Doujinshi Touhou Project Merambah ke Dunia Digital

Kini kalian bisa membaca dan membeli doujinshi Touhou secara resmi dalam bentuk digital. Platform khusus doujinshi ini sudah bisa diakses di Bookwalker dan Nico Nico Books.

Kabar baik ini disampaikan oleh ZUN lewat sebuah live streaming Nico Nico Chokaigi pada 24 April 2018. ZUN mengumumkan bahwa doujinshi ini mulai dibuka bersamaan dengan hari pembukaan event Nico Nico Chokaigi 2018 pada 28 April 2018 lalu, terhitung mulai dari jam 00:00.

null

Hanya ada dua platform yang menyediakan doujinshi dalam bentuk digital ini, yaitu Bookwalker dan Nico Nico Books. Alasan ZUN menghadirkan platform ini adalah untuk membantu circle-circle yang membuat fanwork Touhou bisa menyalurkan karyanya ke konsumen dengan cepat. Selain itu, adanya platform ini juga membantu banyak pihak. Bagi circle, platform ini bisa membantu mereka supaya bisa menjual karyanya secara cepat dan tidak bergantung pada stok secara fisik. Apabila kehabisan stok bisa langsung mengupload dan menjual karyanya secara online.

null

Sedangkan bagi penggemar, platform ini membantu mereka dalam membeli dan memesan fanwork circle secara cepat dan mudah tanpa harus berdesak-desakan mengantri di Comiket atau Reitaisai. Pembeli dan penjual tidak perlu khawatir akan kehabisan stok dan berlama-lama menunggu di event serta bisa mengakses karya-karya lama tiap circle.

null

ZUN sendiri mengaku bahwa ia tidak mendapat royalti atas penjualan fanworks yang mengatasnamakan Touhou Project dari pembelian online. Namun ia berdalih bahwa dengan adanya platform ini, Touhou Project bisa dikenal oleh semua kalangan dan yang terpenting adalah ia bisa membuat para penggemarnya senang dan terus berkarya di dalam fandom Touhou Project.

Kalian bisa mengakses dua platform tersebut lewat Bookwalker dan Nico Nico Books. Namun, sayangnya kalian harus menyiapkan uang Yen karena semua fanworks disana hanya bisa dibeli dengan mata uang Yen.

Sauce

scopedog0097

Touhou dan SRW fan yang suka baca literatur berbahasa Jepang

Mungkin Anda juga menyukai