Tsuburaya Melunak, Fans Kini Bisa Membuat Doujin SSSS.Gridman

Usai menimbulkan kontroversi, Tsuburaya memperbarui aturan penggunaan hak cipta SSSS.Gridman untuk kreasi fans.

Situs resmi SSSS.Gridman memberikan sejumlah panduan baru tentang penggunaan hak cipta mereka.

Translasi kurang lebihnya:

Penggunaan Material

Dilarang menyalin ataupun tracing materi dari produksi seperti gambar, video, logo, musik, naskah dst. Ini tidak termasuk karya baru lainnya (manga, novel, ilustrasi) yang menggunakan referensi SSSS.Gridman.

Produksi dan Distribusi

Diharap memproduksi dan distribusi sesuai dengan ketentuan sebelumnya. Namun dilarang mengganggu keamanan publik maupun hak cipta lain yang dilindungi.

Tentang Doujinshi

Segala doujinshi yang dianggap berlebihan, di luar batas kewajaran aktfitas fans, semisal untuk kegiatan komersial, bisa memungkinkan untuk penjualannya dihentikan.

Tentang Hasil Karya Individu

Kami tidak merespon permintaan izin untuk kreasi fans secara individu. Mohon dipahami.

Poin paling penting di sini adalah tentang doujinshi dan hasil karya individu semisal ilustrasi. Dalam keterangan terbaru, fans akhirnya diperolehkan membuat doujin dan ilustrasi. Tsuburaya masih memungkinan untuk menghentikan bila digunakan untuk komersial.

Kalimat sengaja dibuat ambigu agar komite produksi bisa memilih bergerak atau memalingkan muka bila menemukan doujin yang dibuat untuk komersial. Besar kemungkinan mereka baru akan menindak karya yang hasil keuntungannya tidak wajar. Bila di luar negeri dikenal dengan Patreon, di Jepang ada Pixiv Premium yang memperbolehkan fans menjual karyanya secara digital. Hal ini menjadi relatif mudah dilihat pendapatan fans.

Sauce

Mungkin Anda juga menyukai