Touhou Bunka Shinpou – Alternative Facts in Eastern Utopia

Reporter gesit nan lebay se-Gensokyo, Shameimaru Aya punya produk baru yang siap mengedukasi rakyat Gensokyo. Penuh dengan berita terkini dan rubrik-rubrik keren, apakah produk baru ini bisa diterima oleh rakyat Gensokyo dan para pembaca di dunia luar?

Arus informasi yang datang dari berbagai media yang kita asup setiap hari merupakan kumpulan informasi kecil yang mengalir bagaikan aliran air. Aliran air dari hulu hingga ke hilir akan bertemu dengan air dari sungai lain yang bercampur menjadi satu menuju satu titik yaitu di bagian hilir, begitu juga informasi. Seringkali informasi yang kita lihat di media sosial, portal berita, maupun berupa bentuk fisik seperti koran dan majalah, mengandung informasi yang bercampur dengan informasi lainnya. Sehingga tak jarang muncul berita-berita hoax atau seakan-akan benar karena adanya penambahan/pengurangan informasi dan informasi fiktif.

Demikian juga yang terjadi pada jurnalis dan reporter terkenal Gensokyo, Shameimaru Aya. Saking banyaknya informasi yang beredar baik dari dalam Gensokyo maupun dari dunia luar, Aya terbersit sebuah ide untuk menyajikan berita dengan lebih cepat dan terupdate, yakni dengan membuat sebuah majalah mingguan. Majalah mingguan ini dirilis dengan judul Bunbunshun Shinpou yang terinspirasi dari Weekly Magazine di dunia luar. Dengan adanya majalah ini, Gensokyo akan penuh dengan informasi terupdate dan bisa jadi terpercaya karena informasi yang dihadirkan ada setiap minggunya.

Cover Alternative Facts in Eastern Utopia

Touhou Bunka Shinpou (東方文果真報) ~ Alternative Facts in Eastern Utopia adalah Official Printwork terbaru dari Team Shanghai Alice yang kembali berfokus pada Shameimaru Aya. Berbeda dengan Official Printwork sebelumnya, Bohemian Archive in Japanese Red yang membawakan koran Bunbunmaru. Kali ini Shameimaru Aya mencoba untuk merilis sebuah majalah mingguan berjudul Bunbunshun Shinpou (文々春新報) yang katanya lebih update dari koran Bunbunmaru. Isi majalah tentu saja masih membawakan ciri khas Aya yang sering gosip dan berlebihan dalam setiap artikel yang dimuat di korannya.

Dalam buku ini, ZUN menggandeng 12 ilustrator. Mereka adalah Aioi Aoi, Genji Asai, Azuma Aya, Arata Toshihira, ALISON, Suichuu Hanabi, TOKIAME, nyanya, Haniwa, Masakichi, Mizutaki, Minato Hitori. Dari ilustrator yang dihadirkan, buku ini cukup menjanjikan dari segi ilustrasi. Apalagi beberapa ilustratornya juga bekerja sama dengan ZUN di proyek Touhou lain, seperti Azuma Aya (mangaka Touhou Ibarakasen ~ Wild and Horned Hermit), TOKIAME (ilustrator novel Touhou Bougetsushou ~ Cage in Lunatic Runagate), Arata Toshihira (mangaka Touhou Bougetsushou ~ Inaba of Moon & Earth), dan Genji Asai (ilustrator novel Touhou Kourindou ~ Curiosities in Lotus Asia).

Isi Touhou Bunka Shinpou

Meski casingnya berbentuk seperti buku komik Jepang, buku ini berupa majalah yang berisi rangkaian artikel dan berita seputar Gensokyo dengan format majalah Jepang pada umumnya. Kalian akan menemukan berbagai berita lebay, rubrik-rubrik spesial, interview para tokoh, dan iklan dari rakyat Gensokyo. Di sini juga ada komik dan novel mingguan sebagai selingan hiburan. Buku yang juga dirilis dalam versi digital memiliki sedikit perbedaan isinya.

Bonus halaman versi fisik

Versi fisik memiliki beberapa halaman khusus di bagian tengah buku yang disegel. Halaman khusus ini berisi ilustrasi-ilustrasi full color semi-NSFW para youkai Tengu (Shameimaru Aya, Himekaidou Hatate, Inubashiri Momiji) dengan tambahan artikel spesial tentang para Tengu. Sementara versi digital ada halaman tambahan yang berisi pengumuman tentang game fighting terbaru Touhou buatan circle Tasogare Frontier yaitu Touhou Hyouibana (東方憑依華) ~ Antinomy of Common Flowers.

