Touhou Tenkuushou ~ Hidden Star in Four Seasons

image hostSeluruh wilayah Gensokyo mengalami 4 musim secara bersamaan, ditambah dengan para peri yang kini mendapat kekuatan super. Seperti biasa duet maut Gensokyo, Hakurei Reimu dan Kirisame Marisa mulai pergi mengusut insiden kali ini, dibantu oleh Shameimaru Aya dan Cirno.

Touhou Tenkuushou (東方天空璋) ~ Hidden Star in Four Seasons adalah game Touhou ke-16 yang dirilis pada 11 Agustus 2017 lalu, bertepatan dengan Comiket 92. Game kali ini bertema musim, yang diawali dengan insiden yang menimpa Gensokyo dimana seluruh wilayah mengalami 4 musim sekaligus. Kuil Hakurei mengalami musim semi, Youkai Mountain mengalami musim gugur, Forest of Magic mengalami musim dingin, padahal saat ini Gensokyo mengalami musim panas. Para peri juga entah kenapa punya kekuatan yang hampir menandingi empat jagoan kita.

Gameplay

image host
image host
image host
image host

Game ini memiliki fitur baru yang berkaitan dengan musim. Setiap karakter memiliki elemen musim masing-masing, baik Main Shot maupun Sub Shot. Kalian juga bisa mengganti tipe tembakan “musim”, tapi hanya berlaku untuk Sub Shot saja. Sub Shot ini juga berpengaruh terhadap Season Release (季節解放) yang berfungsi sebagai Sub Bomb.

image host
image host
image host
image host

Season Release (季節解放) adalah fitur baru game ini yang memungkinkan kalian bisa menyapu bersih layar dari peluru musuh dan bahkan bisa menyakiti Boss Stage, bisa dikatakan kalau Season Release ini merupakan Sub Bomb. Namun untuk bisa melakukan Season Release, kalian perlu mengisi Release Gauge yang ada di pojok kiri bawah layar permainan (batas gauge tertinggi adalah 6). Cara mengisinya adalah mengumpulkan Season Item yang berjatuhan di layar. Season Item yang berbeda-beda tergantung Sub Shot yang kalian pilih.

Sub Shot Spring = Sakura Petal

Sub Shot Summer = Green Leaf

Sub Shot Autumn = Maple Leaf

Sub Shot Winter = Snowflake

Sub Shot Border (khusus Extra Stage) = Semua Season Item di atas

Season Item bisa didapatkan dengan 3 cara: menyerempet peluru, menembak jatuh musuh, menghapus peluru (dengan Season Release/Spellcard). Semakin banyak gauge terisi semakin besar pula range ketika Season Release aktif, tapi setiap Season Release ini memiliki kemampuan masing-masing. Untuk pemakaiannya secara default mengurangi seluruh Release Gauge. Uniknya, penggunaan Season Release ini tidak mempengaruhi Failed ketika Spellcard musuh aktif.

Spring
Durasinya paling pendek di antara Season Release lain, tapi punya range yang variatif (tergantung seberapa banyak isi gauge). Bisa membuat kita invincible sesaat, tapi cepat sekali habis karena sekali pakai langsung menghabiskan seluruh Release Gauge.
image host

Summer
Range sempit dan durasinya pendek, tapi cukup berguna karena pemakaian Release Gauge tidak boros (setiap pemakaian mengurangi 1 Release Gauge). Season Release yang sangat berguna di kondisi darurat.
image host

Autumn
Ketika aktif, Season Release ini membuat sebuah field di sekeliling kita yang akan mengikuti kita kemanapun, tapi lama kelamaan field ini akan berkurang range-nya. Durasi berkurangnya field ini tergantung jumlah Release Gauge. Efek tambahannya adalah membuat kecepatan kita bertambah selama Season Release ini aktif.
image host

Winter
Season Release paling bagus di game ini. Meski range-nya tidak terlalu besar, tapi durasinya yang lama bagus untuk berlindung dari padatnya peluru yang ditembakkan. Serta damage Main Shot & Sub Shot mengalami peningkatan ketika Season Release ini aktif.
image host

Border
Season Release yang hanya tersedia khusus Extra Stage. Sebagai Sub Shot, arah tembakannya terbalik dan sifat Season Release-nya menggabungkan empat Season Release lainnya. Penggunaan hanya memakan 1 Release Gauge (sama seperti Summer).

Characters

SpringSummerAutumnWinter
Hakurei Reimu
image host
Cirno
image host
Shameimaru Aya
image host
Kirisame Marisa
image host

Boss Stages

Stage 1Stage 2Stage 3Stage 4Stage 5Final & Extra Stage
Eternity Larva
Peri bersayap kupu-kupu yang mudah ditemui di stage pertama. Berkat insiden ini, ia punya kekuatan besar, tapi dengan mudah dikalahkan oleh 4 jagoan kita. Ia diketahui akrab dengan Cirno dan Daiyousei yang juga sesama peri. Moefikasi dia berasal dari kupu-kupu Papilio Xuthus, kupu-kupu jenis Swallowtail yang habitatnya berada di Asia Timur.
image host
Sakata Nemuno
Wanita (?) yang tinggal di Youkai Mountain. Hidup bertahun-tahun di pegunungan sembari mengisolasi diri membuatnya para jagoan kita kaget saat pertama kali bertemu. Kepribadiannya ini ternyata berasal dari Yamanba (山姥) yang merupakan asal moefikasinya.
image host
Komano Aunn
Meski sudah lama hidup menjaga kuil-kuil seluruh Gensokyo, kehadirannya membuat para jagoan kita kaget termasuk Hakurei Reimu yang sudah lama tinggal di kuil miliknya. Dia berasal dari moefikasi Komainu (狛犬), patung penjaga kuil berwujud anjing/singa yang terletak di pintu masuk kuil dan atau depan bangunan kuil.
image host
Yatadera Narumi
Tinggal di Forest of Magic membuatnya ia dialiri dengan aura magis, ditambah dengan kekuatan yang diberikan Teireida Mai. Saking kuatnya, Marisa yang merupakan sesama penghuni Forest of Magic pun kewalahan. Berasal dari moefikasi patung Jizou (地蔵).
image host
Nishida Satono & Teireida Mai
Dua gadis pelayan Matara Okina. Awalnya mereka merupakan manusia dari dunia luar, namun kini menjadi pelayan Okina berkat kekuatannya. Akibat dari kekuatan ini, mereka tidak memiliki ingatan dan dipikirannya hanya menari dan melayani Okina. Mereka berdua merupakan moefikasi Teireita (丁礼田) dan Nishita (爾子田), pelayan Matara-jin yang setia.
image hostimage host
*/tab*
Matara Okina
Mastermind dari insiden 4 musim kali ini. Dia adalah salah satu Sage yang berpengaruh dalam pembuatan Gensokyo selain Yakumo Yukari. Memiliki kemampuan untuk membuat pintu (belakang) ke mana saja. Kemampuannya 11:12 dengan Yakumo Yukari, secara otomatis membuatnya salah satu karakter terkuat di Gensokyo. Dia merupakan moefikasi dari Matara-jin (摩多羅神), dewa yang disembah oleh umat Budha sekte Tendai di Jepang pada zaman Heian (794 – 1185 Masehi).
image host

scopedog0097

Touhou dan SRW fan yang suka baca literatur berbahasa Jepang

Mungkin Anda juga menyukai