Vtuber Talk: Ngobrol Asyik bareng Sora Aoi

001 sora aoi

Halo dan selamat datang di Vtuber Talk dimana AMH Magz bertemu dengan virtual Youtuber alias vtuber dari Indonesia, untuk membicarakan berbagai hal seperti pengalaman dan hal menarik yang terjadi selama kiprah mereka di jagat vtuber lokal.

Di kesempatan kali ini, AMH Magz ngobrol dengan Sora Aoi, seorang vtuber dan vsinger yang senang memainkan game dengan cerita menarik, serta melakukan cover sing dan karaoke dengan suaranya yang sangat unik. Mari kita cari tahu apa yang akan dibagikan oleh Sora Aoi kali ini!

Silakan berkenalan dengan para pembaca, dengan gaya unik Sora sendiri!

Ahooy~ Sora です! Nama gue Sora Aoi. Gue mainly vsinger, bukan vtuber in general. Fokusnya bikin cover lagu dan karaoke session. Gue main game yang disuka aja, I’m not good at playing games, tapi kalo gamenya bagus gue mainin.

Sekarang gue pindah ke Twitch buat streaming, nggak di YouTube lagi. Sekarang YouTube dipake untuk cover lagu dan VOD (video on demand) sehabis streaming.

Sudah berapa lama menjalani aktivitas sebagai vsinger? Sejak kapan memulainya?

Kayaknya dari Desember 2019 gue masuk ke dunia virtual. Awalnya diajakin sama temen-temen, “Eh, kita jadi vtuber yuk.” Sounds cool, kan? Terus kepikiran jadi vtuber ngapain ya? Gue kan gak suka main game. Lalu temen bilang, “Ya udah, nyanyi aja.” Bener juga dia, so let’s do it then.

Apa game favorit Sora?

Gue emang jarang main game, jadi ini tergantung storyline. Kalau storyline-nya bagus gue mainin. Dari dulu gue sebenernya senang Persona series jadi gue main Persona 3, Persona 3 Portable, Persona 4, dan sekarang Persona 4 Golden. Kemarin gue baru selesai stream Persona 4 Golden 6 jam.

Gue suka Devil Survivor juga, suka Minecraft juga karena mainnya bisa sambil ngobrol. Terus gue juga suka main Valorant, disclaimer: I’m very bad at it. Terus The Sims juga ya. Kalo nggak audio, visualnya bagus, gue mainin.

Siapa penyanyi panutan Sora?

Karena suara gue rendah, jadi gue biasanya dengerin vokalis cowok karena artikulasi dan style nyanyinya lebih nyaman di gue. Kalau band biasa gue dengerin BACK-ON atau Survive Said The Prophet. Kalau suara cewek gue suka banget Tokyo Jihen, gue suka sama vokalisnya… what’s her name? Oh ya, Sheena Ringo! Gue suka banget lagunya Rakujitsu.

Gue juga suka sama Sarah Furukawa, dia sempet duet sama n-buna di lagu yang judulnya Silence. Itu cakep banget, oh my God, harus didengerin sama semua orang. Oh, n-buna juga punya grup duo namanya Yorushika, itu juga cakep.

Debut Sora di YouTube sempat bikin banyak orang salah tingkah. Gimana perasaan Sora saat itu?

Sebenarnya lucu buat gue karena gue nggak merasa suara gue rendah banget. Kayaknya karena sering dengerin lagu cowok dan nyanyiin bagian cowok jadi embodiment of cowok-nya makin kerasa. Gue sebenernya fine-fine aja kalau ada komentar “Gue kirain cowok,” tapi kalau udah mulai kekeuh gue kesel juga. “Ini pasti bukan cewek, pasti cowok!” Apaan sih? Ini kan suara gue kok lu yang rese sih?

Apakah pernah sampai ke taraf yang benar-benar mengganggu?

Pas awal-awal debut banyak yang nggak percaya kalau gue cewek. Sampai bahkan waktu gue cover lagu, dia masih nggak percaya, padahal gue nyanyi di nada tinggi. Terus gue kayak… sakit hati? Nggak sih, sedih mungkin ya. Kenapa sih lu ga percaya kalo gue cewek? Terus ada juga yang ngatain hode tapi ya udah lah ya, bisa didiemin aja.

Dibandingkan dulu, bagaimana tanggapan dari penonton saat ini?

Kalau penonton mulai dari video perkenalan, dia pasti kaget. Anggapannya, “Pasti dia cowok.” Di video perkenalan gue sempet nge-rage, komentar kayak “Buat lu semua yang bilang gue cowok, emang kenapa? Cewek nggak boleh punya suara rendah?” Terus itu sampai gue pin dan pake caps lock soalnya gue kesel.

Semenjak itu banyak yang lebih welcome. Ketika gue cover lagu dengan suara rendah, banyak yang merasa acceptable. Padahal sebelumnya masih dikomentarin, “Ini pasti bukan cewek nih.”

Karena suara Sora rendah, apa saja kendala dalam memilih lagu?

Dulu suara gue sopran, cuma ada satu fase dalam hidup gue yang menjadikan suara gue rendah. Suara gue juga sempat rusak, tapi suara gue udah bisa tinggi lagi walaupun suara ngomongnya masih segini. So far nggak ada kesulitan memilih lagu. Cuman kalau lagunya nggak gue suka, nggak akan gue nyanyiin.

