Ansatsu Kizoku – Pembunuh Bayaran di Dunia Fantasi

Pembunuh bayaran terhebat didatangkan dari dunia modern. Dia mendapat tugas untuk menghabisi sang pahlawan. Mampukah dia melaksanakan misi di dunia baru yang penuh dengan pedang dan sihir.

Seorang pembunuh bayaran dihabisi oleh kelompoknya sendiri setelah dirasa terlalu tua dan masa tugasnya hampir selesai. Di ujung hayat, dia merasakan emosi yang telah lama ditekan selama menjalankan tugas. Kekesalan karena kelompok yang mengasuh sudah tidak percaya pada dirinya. Hanya diperlakukan seperti alat yang sudah rusak, dibuang begitu saja.

Tak disangka setelah mati dia justru ditarik ke sebuah wilayah dewi misterius. Tanpa memberikan nama, si dewi memberikan kesempatan untuk kembali hidup di dunia baru dengan ingatan utuh. Dia hanya perlu menjalankan misi utama yang akan berlangsung antara 16-18 tahun setelah reinkarnasi. Yaitu membunuh pahlawan yang lepas kendali dan menyebabkan kehancuran dunia yang diawasi dewi tersebut.

Si pembunuh bayaran menyanggupi setelah dia menanyakan keinginan utama si dewi. Dia mengutamakan keselamatan dunia. Membunuh sang pahlawan adalah salah satu pilihan yang paling mungkin saat ini. Berbekal lima kemampuan yang dipilih, si pembunuh bayaran akan terlahir kembali di keluarga Tuatha De. Keluarga bangsawan yang di balik layar bekerja sebagai pembunuh demi menjaga stabilitas kerajaan Alvan.


Sebagai Lugh Tuatha De, dia berlatih sejak kecil. Lugh juga memperkenalkan sejumlah pengetahuan dari dunia asal ke dunia baru yang teknologinya masih antara abad pertengahan dan revolusi industri. Kemampuannya juga termasuk di atas rata-rata karena berkah dari dewi. Tentu saja belum cukup menghadapi sang pahlawan yang mendapat tugas menghabisi maou dengan 30 kemampuan. Lima diantaranya adalah ranking S yang artinya sang pahlawan sangat kuat.

Seiring perkembangan cerita, Lugh akan bertemu dengan orang-orang penting yang akan membantu kelancaran misi. Pertama adalah Dia Vickone. Gadis berambut perak ini, adalah instruktur sihir Lugh. Kepribadiannya yang riang dan sangat suka sihir melelehkan hati Lugh.

Kedua adalah Tarte. Gadis yang dicampakkan di hutan karena keluarganya miskin, tak sengaja ditemukan Lugh saat berburu. Gadis ini memiliki mana yang sangat diperlukan saat menggunakan sihir. Pemilik mana di dunia tersebut tidak bisa dibilang banyak dan sebagian sudah bekerja di bawah keluarga bangsawan. Tarte yang tanpa ikatan dengan siapapun menjadi berkah bagi Lugh.

Ketiga adalah Maha. Gadis yatim piatu ini berasal dari keluarga pedangang yang dikhianati bawahannya. Maha juga memiliki mana sehingga akan sangat berguna dalam membantu misi.

Mereka akn menjadi bagian keluarga Lugh. Namun perjalanan untuk menyelamatkan dunia dari amukan sang pahlawan masih jauh. Misi apa saja yang akan dijalani Lugh sebelum dia bertemu sang target utama?

Dari Mesin Pembunuh Menjadi Manusia

Ansatsu Kizoku yang juga dikenal dengan judul lengkap Sekai Saikou no Ansatsusha, Isekai Kizoku ni Tensei suru adalah salah satu seri yang mengejutkan di musim ini. Bukan karena memberikan sesuatu yang baru. Tetapi cara eksekusi alur cerita yang membuat nyaman ditonton dan menghibur. Kalau dianalogikan dengan makanan, ini seperti nasi goreng yang mudah ditemukan di manapun. Tentu saja tidak semua tidak sedap dimakan. Untuk Ansatsu Kizoku adalah jenis nasi goreng yang tetap nikmat dimakan setiap seminggu sekali.

Entah kenapa meski alurnya tidak terburu-buru, Ansatsu Kizoku memberikan kesenangan tersendiri melihat perkembangan Lugh dari masa anak-anak hingga remaja. Hingga ulasan ini ditulis, adaptasi anime masih berkutat pada buku LN volume 1. Pihak studio juga menyisipkan sejumlah adegan original yang justru memperkaya interaksi karakter. Tentunya selain untuk mengulur durasi agar pas dengan slot jam tayang. Namun sejauh ini tidak ada bagian original yang bertentangan dengan kisah asli hasil karya oleh. Rui Tsukiyo. Penulis yang dikenal melalui karya kontroversial Kaiyari ternyata juga mampu membuat kisah yang relatif normal.