Make Gensokyo Great Again!
Invasion Small Talk

Isi dari berita ini sebagian besar berita lebay dan gosip, bahkan lebih banyak bercandanya daripada seriusnya. Scoop khas Shameimaru Aya masih terasa kental di sini, dengan adanya foto yang sengaja di-edit demi menghilangkan sumber aslinya (termasuk kejadian yang terjadi sebenarnya) dan beberapa headline berita super lebay yang kebenarannya juga patut dipertanyakan. Ditambah ada meme ikonik Donald Trump ketika menyampaikan pidato “Make America Great Again” yang dilakukan sempurna oleh Toyosatomimi no Miko. Meski begitu Aya tetap bersikap fair dengan menyediakan artikel dan foto asli beserta apa saja yang dikoreksi di halaman-halaman akhir buku ini.

Rubrik khusus dari beberapa kontributor
Gensokyo's Best Spot No.1

Karena berupa majalah, ada beberapa rubrik dengan artikel khusus yang ditulis oleh kontributor yang tersebar di seluruh penjuru Gensokyo. Misalnya ada ramalan kematian orang-orang di Gensokyo yang disampaikan oleh Onozuka Komachi, lalu ada artikel rekomendasi makanan khas Gensokyo oleh Saigyouji Yuyuko. Bahkan ada artikel yang membahas tentang tablet (bukan tablet yang diminum ketika sakit) oleh Morichika Rinnosuke, uniknya di sini ia membahas tablet sebagai “alat tak berguna yang sering diganti-ganti”, relatable dengan kenyataan yang terjadi di dunia luar (dunia yang kita tinggali).

Iklan yang muncul di buku ini

Karena berupa majalah (lagi), ada beragam iklan para warga Gensokyo. Iklannya bermacam-macam, mulai dari jual barang hingga lowongan pekerjaan. Contohnya ada pertunjukan Manzairaku (sebutan anjing laut di Gensokyo) yang diadakan para kappa, pusat konsultasi dan alat-alat sihir Kirisame Magic Shop, lowongan mengajar di kursus Hieda dan maid di Scarlet Devil Mansion, dan masih banyak lagi.

Interview Usami Sumireko
Interview Horikawa Raiko

Di sini juga ada beberapa interview dari para tokoh berpengaruh di Gensokyo, yang biasanya disertakan di beberapa artikel tertentu yang menjadi inti dari majalah Bunbunshun Shinpou ini. Dimulai dari Usami Sumireko yang menjadi satu-satu manusia dari dunia luar yang bisa masuk ke Gensokyo dengan menembus Great Hakurei Barrier lewat mimpinya. Kemudian, Horikawa Raiko, member baru Prismriver Ensemble setelah sebelumnya grup musik tersebut mengundurkan diri. Terakhir ada Hecatia Lapislazuli, dewi neraka yang menyampaikan pendapatnya terkait insiden invasi Bumi oleh penduduk Bulan (insiden game Touhou ke-15, Touhou Kanjuden ~ Legacy of Lunatic Kingdom).

Komik
Komik 4koma
Novel

Satu lagi, ada juga serial komik dan novel mingguan yang terbit berkala disini, yang terdiri dari dua manga dan satu novel. Dua manga ini dikerjakan oleh Arata Toshihira (4koma) yang menceritakan waktu senggang para Tengu dan Mizutaki yang membawakan cerita kehidupan para OL (Office Lady, sebutan pekerja wanita di Jepang) di Gensokyo dengan Sukuna Shinmyoumaru sebagai tokoh utama. Sementara novelnya dibawakan oleh penulis dengan nama panggung Agatha Chris Q (plesetan salah satu novelis terkenal, Agatha Christie) yang bertema detektif. Siapakah wujud asli dibalik nama panggung Agatha Chris Q? Petunjuknya terletak di huruf pertama dan terakhir nama panggungnya. Bisakah kalian menebak siapa karakter Touhou dari petunjuk tersebut?

Sayangnya majalah Bunbunshun Shinpou mengalami problem yang berakibat fatal, yakni berhenti rilis. Di halaman-halaman akhir buku ini dijelaskan bahwa penerbit dan pemimpin redaksi, Shameimaru Aya mengalami banyak masalah sejak edisi pertama Bunbunshun Shinpou terbit. Mulai dari jumlah eksemplar yang terlalu banyak di gudang hingga adanya upaya dari golongan tertentu yang berusaha untuk memutarbalikkan fakta yang muncul di majalah mingguan ini. Sebenarnya di kata pengantar buku ini sudah dijelaskan bahwa Bunbunshun Shinpou mengalami pemberhentian rilis, namun alasan lebih jelasnya diungkap di halaman-halaman akhir buku ini ditambah dengan afterword ZUN di akhir buku. Meski berhenti rilis, setidaknya kita bisa melihat edisi pertama Bunbunshun Shinpou yang kini menjadi salah satu barang bersejarah di Gensokyo.

scopedog0097

Touhou dan SRW fan yang suka baca literatur berbahasa Jepang

Mungkin Anda juga menyukai