Nikon F3 – Bergerak untuk Maju

Di anime Tada-kun wa Koi wo Shinai, terselip penampilan kamera SLR peninggalan ayah Mitsuyoshi Tada. Kamera tersebut salah satu produk legendaris, Nikon F3.

Nikon F3 adalah kamera SLR untuk pasar profesional yang dirilis Nikon pada 1980. Desainer mobil dari Italia, Giorgetto Giugiaro juga dilibatkan untuk membuat tubuh kamera yang cantik. Ciri khas saat itu adalah garis merah di bagian hand grip.

Kamera ini tidak langsung sukses karena saat itu pengguna enggan berpindah dari F dan F2. Hal yang dipermasalahkan pengguna karena F3 memperkenalkan berbagai sistem elektronik yang haus baterai.

Oke untuk generasi milenial yang tahunya hanya kamera digital, mungkin heran kenapa baterai menjadi masalah. Perlu diketahui kamera film atau juga disebut kamera analog, pada era sebelum 80an umumnya hanya menggunakan fungsi mekanik. Kamera macam ini bisa tetap memotret tanpa baterai selama roll film masih ada.

Setelah kelahiran F3, mulai banyak produsen lain yang membenamkan sistem elektronik agar memudahkan pengguna. Dengan kata lain, F3 memaksa pengguna dan saingan untuk maju. Sistem elektronik dipercaya lebih banyak memberikan keuntungan dan kemudahan.

Nikon F3 memiliki banyak fitur yang termasuk canggih untuk zamannya. Beberapa diantaranya:

  • Tampilan Viewfinder Presisi
    Viewfinder menampilkan secara utuh target foto yang hendak diambil, hasilnya akan sama dengan yang diambil frame.
  • Metering Elektronis di Badan Kamera
    Untuk menghasilkan foto sempurna, jumlah cahaya yang masuk harus pas. Dulu mekanisme mengukur shutter speed dan aperture terletak di prisma. Saat itu prisma yang menjadi bagian viewfinder bisa digonta-ganti sesuai kebutuhan. F3 membuat gebrakan dengan memindah sensor pengukur di badan kamera.
  • Indikator LCD di Viewfinder
    Ini mungkin hanya bisa dimengerti oleh pemiliki kamera DSLR. Tahu angka-angka dibawah saat mengintip viewfinder yang menampilkan nilai aperture, shutter speed dan ISO? F3 yang kali pertama memperkenalkan desain ini. Pada tahun 1980 teknologi LCD masih baru dan mahal.

Masih banyak lagi keunggulan lainnya tapi terlalu teknis tidak terlalu berdampak pada penggemar kamera masa kini.

Nikon F3 diproduksi hingga tahun 2000. Saat itu dijual dengan harga sekitar USD 1.180 termasuk lensa Nikkor 50mm F/1.4. Saat ini beberapa situs menjual harga bekas mulai USD 250. Produk ini juga memiliki banyak varian dengan sedikit perbedaan spesifikasi.

Mungkin Anda juga menyukai