[Review] Big Boi – Kill Jill (feat. Killer Mike, Jeezy, HATSUNE MIKU!)

big-boi-kill-jill-song-1492785410-compressed

KILL JILL (2017)
BIG BOI (FEAT KILLER MIKE, JEEZY)

Serial: Vocaloid, Madden NFL
Komposer, Aransemen: Antwan Patton, Ray Murray, Kristopher Bailey, Tobias Thomas, Aura Qualic, Shelton Oliver, Milton Poole III, Sarah Johnson, Masspike Miles, Hollis Mason, Michael Render, Jay Jenkins
Vokalis: Antwan Patton, Michael Render, Jay Jenkins
Genre: Hip-hop, Trap
Label: Epic

Vocaloid sekali lagi tampil di pelataran musik Amerika. Lebih spesifik, Hatsune Miku sekali lagi tampil di pelataran musik Amerika. Jika tur Amerika masih dirasa kurang, bagaimana jika Hatsune Miku tampil dalam produksi lagu hip-hop?

21 April 2017, fans Vocaloid dikejutkan dengan hadirnya suara Hatsune Miku dalam lagu Kill Jill, single kedua milik rapper Big Boi untuk album Boomiverse. Rasa-rasanya respon yang cukup membludak untuk Kill Jill bisa dbilang wajar. Kita bicara soal Big Boi, rapper yang membentuk separuh dari duo Outkast. Big Boi dan Andre 3000 menjadi otak dibalik berbagai tembang hit Outkast seperti Hey Ya! dan Ms. Jackson. Masa-masa SMP saya sebagian dihabiskan mendengarkan dua lagu kece tersebut. Good times…

50% Fresh?

Sebenarnya agak disayangkan juga begitu tahu jika suara Hatsune Miku di sini hanya menjadi sample suara yang di-loop dari awal sampai akhir. Tapi hei, lebih baik daripada muncul sekilas saja kan? Suara Miku sendiri diambil dari lagu DATA 2.0 dari Aura Qualic. Saya mengapresiasi Big Boi yang menaruh namanya dalam credit. Artinya sample suara Miku yang di-tune Aura Qualic dihargai dengan sepantasnya.

Mencoba untuk memplesetkan film Kill Bill, dari awal saja kita sudah bisa memahami bahwa Big Boi hendak mengambil estetika Jepang dalam Kill Jill dan memolesnya dengan unsur hip-hop Amerika. Bagian yang diambil dari lagu DATA 2.0 terasa tepat, dimana di sini Miku bernyanyi dengan somber. Liriknya juga nggak neko-neko, dalam artian terjemahan bahasa Inggrisnya cukup normal. No cutesy sh*t.

Dalam single ini, Big Boi menggandeng dua rapper lain, yaitu Killer Mike dan Jeezy (bukan Yeezy!). Dengan empat suara dalam Kill Jill, uniknya tak ada yang begitu menonjol. Ketiga rapper saling bergantian membawakan verse andalan mereka. Sementara Miku, walaupun terelegasikan sebagai vokal backing yang di-chop sedemikian rupa, masih tetap terdengar menonjol. After all, siapa yang tak bisa memalingkan perhatiannya pada suara melengking yang khas itu.

Bacon-wrapped Hot Doggu

Hal lucu tampil di bagian akhir lagu, saat Big Boi mengambil alih kembali dengan rima-rimanya. Jika kamu menonton video klipnya, di bagian itu Big Boi tengah mengendarai Bentley tap terbuka bersama seorang gadis dengan rambut biru yang dikuncir dua. Rambut si gadis kemudian tersibak, tertiup angin yang berembus bebas di dalam kabin. Bentangan rambut yang dirender dengan CG tersebut sangat mengingatkan dengan iklan Toyota Corolla yang dibintangi Hatsune Miku, dimana twintail panjangnya menyembul dari balik jendela dan tertiup angin.

Sekedar mengingatkan, Toyota merilis Corolla edisi 2011 di Amerika Serikat dengan menggandeng Hatsune Miku sebagai brand ambassador. Hal yang cukup aneh memang saat itu, dimana skena Vocaloid di Amerika belum sebesar sekarang ini. Apalagi jika melihat materi promo lainnya… Ya Tuhan, tolong jangan ingatkan saya dengan hot dog bacon. Jangan-YOU WANNA BACON WRAPPED HOT DOG??? UHHH UHHH!!!

BACON WRAPPED HOTDOGGU

Ehm… Mulai dari hot dog hingga membuka tur Lady Gaga dan menjalani tur Amerikanya sendiri, petualangan Hatsune Miku di Amerika semakin aneh dengan muncul di lagu milik Big Boi. Nantikan Miku’s Bizarre Adventure episode selanjutnya di Amerika! Kill Jill, sekali lagi, merupakan bagian dari album Boomiverse. Artinya Miku boleh berbangga namanya sejajar dengan Adam Levine, Snoop Dogg, Gucci Mane, dan nama-nama besar lainnya. Saya ingin tahu bagaimana nanti kolaborasi antara Miku dan Snoop Dogg, mungkin akan dinamakan Eat Leek Everyday.

mcatrane

INFP-T, siang di Bandung malam di Tenggarong

Mungkin Anda juga menyukai