5 Template Anime dan Manga untuk Maksimalkan Keuntungan

Saat suatu hal sedang populer, biasanya akan ada ratusan orang yang mengekor demi mendapatkan secuil rezeki. Contoh saat artikel ini ditulis adalah es kepal. Awalnya hanya dari satu jenis produk rasa susu cokelat. Namun belakangan mulai muncul dengan produk lain rasa susu vanila. Isi topping pun makin beragam.

Hal ini ternyata tidak jauh berbeda di dunia hiburan termasuk anime dan manga. Kadang memang ada anime manga original yang berusaha keluar dari pakem. Namun tidak jarang mereka yang berusaha beda justru tidak berhasil memberikan keuntungan bagi penerbit meskipun dari si pembuat karya merasa puas.

Tentu ada masa penerbit ingin sukses secara aman tanpa mengambil resiko dijauhi pasar. Tidak ada yang baru di bawah matahari. Melalui editor ataupun kekangan kuasa lainnya, mereka mengarahkan si pembuat karya untuk membuat yang besar kemungkinan diminati pasar. Inilah judul-judul sukses yang sering dijadikan acuan.

Dragon Ball

Terbit tahun 1984, manga karya Akira Toriyama ini mengawali dengan petualangan komedi yang terinspirasi dari Journey to the West. Perlahan popularitasnya mulai naik setelah memperkenalkan turnamen Tenka Ichi Budokai. Puncaknya adalah saat Freeza Saga, Goku mendapatkan wujud Super Seiya.

Di sini ada tiga formula utama yang sering di salin dalam kisah anime manga lainnya terutama untuk target demografi shounen. Ada turnamen yang mengharuskan para karakter utama bertarung untuk membuktikan sebagai pendekar nomor satu.

Ujungnya mereka harus berlatih keras. Seandainya tidak ada turnamen pun, musuh baru pun akan memaksa para karakter berlatih hingga mencapai batas.

Perubahan wujud menjadi lebih kuat adalah syarat untuk memikat pembaca dengan tampilan baru nan keren. Awalnya Goku memang cuma bisa berubah menjadi monyet besar. Namun Super Seiya memberikan definisi baru perubahan wujud yang memaksimalkan energi Ki.

Perhatikan judul utama Shueisha Weekly Shonen Jump yang dua sudah tamat dan tinggal satu masih terus. Naruto memiliki wujud Kyuubi, di Bleach ada Bankai lalu di One Piece ada 5th Gear. Meskipun tidak semua memasukkan unsur turnamen, para karakter berlatih keras tiap kali ada ancaman baru.

Sailor Moon

Kali pertama terbit di majalah manga shoujo Nakayoshi tahun 1991 karya Naoko Takeuchi. Menceritakan Usagi Tsukino dkk yang berusaha menghalau rencana jahat Dark Kingdom yang dipimpin Queen Beryl.

Mahou shojou bukanlah genre baru di tahun 1991. Saat itu sudah ada mahou shoujo yang cukup populer misalnya Minky Momo dan Creamy Mami. Faktor utama yang membedakan dan dirasa kunci sukses adalah saat kreator memasukkan unsur super sentai.

Mahou shoujo sebelum era Sailor Moon biasanya hanya ada satu tokoh utama. Sailor Moon memperkenalkan konsep mahou shoujo yang bertempur sebagai tim. Pakaian mereka pun dibedakan secara warna yang sangat kental aroma super sentai.

Setelah kesuksesan Sailor Moon, mulai banyak seri mahou shoujo yang menyalin konsep dari Sailor Moon. Beberapa yang pernah tayang di Indonesia adalah Wedding Peach dan Magic Knight Rayearth di era 1995. Di masa kini masih bisa dilihat pengaruh Sailor Moon misalnya seri Cure dan Madoka.

Love Hina

Manga ini adalah karya keempat Ken Akamatsu, terbit pada 1998. Menceritakan komedi romantis Keitarou Urashima yang menjadi ronin atau orang yang gagal masuk universitas. Dia kini ditunjuk menjadi pengurus apartemen Hinata warisan neneknya sambil terus belajar mengejar mimpinya masuk Universitas Tokyo.

Konsep harem bukan hal baru di tahun 1998. Hanya saja saat itu cukup langka dan biasanya diwujudkan dalam model cinta segitiga. Terlebih lagi antar tokoh tidak pernah dikisahkan hidup dalam satu atap. Love Hina mengemas para tokoh utama hidup dalam satu apartemen.

Salah satu faktor yang membuat Love Hina dikenal luas adalah porsi fanservice sangat banyak. Bisa dibilang Keitarou adalah Lucky Sukebe yang menginspirasi pembuatan karakter Rito (To Love-RU) dan Fuyuzora (Yuragi-sou no Yuuna-san). Meski konsep tinggal seapartemen tidak sepenuhnya digunakan, para karakter utama yang terlibat romansa akan sering bertatap muka antar saingan.

Neon Genesis Evangelion

Menceritakan usaha umat manusia untuk tetap bertahan hidup setelah Second Impact. Alien yang diberi kode nama Angel mulai mendatangi Bumi untuk menuntaskan misi bertemu dengan Adam. Angel pertama yang jatuh di Bumi. Tombak utama pertahanan adalah organisasi NERV yang memiliki cyborg raksasa, Evangelion.

Evangelion sempat diterpa masalah budget saat produksi, tak disangka sukses besar. Kisahnya pun masih bisa menimbulkan kontroversi diantara fans hingga saat ini. Anime original produksi GAINAX ini sebetulnya banyak mengambil inspirasi dari Space Runway Ideon. Sutradara Hideaki Anno menambahkan ide-idenya sendiri agar terasa sedikit beda.

Kesuksesan Evangelion juga mendorong judul-judul anime lainnya mengambil┬ásebagian inpirasi dari kisah Eva. Paling terlihat adalah penggunaan tokoh remaja yang tampaknya sekolah biasa, tetapi punya sisi lain luar biasa. Sejak Eva tayang, beberapa tahun kemudian mulai sering muncul karakter utama laki-laki yang “emo” seperti Shinji. Tsundere khas Asuka maupun kuudere ala Rei juga makin banyak digunakan. RahXephon berusaha mengulang kembali dengan formula nyaris mirip.

Hidamari Sketch

Judul andalan dari Manga Time Kirara. Manga karya Ume Aoki kali pertama terbit tahun 2004 dan masih lanjut hingga saat ini. Mengisahkan Yuno yang pindah ke apartemen Hidamari yang dengan sekolah idamannya, SMK Kesenian Yamabuki. Hidamari Sketch menceritakan keseharian Yuno bersama penghuni apartemen lainnya.

Hidamari Sketch adalah salah satu judul genre Slice of Life paling sukses di Manga Time Kirara. Adaptasi anime memiliki empat season dan berbagai OVA. Manga ini secara tidak langsung mempengaruhi editor agar karya lain memiliki tema serupa. Yaitu grup gadis SMA setidaknya empat karakter, yang menjalani kehidupan mereka.

Kesuksesan K-ON yang juga sedikit terinspirasi dari formula Hidamari Sketch, makin mempertegas bahwa ada pasar yang ingin menonton gadis SMA sekedar ngobrol atau melakukan kegiatan klub. Pada musim semi kali ini pun ada Comic Girls yang memiliki nuansa dan karakter mirip.