Ducati Superbike 959 Panigale

Superbike 959 Panigale adalah sepeda motor sport produksi Ducati yang kali pertama rilis 2016. Namanya diambil dari sebuah kota kecil, Borgno Panigale. Sepeda motor ini adalah penerus dari Superbike 899.

Meski namanya adalah 959, tetapi kapasitas mesin empat tak yang digunakan hanya 955 cc. Ducati menyatakan mesin ini bisa menghasilkan daya sebesar 157 hp pada saat 10.500 rpm dengan transmisi enam langkah. Sepeda motor seberat 176 kg ini saat kali pertama rilis dijual seharga US$14.995.

Ducati memposisikan Superbike 959 Panigale sebagai sepeda motor sport karena percaya seri ini untuk penggunaan yang nyaman dengan daya yang besar. Meski kapasitas mesin mendekati literbike, Ducati ingin pengendara tidak merasa menaiki kuda liar yang terlalu cepat.

Ini sangat penting karena sepeda motor dengan kapasitas mesin lebih dari 1000 cc (literbike) memiliki daya terlalu besar. Butuh pengalaman dan penanganan khusus untuk mengendalikan. Hasilnya nyaris semua literbike lebih cocok untuk jalur balapan ketimbang jalanan biasa. Berbeda dengan sepeda motor sport yang masih memikirkan kenyamanan pengendara diseimbangkan dengan kekuatan sepeda motor.

Pengendara 955 masih membutuhkan berbagai bantuan elektronik yang dibenamkan Ducati agar kuda ini makin jinak saat dikendalikan. Beberapa diantaranya RbW (Ride-by-Wire), DTC (Ducati Traction Control), EBC (Engine Brake Control), DQS (Ducati Quickshift), dan Bosch ABS. Pengaturan gas sepeda motor bisa terdiri dari tiga jenis respon. Race, wet dan sport. Sesuai nama responnya, sport paling nyaman digunakan saat kondisi jalanan biasa.

Mungkin Anda juga menyukai