Sony Cybershot DSC-RX100 – Kamera Saku Premium

Ijuuin Kaoru yang suka selfie, menggunakan sebuah kamera mungil. RX100 meski ukurannya kecil, ternyata berat di kantong.

RX100 kali pertama dirilis Sony pada 2012. Kini telah mencapai generasi kelima. Kamera saku ini memiliki keunggulan ukuran diagonal sensor mencapai 1 inch dengan resolusi 20MP. Dengan sensor sebesar ini, kualitas foto yang dihasilkan termasuk prima bila dibandingkan dengan kamera saku lainnya. Kamera saku budget biasanya menggunakan sensor 1/2,3 inch.

Selain terdapat kontrol dial PASM layaknya DSLR, kamera ini juga dibekali software yang memudahkan pengguna memotret panorama. Sony menyebutnya sebagai Panorama Sweep. Meski saat ini sangat mudah ditemukan fitur sejenis di berbagai semartphone.

RX100 menggunakan lensa Zeiss Vario-Sonnar T* 10,4-37,1mm f/1.8-4.9. Setara dengan focal length 28-100mm pada kamera full frame. Karena ini kamera saku, jelas tidak bisa diganti. Namun tidak perlu khawatir. Untuk konsumen kasual, lensa ini sudah tajam dan cukup untuk mengabadikan momen sehari-hari.

Saat rilis generasi pertama, harganya mencapai USD 650. Generasi kelima yang rilis pada 2016 dijual pada kisaran USD 990.  Sejumlah fitur yang ditambahkan adalah layar LCD bisa dibuka ke depan dan mampu merekam video 4K.

Mungkin Anda juga menyukai