Inilah Film Anime Yang Ditunda Penayangannya Di Indonesia

Imbas dari pembajakan film anime di bioskop Indonesia adalah penundaan beberapa film anime yang akan tayang di Indonesia. Pengumuman yang sebelumnya dilontarkan bioskop CGV Indonesia dan CB International Movie terkesan agak ambigu. Namun, penjelasan lebih lanjut dari distributor ODEX menunjukkan seberapa parah dampak embargo ini terhadap para fans anime Indonesia.

Hari Selasa lalu, laman Facebook ODEX memberikan klarifikasi terkait insiden pembajakan film No Game No Life Zero yang tengah hangat dibicarakan beberapa hari ini. Isi peringatan tersebut tidak jauh berbeda dengan yang sudah disampaikan pihak CGV dan CB International Movie.

Namun hal yang berbeda adalah, ODEX pun mengumumkan film-film apa saja yang akan ditangguhkan penayangannya di Indonesia. Empat film tersebut adalah Fate/kaleid liner Prisma Illya: Sekka no Chikai, Fate/stay night: Heaven’s Feel, Maho Shojo Lyrical Nanoha Reflection, dan Eureka Seven Hi-Evolution. Selain empat film tersebut, film-film anime yang seyogiyanya tayang di tahun 2018 juga ditahan untuk tayang di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Detektif Conan ke-22, Crayon Shinchan, serta sisa dua film dalam trilogi Heaven’s Feel.

fate prisma ilya

Film Fate/kaleid liner Prisma Illya: Sekka no Chikai akan menyajikan kisah yang uniknya tidak berpusat pada Ilyasviel von Einzbern. Spinoff serial Fate/stay night ini akan mengambil fokus pada kakak dan teman Ilya: Emiya Shiro dan Miyu Edefelt.

Fate-stay-night-Heavens-Feel

Sementara itu film Fate/stay night: Heaven’s Feel, seperti judulnya, akan mengadaptasi alur cerita Heaven’s Feel dari visual novel legendaris tersebut ke dalam tiga bagian. Karakter heroine utama kali ini adalah Matou Sakura, yang nampaknya menaruh rasa pada Emiya Shiro. Asmara antara mereka berdua ternyata akan mempengaruhi arah dari perang memperebutkan Cawan Suci.

nanoha reflection

Film Maho Shojo Lyrical Nanoha Reflection akan kembali mempertemukan Takamachi Nanoha, Fate Testarossa, dan Yagami Hayate dengan sebuah petualangan dan bahaya baru. Mereka didatangi oleh Kirie dan temannya Iris, yang berusaha mencari kunci untuk menyelamatkan planet mereka, Eltria.

Eureka-Seven hi evo

Terakhir, film Eureka Seven Hi-Evolution merupakan trilogi yang menceritakan kembali kisah Eureka Seven dengan beberapa cerita baru yang terjadi sebelum anime TV dimulai. Renton yang kehilangan ayahnya dalam insiden First Summer of Love, kini mengikuti akademi militer. Bosan menjalani kehidupan barunya, tiba-tiba ia bertemu dengan Eureka yang memiloti LFO bernama Nirvash.

Menanggapi klarifikasi tersebut, netizen mendukung seluruh langkah yang ditempuh ODEX untuk bernegosiasi kembali dengan para stakeholder di Jepang serta untuk mengedukasi penonton Indonesia. Meski demikian, ada beberapa netizen yang mengeluhkan perbedaan tindakan yang diterima fans Indonesia dan negara lain terkait masalah yang sama.

Sebelumnya, Malaysia juga didera kasus pembajakan pada film No Game No Life Zero dan Kuroko no Basuke: Last Game. Namun hingga hari ini tidak ada tindakan ekstrem yang diambil pihak distributor untuk negara bersangkutan.

nomore1

Nah, setelah nasi sudah menjadi bubur, apa saja yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal yang sama terjadi lagi? Pertama, pahamilah etika saat menonton di bioskop. Jangan merekam film di bioskop dengan alat apapun, dan menyebarkannya tanpa izin. Kemudian, jika kamu melihat ada penonton bioskop yang melakukan tindakan tak terpuji tersebut, segera lakukan tindakan dengan menegurnya atau memberitahukan petugas bioskop terdekat. Tidak perlu bertindak rusuh karena hal itu akan memperkeruh suasana dan menciptakan kegaduhan yang bisa membuat penonton lain merasa terganggu.

mcatrane

INFP-T, siang di Bandung malam di Tenggarong

Mungkin Anda juga menyukai