Dorabase – Ketika Doraemon Ikut Bermain Baseball

Simak perjuangan para robot kucing yang suka Baseball di abad 22 yang futuristik dan penuh komedi serta aura shonen. Ada Doraemonnya juga lho.

Dorabase

Di abad 22, dunia mengalami perkembangan sangat pesat. Namun ada juga yang tidak berubah, salah satunya adalah Baseball. Peraturannya tak banyak berubah, begitupula dengan dengan keseruan permainannya. Tapi yang berbeda dari Baseball pada umumnya hanyalah satu. Selama pertandingan, dibolehkan menggunakan alat ajaib sebanyak 3 kali untuk menciptakan permainan yang lebih strategis dan menegangkan.

Kuroemon, seekor robot kucing yang tengah menonton pertandingan baseball kembali disibukkan dengan tugas pengiriman barang, dan tentunya pertandingan baseball. Bersama sahabat dekatnya, Hiroshi, ia kembali mengantar barang ke berbagai tempat. Setelah tugas tersebut berhasil dilaksanakan, kini saatnya mereka berdua bertanding melawan tim baseball yang telah membuat mereka menahan malu dan gigit jari berkali-kali.

Kuroemon dan Hiroshi yang tergabung dalam tim baseball Edogawa Dora’s lagi-lagi berada di ujung tanduk ketika melawan musuh besarnya, Monga’s yang telah membuat mereka kalah sebanyak 98 kali berturut-turut. Doraemon selaku pitcher juga kewalahan karena bola yang dilemparnya sering dipukul hingga keluar lapangan, hal ini juga diperparah dengan para anggota Dora’s yang tidak kompak saat bermain.

Alhasil, mereka kembali mengalami kekalahan sekaligus menambah jumlah kekalahan menjadi 99 kali. Kuroemon yang geram melihat keadaan ini langsung memarahi seluruh anggota Dora’s yang menganggap baseball hanya untuk bersenang-senang. Saat itu pula, Kuroemon berjanji akan membubarkan Dora’s. Para anggota Dora’s pun langsung membubarkan diri karena ada urusan masing-masing dan menolak ajakan Hiroshi untuk menjalani latihan.

null

Doraemon sangat menyesali keputusan Kuroemon namun ia tidak mau Dora’s bubar. Doraemon bersedia membantu Kuroemon dalam latihan kali ini. Tapi sepertinya hal itu tidak mungkin karena ia mendengar tangisan Nobita dalam televisi waktu. Tanpa menunggu lama, ia berpamitan kepada Kuroemon dan Hiroshi sekaligus menyemangati mereka.

Hingga pada suatu hari, Kuroemon menantang Monga untuk kembali bertanding dengan Dora’s dengan sebuah perjanjian. Jika Dora’s kalah, maka mereka harus bubar untuk semuanya. Para anggota Dora’s yang lain pun kaget sekaligus tidak terima dengan perjanjian tersebut. Bahkan sampai pesimis dan tidak mau latihan.

null
null

Tapi kejadian yang menimpa Aimond membuat para anggota Dora’s sadar. Aimond yang dihajar oleh tim Monga karena secara merusak bat kesayangannya sendiri memutuskan untuk menghabisinya dengan memenangkan pertandingan disebut. Kuroemon pun setuju mendengarnya.

Para anggota Dora’s yang baru saja datang membantu Aimond yang babak belur akhirnya bersemangat dan bertekad untuk mengalahkan Monga’s. Akankah Dora’s berhasil mengalahkan Monga dan menghapus catatan kekalahan 99 kali berturut-turut yang mereka sandang?

image host
image host

Dorabase atau dalam bahasa Jepang dikenal dengan Dorabase – Doraemon Chouyakyuu Gaiden (ドラベース・ドラえもん超野球外伝) adalah manga spin-off Doraemon yang bertema Baseball. Di Jepang, manga ini dirilis dalam bentuk serialisasi di majalah Coro Coro Comic dan dalam bentuk tankoubon sebanyak 23 volume. Manga ini juga mendapat lisensi untuk dirilis di Indonesia oleh Elex Media Komputindo. Bercerita tentang kisah Kuroemon yang tergabung dalam tim baseball Edogawa Dora’s dalam mengikuti pertandingan baseball rumput hingga mendapatkan gelar prestisius di kancah baseball profesional.

null
null
null

Kisah yang ditampilkan sangat serius dan tentunya diselingi dengan komedi, apalagi karena manga ini merupakan spin-off dari Doraemon sehingga suasana yang dibawakan hampir sama dengan Doraemon. Oh ya, Doraemon juga muncul disini meskipun hanya tampil sebentar karena Nobita yang menangis dan merengek di abad 21.

null
null

Manga/anime yang mengangkat tema Baseball sangat banyak. Maklum karena Baseball sendiri merupakan olahraga nomor satu di Jepang. Dorabase yang memiliki tema Baseball juga akan dipandang sama seperti kebanyakan seri Baseball lainnya. Namun, ada 2 hal yang membuat Dorabase berbeda dari seri lain yang generik, yaitu penggunaan alat ajaib dan Magic Ball.

null
null
null

Dalam setiap pertandingan baseball di Dorabase, terdapat peraturan baru yaitu menggunakan 3 alat ajaib. Tapi penggunaannya dibatasi hanya sekali pakai, yang menyebabkan setiap tim harus berhati-hati menggunakan “kartu as” ini. Pemakaian alat ajaib ini juga menjadi salah satu poin penting dalam manga ini, karena bisa membuat pembaca terkesima sekaligus mengundang gelak tawa apabila salah pakai.

Shiroemon – White Ball
null
Emoll – Shiokara Dragonfly Ball
null
Pokoemon – Illusion
null

Berikutnya adalah Magic Ball atau 魔球 (Makyuu) dalam rilisan bahasa Jepang. Hampir setiap tim musuh yang dihadapi Dora’s memiliki bola ajaib ini, dan bentuknya bervariasi. Misalnya, Shiroemon dengan White Ball berupa lemparan bola zigzag vertical yang membentuk huruf W, atau Drump dengan Royal Straight Flush yang sebenarnya hanya lemparan bola Straight pelan namun ketika menyentuh bat, bola pelan itu berubah beratnya seperti bola besi raksasa. Tentunya Kuroemon dkk juga punya jurus khusus untuk memukul bola-bola ajaib seperti itu, salah satunya 満月大根切り(Mangetsu Daikon Giri), Barbecue Impact, King’s Spade dan masih banyak lagi.

Aimond – Barbecue Impact

image host
image host

Kuroemon – Mangetsu Daikon Giri (Full-Moon Radish Slash)

image host
image host
image host

Drump – King’s Spade

image host
image host
image host

Kekurangan juga tak luput dari manga yang satu ini. Salah satunya adalah istilah Baseball yang sering bermunculan. Bagi pembaca yang tidak mengetahui istilah-istilah tersebut akan kebingungan apa artinya, ya meskipun diberi penjelasan sekilas namun ada beberapa yang tidak dijelaskan. Kemudian, tema Baseball yang diangkat juga menjadi kekurangan, karena manga ini harus bersaing di tengah manga lain yang bertema Baseball yang menyebabkan orang-orang menjadi pesimis lebih dulu bahwa manga ini sama saja seperti manga Baseball lain. Bila dilihat dari segi cerita, manga ini sangat berpotensi diadaptasi menjadi anime. Namun sayangnya manga ini redup dari penglihatan pembaca karena saking banyaknya manga bertema Baseball.

scopedog0097

Touhou dan SRW fan yang suka baca literatur berbahasa Jepang

Mungkin Anda juga menyukai