurkan suatu wilayah dengan mudah. Untuk penggemar karakter dari zero menuju hero mungkin ada yang alergi dengan jenis seperti ini. Tidak ada perjuangan karena karakter utama sudah sangat kuat dari awal.

Sejak awal kisah power fantasy memang tidak menarget pembaca/penonton yang suka melihat perjuangan karakter. Melainkan untuk orang-orang yang penasaran bagaimana kuatnya karakter bisa mengacaukan keadaan di sekitarnya. Bisa dianalogikan dengan game dengan fungsi cheat tertanam misalnya seri Grand Theft Auto. Dari zaman PS2 hingga PS4 selalu ada cheat yang memang sudah ada di dalam game tersebut. Pemain bisa memanfaatkan cheat untuk memaksimalkan kesenangan saat bermain.

Maou yang sangat sakti pun nyaris tak berdaya untuk menghentikan perang berkepanjangan. Satu-satunya cara adalah mendirikan tembok sihir untuk memisahkan ras. Dalam versi anime tidak dijelaskan dengan detail bahwa tembok sihir tersebut hanya berdiri selama 1.000 tahun dengan harapan dendam antar ras mereda dan perang berhenti. Hal ini memang terwujud 2.000 tahun sesudahnya. Bahkan saking damainya, pernikahan antar ras menjadi hal biasa. Kekuatan sihir menurun akibat jarang digunakan sebagai alat perang.

Tidak selamanya berjalan mulus karena rasisme juga muncul di dunia ini. Salah satunya sekolompok ras iblis yang berusaha mempertahankan keturunan murni dan memandang rendah ras campuran yang disebut hybrid. Secara tidak langsung penulis LN menyentil permasalahan dunia nyata yang memang ada rasisme hingga kini.

Bekerja Keras Meski Dikepung Pandemi

SILVER LINK. memproduksi animasi Maou Gakuin no Futekigousha dengan arahan sutradara Shin Oonuma. Pada musim sebelumnya dia menangani Bofuri yang ramai diperbincangkan melalui jagad maya. Dia juga pernah menjadi sutradara Death March dan Rokujyōma no Shinryakusha!? Dengan kata lain sutradara ini memang kompeten untuk mengurus kisah yang memiliki unsur fantasi berbumbu komedi. Proses eksekusi memperlihatkan betapa kuatnya karakter juga penting. Beberapa adaptasi anime yang menampilkan karakter dengan kekuatan cheat gagal menunjukkan sesuatu yang menarik. Berkat arahan Shin Oonuma, seri ini menjadi lebih menghibur saat ditonton. Bahkan bagi penggemar anime yang tidak familiar dengan sumber LN asli.

Tidak jauh berbeda dengan adaptasi LN lain, kena pangkas di sana-sini terutama penjelasan detail. Mereka mengutamakan segera menampilkan aksi. Animasi pertempuran garapan SILVER LINK. yang juga menangani Prisma Illya terbilang bagus. Memang tidak begitu spesial, tapi perlu diingat mereka sempat menunda penayangan seri ini akibat pandemi. Jadi hasil garapan animator meski bekerja di rumah sudah termasuk bagus.

Desain geometri lingkaran sihir juga menarik untuk diperhatikan. Mungkin tidak untuk semua orang, tapi menurut saya desain lingkaran sihir di seri ini terlihat cantik. Beberapa penggunaan CG-nya pun mampu membaur dengan animasi utama.

Sebelum tayang saya sempat membaca beberapa komentar yang kecewa model karakter berbeda dengan versi manga. Justru sebaliknya, model desain anime berusaha semirip mungkin dengan garapan ilustrator Yoshinori Shizuma. Dia sebelumnya juga menggarap desain sejumlah gadis kapal di Kancolle, LN Zero kara Hajimeru Mahou no Sho, dan mobage Toji no Miko. Sehingga desainer karakter Kazuyuki Yamayoshi memiliki banyak referensi untuk membuat versi anime Maou Gakuin semirip ilustrasi Yoshinori Shizuma.

Versi manga saya rasa justru kurang garang. Anos tidak terlihat memiliki kharisma. Di versi anime pandangan matanya sering tajam dengan mimik percaya diri. Seiyuu yang dipilih pun makin menonjolkan betapa Anos memiliki pesona yang bisa membuat lawan iri atau tunduk.

Hingga episode terbaru kualitas visual tidak mengalami penurunan atau yang biasa disebut QUALITY. Model karakter masih stabil. Penonton yang suka dengan desain karakter bisa bernapas lega karena banyak yang imut di seri ini.

Power Fantasy dengan Sentuhan Keluarga

Hal yang membuat Anos sedikit berbeda dengan Maou dari seri lain adalah dia memiliki keluarga di reinkarnasi terkini. Bagi Anos ini adalah sebuah pengalaman baru. Di anime saat bersama keluarga Anos cenderung tenang tanpa menunjukkan rasa senang berlebihan maupun penolakan. Dia tak ambil pusing saat ibunya Izabella dan ayahnya Gusta berusaha memanjakan dan membanggakannya. Namun jangan sampai mencelakakan anggota keluarga Anos. Karena bisa fatal akibatnya. Bukannya mendapat kematian yang cepat dan sekali, justru bisa mendapat siksa dunia berulang kali.

Interaksi karakter juga menjadi hal yang menyenangkan di sini. Anos bukan tipe karakter yang malu-malu berbincang dengan lawan jenis. Bahkan di hari pertama usai sekolah membawa Misha ke rumahnya. Tentu saja dikenalkan kepada ayah ibunya. Selanjutnya Sasha, disusul Ray dan Misa. Nanti masih ada tambahan. Keluarga Anos yang selalu ceria juga senang menerima dengan terbuka teman-teman barunya. Bahkan mengajak makan bersama.

Bila didefinisikan secara singkat, Anos adalah jenis alpha male yang masih menghargai perempuan dan orang tua. Bagi saya sulit untuk tidak suka karakter utama dengan kepribadian seperti Anos.

Anos berusaha sebaik mungkin hidup normal. Tujuannya menjadi Maou mungkin sisa janji dengan para bawahannya bahwa dia akan kembali setelah 2.000 tahun. Ini juga menunjukkan bahwa Maou pun tidak sepenuhnya sakti. Meski Anos memiliki sihir yang bisa memanipulasi waktu, dia tidak menduga ada yang berhasil mengubah informasi nama Maou. Perjalanannya kembali ke tahta akan dihalangi berbagai elemen terutama dari ras murni yang tak ingin ras hybrid menjadi Maou.

Kesimpulan

Sebelum tayang, awalnya saya tidak menaruh banyak harapan terhadap seri ini. Tapi arahan sutradara Shin Oonuma benar-benar patut diacungi jempol. Tiap episode baru justru makin penasaran kelucuan apa yang akan terjadi saat Anos mengurai permasalahan. Maou Gakuin no Futekigousha sejatinya adalah seri yang sangat menghibur. Kalian jangan terkecoh dengan bagian awal maupun sinopsis yang terasa biasa. Kuatkan menonton hingga episode ketiga. Bila berhasil merasa gembira, lanjutkan hingga akhir. Tidak ada salahnya menonton karakter utama yang kuat. Selama eksekusinya benar dan membuat penonton senang, berarti anime ini sudah menjalankan salah satu fungsinya yaitu memberikan hiburan.