Ada kriteria untuk lagu yang ingin dicover?

Gue biasanya open ke semua genre, cuman biasanya kalau gue iseng nyanyi terus nggak dapet feelnya, gak bakal gue cover. Lagu metal gue sempet nyanyiin, terus gue juga sempat nyanyi lagu pop, rock, jazz, bahkan yang moe-moe dan ganteng-ganteng.

Jadi so far buat gue gak ada limitation apa-apa kecuali suka atau nggak sama lagunya. Biasanya vsinger lain punya semacam reward Trakteer buat pilih lagu untuk di-cover kalau donate dalam jumlah sekian. Gue nggak pernah masukin yang seperti itu karena gue tahu kalau gue gak suka lagunya, gue gak bakal nyanyiin.

Apa momen-momen berkesan selama menjadi vtuber/vsinger?

Banyak sih. Gue kan berusaha berteman dengan semua orang, dan sekarang gue ketemu dengan keluarga baru di komunitas vtuber Indonesia. Aside from my Discord server, gue juga punya satu server Discord lain yang isinya keluarga gue ini. Gue nyaman banget di sekitar mereka, I can tell them anything.

Jarang sekali di Indonesia ada vtuber cewek yang suaranya nggak moe. Hampir 90% vtuber cewek Indonesia yang aktif suaranya moe atau nggak pitchnya tinggi. Begitu gue masuk dan di-welcome dengan hangat gue sangat tersentuh. “Oh, I can manage living here.”

Apa milestone/achievement yang baru saja diraih?

Dua bulan yang lalu gue baru dapet status Affiliate di Twitch. Di YouTube itu setara kayak 1000 subscriber, tapi di sini you can actually get money by people subscribing to you. Oh ya, gue juga udah dapet 3000 subs di YouTube!

Apa project yang sedang dikerjakan?

Jadi gue punya banyak collaboration yang bakal gue bagikan mulai bulan depan (Juli). Kalo di YouTube gue bakal punya collaboration bareng vtuber lain. Kemarin gue baru collab bareng Moona Hoshinova dari Hololive. Sebelumnya juga collab bareng Hibiki Kayomi, vtuber baru juga. Sama Mia Canasyna juga. Jadi gue suka collab sama orang-orang karena gue yang handle musiknya. “Ayo kita collab, nanti gue yang mixing,” enak ngajaknya.

Sebenernya gue bareng Evelyn, Katsuki, dan Yuuji, kita punya server Discord yang namanya VIR2ALL. Ini bukan geng atau apa, tapi vtuber hub dimana vtuber indie dari Indonesia yang pengen sharing informasi, skill, atau ngajak collab. Kalau misalnya mau main bareng kayak Valorant atau Apex Legends juga bisa. Jadi visinya itu agar vtuber indie itu nggak work alone. Kalo vtuber dari agency jelas punya tim di belakangnya, kalau indie segala-galanya sendiri mulai dari bikin gambar, model, dan lain-lain.

Bagaimana perkembangan vtuber di Indonesia menurut Sora?

Menurut gue seasonal banget ya. Banyak banget vtuber baru yang muncul just because, karena lagi in aja. Gue sebenarnya agak terganggu sama orang yang jadi vtuber biar bisa main bareng vtuber favoritnya. Alasan orang jadi vtuber itu beda-beda and I’m fine with that kalo lu serius ngerjainnya. Tapi kalo misalnya cuma kayak bikin video perkenalan terus udahan, itu apaan sih?

Sebenarnya lu ga harus punya alasan untuk jadi vtuber, gue juga ga punya alasan untuk jadi vtuber. Tapi kalo bisa, stay lah, jangan cuma nyelup terus karena gak sesuai harapan keluar. Itu kan nggak lucu. Terus sayang juga sama effort yang udah dikeluarin.

Apa harapan Sora untuk dunia vtuber Indonesia?

Pesan dari gue mungkin untuk vtuber yang udah debut, don’t forget to have fun. It is a job, in a way, tapi enjoy aja. Lakuin secara wholehearted, lakukan bukan untuk menyenangkan viewer, but because you like it.

Buat yang mau jadi vtuber, kalau misalnya kalian indie silakan masuk ke server VIR2ALL kapan-kapan. We are very welcoming. Buat para penonton, gue pengen bilang “Don’t judge a book by its cover.” Video perkenalan itu bisa jadi impresi yang bagus, cuman kalau nggak jangan sampai misjudge.

Sebagai penutup, dimana bisa nonton stream dan connect dengan Sora Aoi?

Video-video cover gue bisa dicari di Youtube, gue rilis video cover baru setiap hari Senin jam 12 siang. Gue biasanya stream di hari Kamis di Twitch. Kalau mau keep in touch with me, you can go to my Facebook, Twitter and Instagram. Jangan Sora Aoi doang karena nanti bakal keluar yang lain.

Sore ja, thanks for having me here. I hope you enjoy reading the conversation, and see you on my next stream/video. Bye bye, Sora Aoi です!

mcatrane

INFP-T, siang di Bandung malam di Tenggarong

Mungkin Anda juga menyukai