Beberapa tambahan original adalah saat sang dewi diperlihatkan mengundang roh lain untuk reinkarnasi demi menghabisi pahlawan. Si dewi selalu mengenakan pakaian berbeda-beda yang justru bisa menjadi cuci mata bagi penonton. sebab dalam versi LN dan manga dia hanya menggunakan pakaian yang sama. Bisa jadi adegan ekstra di anime agar si pengisi suara Yukari Tamura berkesempatan menegutarakan dialog lebih banyak.

Tidak seperti karakter utama dari seri isekai lain, sebelum reinkarnasi Lugh sebetulnya adalah pembunuh bayaran yang sudah berumur dan berpengalaman. Bukan remaja ingusan dengan kemampuan sosial yang minim. Sehingga saat berinteraksi dengan lawan jenis tidak ada rasa canggung. Bahkan bisa jadi dia justru melihat para gadis di sekelilingnya seperti kumpulan anak kecil. Meski begitu Lugh juga tidak suka sisi lemahnya kelihatan.

Dibesarkan dengan keluarga yang peduli dan penuh kasih, penonton diperlihatkan perkembangan Lugh. Filosofi Tuatha De yang diajarkan oleh ayah Lugh, membuat dia perlahan-lahan menjadi manusia yang befungsi dan memiliki empati. Meski Lugh masih menyangkal bahwa dia melakukan kebaikan demi tujuannya sendiri. Tidak seperti kehidupan sebelumnya yang cuma menjalankan tugas seperti robot. Kepribadian Lugh yang tenang dan menghormati banyak orang juga membuat dia mudah disukai.

Untuk urusan animasi seri ini terbilang standar. Di episode pertama penonton akan dipancing dengan adegan pertempuran yang mulus. Namun setelahnya tidak akan terlalu banyak adegan yang mengundang decak kagum. Setidaknya staff studio SILVER LINK. bekerja sama dengan studio Palette konsisten menggarap nyaris tanpa cela. Mereka juga mampu mengadaptasi desain karakter versi LN tetap menarik di layar kaca.

Ada kereta kuda dan adegan menggunakan perahu dibantu dengan animasi CG yang tidak bisa dibilang bagus. Tetapi karena hanya adegan minor, tidak begitu dipermasalahkan. Perlu diingat ini hanyalah anime dengan budget TV. Selain sedang dihimpit pandemi, mereka juga harus pintar-pintar mengalokasikan sumber daya, adegan mana yang perlu perhatian lebih untuk dianimasikan.

Karena ada unsur harem, sejumlah fanservice pun ditaburkan. Untuk saat ini versi penuh tanpa sensor hanya bisa dilihat pada tayangan AT-X. Salah satu yang mencolok adalah saat Dia mengajak Lugh ke pemandian air panas.



Lagu pembuka bertajuk Dark Seeks Light bertempo cepat terdengar cukup bagus dibantu dengan desain visual pembuka yang menarik. Lagu penutup adalah salah satu yang paling manis untuk seri anime tahun 2021. Walau ini adalah kisah isekai dengan tujuan utama membunuh sang pahlawan, sisi romantis pun tak dilewatkan. Lagu bertajuk A Promise ini memperlihatkan sisi kesepian Dia menanti Lugh.

Meski digarap oleh studio yang pernah terlibat dalam produksi Prisma Illya, Bofuri dan Maoh Gakuin, penonton yang berharap bakal banyak adegan aksi setiap episode mungkin bakalan kecewa. Karena buku volume pertama memang fokus pada pengenalan tokoh, ekplorasi dan pengembangan diri. Bahkan wajah sang pahlawan target utama belum diperlihatkan dalam visual pembuka. Adegan pertempuran hanya saat latihan. Target pembunuhan bisa dibiliang masih level rendah sehingga tak ada perlawanan berarti.

Kejutan lain yang tidak banyak terjadi di seri isekai lain adalah Lugh sudah memantapkan pilihan pasangannya yaitu Dia. Lugh memang sering mengunjungi bangsawan berambut perak ini sejak kecil tiap bulan. Tidak heran bila benih cinta mulai tumbuh. Hanya butuh sepuluh episode Lugh kencan dengan Dia dan berciuman. Judul seri romantis lain biasanya mengulur-ulur tanpa kejelasan. Tapi Ansatsu Kizoku justru menyegerakan. Mungkin kedepannya Dia bakal menjadi motivasi utama Lugh untuk menyelamatkan dunia dari amukan sang pahlawan.

Secara keseluruhan seri ini menarik untuk ditonton bagi yang suka petualangan. Ini maksudnya bukan petualangan menjelajah area luas dan baru untuk melihat kebudayaan yang berbeda. Namun lebih mengarah perjalanan hidup Lugh yang mengalami perubahan setelah bereinkarnasi. Seperti halnya Mushoku Tensei dan Maoh Gakuin, adanya unsur keluarga yang berperan penting untuk perkembangan karakter utama memberikan daya tarik tersendiri. Keluarga adalah topik yang jarang disentuh dalam serial animanga. Sehingga saat penulis melibatkan keluarga dalam cerita, Ansatsu Kizoku pantas untuk dicoba..