Pemecatan Sutradara Kemono Friends Menuai Reaksi Keras

UPDATE: Presiden Kadokawa-Dwango memberi pernyataan terkait pemecatan TATSUKI.

Baru setengah hari berlalu sejak sutradara TATSUKI mengungkap pemecatannya dari proyek anime Kemono Friends, jagat internet Jepang bereaksi dengan keras. Kami sudah melaporkan perihal petisi untuk mengembalikan posisi TATSUKI sebagai sutradara Kemofure, yang kini telah ditanda tangani 24 ribu fans. Pun juga kami telah mengabarkan nilai saham Kadokawa yang terjun bebas selepas mereka menetapkan keputusan absurd ini.

Bagaimana para netizen Jepang bereaksi? Topik pemecatan TATSUKI ini benar-benar menjadi topik super hangat di Twitter. Saking banyaknya, berita tentang bocornya season 3 To Aru Majutsu no Index dan pemilu Jepang tenggelam di antara tweet yang membicarakan TATSUKI dan Kemono Friends.

Komentar Niconico Menjadi Panas

Dimulai dari kanal Niconico, layanan streaming ini kembali dibanjiri penonton Kemono Friends. Namun kali ini, mereka melakukan spam untuk memberi kabar bahwa sutradara anime tersebut telah dipecat, sembari menyumpahi Kadokawa.

Kru & Staf Sejawat Pun Kaget

Musisi Masayoshi Oishi yang menciptakan lagu opening Kemono Friends sendiri kaget begitu mendengar berita terebut. Ekspresi terkejut dari Masayoshi seakan menjadi bukti bahwa memang pemecatan TATSUKI merupakan keputusan yang sangat tergesa-gesa dari Kadokawa.

Hal yang sama pun dapat terlihat dari tweet Mewhan, seiyuu Sunaneko dan juga salah satu penyanyi lagu tema Kemono Friends. Ia memberi pesan untuk menyemangati TATSUKI< serta ajakan untuk kembali “bermain” bersama di lain waktu.

Sesama Kreator Ikut Berpendapat

Berita pemecatan TATSUKI juga mengundang komentar dari berbagai tokoh dalam industri anime. Misalnya saja dari sutradara Girls und Panzer dan Shirobako, Mizushima Tsutomu. Walau awalnya ia tidak mencoba untuk frontal, Mizushima akhirnya mengekspresikan rasa terkejutnya terkait hal ini.

Dari kubu kreator, novelis Knights & Magic Hisago Amakazeno ikut berkomentar. Ia meminta kepada fans untuk membantu TATSUKI dengan cara yang mereka bisa. Ia juga berkontemplasi apakah keadaan akan tetap baik-baik saja apabila TATSUKI tetap menjadi sutradara Kemono Friends.

Mangaka New Game, Tokuno Shotaro menduga ada sesuatu yang terjadi di balik layar, namun ia enggan berkomentar lebih lanjut sebelum pernyataan resmi diterbitkan.

Bahkan Koji Saito, GM dari event musik Animelo Summer yang sebelumnya berkolaborasi bersama Kemofure mengeluarkan suaranya. “(Anime Kemofure x Anisama) ditonton sebanyak 1 juta kali!” tulis Koji sembari mengungkapkan keinginannya untuk kembali bekerja bersama dengan TATSUKI.

Utaite Soraru tidak begitu sering menonton Kemofure, namun tetap keheranan dengan dipecatnya sutradara TATSUKI. Ia berkata season 2 mungkin tidak akan sebaik season pertama yang dipegang oleh sutradara aslinya.

Sentilan Untuk Kadokawa

Shikura Chiyomaru yang menjadi otak dibalik berbagai seri game Science Adventure Series pun memberikan pandangannya terkait konflik yang mendera TATSUKI dan Kadokawa. Berbicara dari sudut pandang seorang pejabat, Chiyomaru yang juga merupakan figur penting di balik 5pb. dan MAGES membagikan berbagai pertimbangan mengapa Kadokawa mengambil langkah demikian, dimana semuanya kembali lagi kepada alasan “demi kebaikan bersama.” Chiyomaru nampak mengimplikasikan bahwa pemecatan TATSUKI adalah demi kebaikan Kemono Friends itu sendiri, atau komite produksinya?

Namun satu sentilan yang sangat sakit nampak dilontarkan Watari Wataru, novelis Oregairu dan Girlish Number. Ia mengklaim Kadokawa telah melakukan hal yang jauh lebih mengerikan dari seluruh isi novel Girlish Number yang ia tulis. Tak lupa ia membubuhkan emoticon 🤔 yang nampak super sinis.

Sampai detik ini, Kadokawa belum memberikan konfirmasi resmi. TATSUKI pun beluk aktif kembali di akun Twitternya. Kami akan mengupdate dengan berita terkini terkait Kemono Friends, jadi pantau terus website dan fanpage AMH Magz.

kemono friends poptepipic

Parodi Kemofure dan Pop Team Epic. Ganti Takeshobo dengan Kadokawa.

Sauce

mcatrane

INFP-T, siang di Bandung malam di Tenggarong

Mungkin Anda juga menyukai