Neo Yokio – Anime Original Netflix Tayang 22 September

Neo Yokio, adalah satu lagi judul anime yang diumumkan oleh raksasa streaming film Netflix. Rencananya anime produksi Production I.G. dan Studio DEEN ini sudah bisa ditonton mulai 22 September 2017.  Jika 12 lebih anime yang disiapkan Netflix selama satu tahun ke depan masih kurang untukmu, maka kemunculan tiba-tiba dari Neo Yokio ini akan jadi berita bagus untukmu. Mungkin.

neo yokio

Melihat staf dan kru yang menukanginya, Neo Yokio nampak cukup misterius. Furuhashi Kazuhiro (Gundam Unicorn, Hunter X Hunter) dan Nishimura Junji (Ranma 1/2, Urusei Yatsura) didapuk sebagai perancang storyboard. Ngomong-ngomong, Neo Yokio sendiri adalah buah karya dari Ezra Koenig, vokalis-gitaris dari band Vampire Weekend. Nick Weidenfeld (Axe Cop, Major Lazer) bertindak sebagai produser eksekutif dan penulis naskah. Lebih dari itu? Belum ada info lain.

Namun menarik sekali jika kita melihat siapa saja seiyuu yang terlibat. Setengah dari daftar adalah nama-nama besar dalam kancah perfilman Hollywood. Lihat saja ada Jaden Smith (The Pursuit of Happyness, The Karate Kid) sebagai Kaz Kaan. Kemudian ada Jude Law (Sherlock Holmes, Enemy at the Gates) sebagai Charles. Lalu Susan Sarandon (Speed Racer, Thelma & Louise) sebagai Agatha. Seiyuu lain yang terlibat ada Tavi Gevinson, Jason Schwartzman, Desus Nice, The Kid Mero, Richard Ayoade, Ike Barinholtz, Steve Buscemi, Alexa Chung, Stephen Fry, Katy Mixon, Annet Mahendru, Kiernan Shipka, Amanda Stenberg, hingga adik Jaden sendiri yaitu Willow Smith. Kalau sudah begini, apa Will Smith juga bakal tampil ya?

neo-yokio-netflix

Kaz Kaan – Sarjana nyambi pembasmi setan (Pic: Netflix)

Neo Yokio sendiri adalah nama kota yang menjadi pusat perkembangan seni dan ekonomi. Kota ini menjadi tempat bertemunya berbagai jenis kebudayaan dan suku bangsa di AMerika Serikat. Tokoh utama kita adalah Kaz Kaan (Smith), anak termuda dari keluarga pembasmi setan. Kaz tidak peduli dengan aktivitas berburu setan tersebut. Ia lebih suka belanja, main hoki, dan tenggelam dalam patah hati. Jikalau harus membasmi setan pun, hanya setan kecil-kecilan dan itu pun setelah dipaksa bibinya Agatha (Sarandon). Kaz lebih nyaman bersama dengan gengnya, si butler robot Charles (Law) serta dua sohibnya Lexy (Mero) dan Gottlieb (Desus). Hidup Kaz pun bukannya tanpa ketegangan karena ia acap kali bersitegang dengan rival Arcangelo Corelli (Schwartzman). Hari-hari damai Kaz terancam setelah ia bersinggungan dengan mantan blogger fashion Helena St. Tessero (Gevinson).

neo-yokio-trailer

“Unik” dalam berbagai arti. (Pic: Netflix)

Buat saya, kesan awal dari anime ini nampak… unik. Neo Yokio merupakan anime produksi Jepang, namun rasa Amerika-nya jauh lebih kuat. Dia tidak seperti Avatar yang memang mengincar feel dan look khas anime sejak awal, namun gaya anime sendiri hanya menjadi medium untuk menyampaikan cerita yang dirumuskan Koenig dan Weidenfeld. Coba ingat-ingat berbagai seri anime, manga atau kartun yang membaurkan nilai-nilai antara Jepang dan Amerika: Puffy AmiYumi Show, Teen Titans, Kappa Mikey, Powerpuff Girls Z, Princess Ai, Incarnate, dan seterusnya…

Lebih unik lagi jika kamu tonton saja trailernya sendiri.

Sudah? Oke, coba amati beberapa dialog dari Kaz. Kadang ia mengutarakan kalimat-kalimat bermakna abstrak seperti “I told you to clear my schedule. I’m grieving the death of a relationship,” atau “Win, lose, we’ll all be equal in the grave.” Dialog-dialog seperti ini nampak cocok dengan kepribadian Jaden yang filosofis. Akun Twitter Jaden adalah tempat yang tepat jika kamu ingin menyelami pikiran Jaden, atau hanya sekedar butuh bahan kontemplasi.

Nampaknya akan sangat menarik melihat kemana Koenig akan membawa Neo Yokio. Ingat, Neo Yokio bisa ditonton di Netflix mulai 22 September 2017.

Sauce

mcatrane

INFP-T, siang di Bandung malam di Tenggarong

Mungkin Anda juga menyukai